Cara Membuat Pastel Tone Pada Foto Menggunakan Adobe Lightroom

by on 2021/01/11. Updated 2021/01/13 · 0 comments

Apa itu Pastel Tone?
Pastel Tone atau warna pastel didefinisikan secara relatif, tapi pada intinya gradasi dari warna utama/primer yang intensitasnya saturasi/kejenuhan rendah sampai sedang. Selain itu spektrum atau separasi warna pastel sangat lebar, sehingga kita bisa menciptakan banyak warna-warna unik dari satu saja warna primer/utama (biru, merah, kuning). Sebagai pendekatannya, Pastel Tone atau warna pastel sendiri diidentikkan dengan warna soft atau lembut, dimana bukan berarti merah muda, biru muda ataupun kuning muda…lebih dari itu!

Karena karakter dari Warna Pastel bernuansa soft/lembut, di dunia desain, foto dan lainnya sering dijadikan simbol untuk untuk mewakili momen kelahiran kembali, pembaruan, dan peremajaan termasuk wedding, sehingga foto nampak bernuansa lebih fresh/segar dan ceria. Mungkin banyak contoh bisa kamu lihat di Instagram atau Facebook atau media sosial yang lain untuk ini, dengan mengetik ”warna pastel” atau ”pastel tone” di kolom pencarian mereka.

Penasaran ingin mencoba bikin/atau mengaplikasikan Pastel Tone pada foto-foto kamu, berikut akan saya berikan contoh caranya melalui tutorial. Saya menggunakan Mastering Color-nya pakai Adobe Lightroom, karena alasan terbiasa saja. Silahkan jika kamu mencoba untuk menggunakan software yang lain. Tujuan dari Tutorial ini adalah agar nantinya foto yang dihasilkan dari post proccesing Adobe Lightroom akan nampak lebih soft/lembut dari saturasi foto aslinya, tentunya dengan sedikit penambahan shadow dan pencahayaan/light untuk memperjelas karakternya.

Mengaplikasikan Warna Pastel pada Adobe Lightroom
Sebagai langkah awal dan agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan palette warna dari Pantone (pantone card) atau Pastel Color Code (Hex Color Codes) untuk memilih warna-warna Pastel sebagai acuan/rencana pewarnaan yang diinginkan.gambar-code-warna-pastel-tone-colors-hex

Setelah itu langsung saja kita buka Adobe Lightroom for PC, saya memakai LR 6.1. Tampilannya sebagai berikut, klik Tombol ”Import” untuk mencari Foto/gambar yang akan dipilih.
gambar-tombol-menu-import-1-lightroomKemudian akan muncul tampilan seperti gambar berikut, dimana kamu harus mencari lokasi foto yang nantinya akan diberi efek/diberi warna pastel. Setelah lokasi di local disk (harddisk) diketemukan dan dipilih dengan men-centang dahulu, maka bisa langsung klik tombol “import”.
gambar-tombol-menu-import-2-lightroomMasih dalam mode ”Library“, klik gambar terpilih tadi sebelumnya atau yang di dalam area panel “Library Filter” agar muncul di dalam area panel ”Navigator” , setelah siap silahkan ganti ke “Mode Develop” untuk langkah lebih lanjut.
gambar-tombol-menu-panel-library-lightroomDalam Mode Develop akan nampak berbagai macam tool, menu ataupun panel lanjutan serta informasi/EXIF dari gambar ( jika kamu peroleh foto dari kamera aslinya/belum teredit ) beserta Histogramnya. Di Mode Library memang EXIF Foto sudah ditampilkan, tapi di Mode Develop, fungsionalnya jauh lebih banyak dan lebih efektif. Diantaranya panel Basic, Tone Curve, HSL/Color/B&W, Split Toning, Detail, Lens Corrections, Effects, Camera Calibration. Silahkan di explorasi lewat tombol drop down dan slidebar di sebelah kanan, scroll atas bawah agar lebih sedikit mengenal dahulu semua pengaturan yang ada.
gambar-tombol-slide-bar-menu-develop-lightroomSetelah sedikit mengenal isi dari Mode Develop langsung saja kita adjust pengaturan warna di panel/tool yang disediakan. Untuk contoh di tutorial ini saya merencanakan membuat Pastel Tone/Warna Pastel ”Softblue”, untuk itu pertama kita menuju di Panel Basic,
gambar-pengaturan-warna-pastel-tone-1-lightroomDi bawahnya, di Panel Tone Curve, kita atur grafiknya sebagai berikut :
gambar-pengaturan-warna-pastel-tone-curve-lightroomUntuk Hue, Saturation, Luminance masing-masing bisa kita adjust lewat Panel HSL/Color/B&W :
gambar-pengaturan-warna-pastel-tone-hue-saturation-luminance-lightroomPada panel Split Tone, Highlights dan Shadowsnya bisa setting seperti ini :
image-setting-hue-saturation-highlights-split-tone-lightroom

image-setting-hue-saturation-shadows-split-tone-lightroom.jpgYakin dengan hasil pada Split Tone, lalu kita setting untuk Detail nya sesuai gambar ini :
image-setting-detail-sharpening-lightroomSebagai langkah akhir untuk pelengkap, kita bisa sedikit mengubah Profil warna Foto pada panel ”Camera Calibration
gambar-profil-warna-camera-calibration-lightroomSehingga hasil akhir dari semua pengaturan warna atau tone ini sebagai berikut ( dalam mode Before After ) :
gambar-before-after-warna-pastel-tone-soft-blue-lightroom

Gratis Preset Lightroom
Untuk komparasi warna dan tidak ingin susah-susah mengikuti tutorial text-gambar di atas, silahkan tonton video-nya di youtube, sekaligus kirim email untuk mendapatkan 2 (dua) sekaligus Preset Lightroom Gratis : Preset Softblue dan Preset Softpink. Di gambar atau link berikut :

KIRIM VIA EMAIL

gambar-video-tutorial-membuat-warna-pastel-tone

Konklusi
Tehnisnya, tidak semua foto dengan mengaplikasikan Pastel Tone akan menghasilkan warna atau tone yang diinginkan (terutama menggunakan tutorial di atas untuk foto lain), biasanya harus sedikit lebih kreatif untuk hasil akhir yang diharapkan. Mengapa bisa bisa seperti itu, karena pertama, setiap foto (asli) mempunyai karakter berbeda-beda mulai white balance, pencahayaan, picture control/picture style dan lain-lain (setting bawaan kameranya). Yang kedua, perangkat-gadget, layar monitor, televisi, layar ponsel-hp mempunyai kalibrasi warna tersendiri, meski satu versi/sejenis akan memberi tampilan yang terkadang jauh berbeda untuk satu foto atau gambar yang sama! Untuk pembelajaran awal kamu harus percaya diri saja dahulu, menggunakan perangkat apa adanya dengan hasil yang sesuai dengan apa yang terlihat di monitor atau layar ponsel kamu sendiri. Untuk kedepannya dan ingin lebih profesional, mungkin kamu harus belajar tentang ”kalibrasi” warna di monitor, atau jika perlu pakai Macbook atau Iphone agar hasil akhir foto lebih presisi dari segi warna!

Selamat mencoba!

Silahkan dibaca juga Artikel yang masih berhubungan :

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 112 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment

Previous post: