Cara Bikin Mic USB Universal – Suara Dahsyat Biaya Murah

by on 2020/08/04 · 0 comments

gambar-mic-neuman-diyPerkembangan teknologi di era digital ini sangat pesat dengan munculnya berbagai macam perangkat elektronik ( gadget ) yang mendukung komunikasi audio visual. Apalagi di masa Pandemi Covid-19 ini, kebutuhan akan audio visual sebagai sarana Streaming dan Recording benar-benar diperlukan untuk mempermudah komunikasi jarak jauh. Komputer, Laptop dan sejenisnya, serta gadget seperti smartphone adalah beberapa peralatan yang bisa digunakan sebagai sarana untuk melakukan hal tersebut.


Keberadaan Mikrofon sebagai salah satu alat bantu tambahan diharapkan mampu memberi solusi lebih, agar peralatan-peralatan tersebut lebih bisa diandalkan dan optimal. Sayangnya saat ini harga rata-rata sebuah Mikrofon tidaklah murah dan banyak sekali jenisnya, jadi harus pinter dan bener dalam memilih untuk keperluan apa nantinya. Intinya, kebanyakan orang menginginkan Mikrofon yang murah meriah, handal dan bisa dipakai untuk berbagai macam kebutuhan.

Maka untuk itu, Artikel ini saya tulis bagi teman-teman yang ingin membuat sendiri mikrofon/DIY Microphone ( boleh sebut mic, mik atau microphone-inggris ). Mikrofon DIY yang nanti dihasilkan bisa digunakan untuk melengkapi Komputer ( PC Desktop ) atau sebagai alat bantu tambahan untuk Laptop, Smartphone-hp-ponsel, Kamera DSLR serta perangkat yang lainnya. Agar nantinya tidak salah paham, pengenalan dan pembuatan mikrofon-nya akan saya fokuskan pada Mikrofon yang menggunakan jenis Kapsul Electret Condenser, dengan suplai tegangan rangkaian 5 volt DC/searah ( tegangan USB ), ya sesuai judul. Untuk pembuatan mikrofon dengan Kapsul jenis lain, akan saya bahas di artikel lain. Untuk lebih jelasnya pahami dulu tentang bahasan singkat berikut ini, tentang apa itu Mikrofon.

Apa itu Mikrofon?
Mikrofon adalah suatu alat untuk mengubah energi-energi gelombang suara menjadi sinyal listrik ( Transduser ) – Wiki -. Di dalam kotak ( selongsong/tabung ) sebuah Mikrofon terdapat Kapsul Mik ( Mic Capsule ) dan Preamp Mik ( Mic Preamp ). Dimana Kapsul mik adalah bagian yang bertanggung jawab untuk konversi gelombang suara menjadi sinyal mik. Sedangkan preamp mik adalah rangkaian/sirkuit elektronik yang berfungsi sebagai penguatan untuk kapsul mik itu sendiri. Jika diinginkan, dari preamp mik ini, sinyal bisa diteruskan ke penguat lanjutan, contohnya : Mixer Audio dan atau Amplifier.

KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR

gambar-isi-komponen-mic-mikrofonMemilih dan Membuat Preamp-Mic
Secara umum, teknis perancangan dan pembuatan mikrofon berskala besar maupun skala kecil tidaklah berbeda. Tentunya dibutuhkan percobaan dan ekperimen yang seksama serta teliti, agar produk Mikrofon yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan, yaitu untuk keperluan apa. Yang pasti dibutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Menyikapi hal ini, saya mencoba berbagi pengalaman lewat artikel ini, bagaimana cara membuat Mikrofon untuk kebutuhan universal ( umum ). Tentunya dengan biaya murah, nggak ribet, peka, suara mantap dan kenceng, serta bisa digunakan untuk apapun.


Sebelumnya penulis sendiri membutuhkan waktu berbulan-bulan sampai akhirnya memberanikan diri bikin artikel fix ini. Selama itu berusaha belajar lagi tentang Mic, Preamp, input output perangkat, mencari-cari di Google juga skema-skema rangkaian yang biaya pembuatan murah, sederhana, suara mantap, kenceng dan sesuai harapan. Tiap kali tertarik dengan salah satu rangkaian, print lalu dirangkai pada PCB. Mulai skema yang paling sederhana sampai yang lumayan rumit ( maaf gambar-gambar skemanya tidak saya tampilkan, terlalu banyak ). Tidak ketinggalan saya sempat coba bikin Kenwood MC80 dan Kenwood MC85 ( Termasuk jadul. Gunanya, tuh yang buat kontek2 ), sukses juga sih, keren di Auto Gain-nya. Namun nanti takutnya terlalu rumit peng-aplikasiannya dalam perangkat lain ( di Komputer – HandPhone, dll ) sepertinya kurang simple di skema dan nggak universal di pemakainnya.gambar-contoh-daleman-isi-mic-mikrofonEksperimen demi ekperimen serta skema-skema terpilih terus dicoba dan diaplikasikan, tapi tidak ada yang sesuai harapan. Akhirnya saya mencoba menggabungkan beberapa skema rangkaian preamp mic ( yang pernah saya bikin – gambar di atas) menjadi satu rangkaian yang saya anggap layak : rangkaian sederhana, biaya murah, hasil suara clear/klir ( kenceng, bening, jelas, bersih, peka ) serta yang terpenting dapat diatur volume outputnya. Dengan sedikit penambahan Low Pass Filter Pasif antara Vin ( tegangan masukan ) dan Rangkaian, akhirnya menambah hasil suara lebih anteng dan mantep!…Silahkan dilihat dan pahami gambar skema rangkaian berikut, beserta daftar komponennya, serta silahkan dicoba dan diaplikasikan. Saya jamin PUAS!gambar-skema-mic-mikrofon-usb-murah-sederhana-suara-beningDaftar Komponen :
R1 , R2 = 10K Ohm
R3 = 470 Ohm
C1, C2 = 10uF/(bisa 16Volt-50Volt)
C3 = 100uF/(bisa 16Volt-50Volt) > Elko
C4 = 100nF > Kapasitor Milar
VR = 20K-50K Ohm ( trimpot/potensiometer )
TR = Universal NPN Transistor ( C945, C828, C1815, C536, C549 , dan sebagainya )
ECM = Kapsul Mik Kondensor ( Electret Condenser Microphone )

Pengkabelan ( Wiring )
Untuk pengkabelan/wiring nya, saya menggunakan jack stereo 3,5mm yang masih umum digunakan pada berbagai perangkat saat ini, sebagai output audio dan ground. Suplai tegangan karena menggunakan colokan/Port USB ( female ), digunakanlah jack USB male sebagai jalur tegangan 5Volt dan ground. Jika susah nyari yang baru di toko terdekat, kamu bisa memanfaatkan jack usb male bekas mouse, keyboard, charger usb dll ( yang rusak/putus ditengah, yang tidak terpakai ). Sebelum dikemas dalam dalam kotak ( biar rapi ), saya sudah mencoba mik ini ke beberapa perangkat : CPU-Komputer ; hp/ponsel smartphone ASUS ZENFONE SELFIE ; Netbook Fujitsu FRNU503; Laptop/Notebook ASUS X453M; Kamera DSLR Nikon D5200 dan Canon 60D. Sukses, tanpa kendala dan seperti yang diharapkan, suara dahsyat!! Sepertinya untuk penggunaan Mic ini diperangkat lain saya yakin juga akan lancar, selama tersedia port/colokan 3.5mm untuk Mic. Intinya, yang penting kita memahami pin output dan input audio tiap perangkat…aman!gambar-pengkabelan-wiring-usb-mic-ke-perangkatSedikit penjelasan mengapa menggunakan jack stereo dan bukan jenis yang Mono, karena pin Ground Mono terlalu panjang dikuatirkan akan short/crash dengan salah satu input Headset ( speaker L/R nya ), ini berlaku jika kita memanfaatkan Mik ini untuk Smartphone-ponsel-hp ( menggunakan jack 4pole-conductor ). Tapi jangan kuatir saat ini kita bisa membeli “Splitter U” atau bikin splitter audio sendiri sebagai adapter untuk itu.image-jack-stereo-3.5mm-to-splitter-to-handphoneSetelah Mikrofon dibuat dan dicoba/test dan sukses, barulah dikemas dalam kotak ( bisa tabung, dll ) supaya lebih rapi dan tidak mudah Korsleting. Contoh hasilnya seperti gambar berikut :gambar-mic-usb-jkw-01Saya namakan Mic atau Mikrofon diatas dengan nama MIC USB JKW-01. JKW bukan singkatan Jokowi lho ya, yang bener eja saja ”Jian Keren Wis”…hihihi. Di dalamnya yaitu ya skema rangkaian di atas yang telah dikemas sedemikian rupa. Keuntungan menggunakan skema rangkaian MIC USB dan desain seperti itu ialah : Yang pertama mudah untuk men-Adjust/mengatur Volume suara keluaran Mic ; Sederhana Desainnya ; Sensitif dan Peka ; Murah Pembuatannya ; Bisa untuk banyak keperluan. Jika kamu tertarik dan penasaran ingin bikin MIC USB dengan desain seperti diatas, silahkan tonton dan simak Video Tutorial lengkapnya ( step by step ) di link pada gambar berikut :

Jika ada pertanyaan atau masukan jangan sungkan untuk mengisi komentar, klik Subscribe jika berkenan serta klik Like jika suka Video saya di Youtube.gambar-thumbnail-youtube-pose-mic-jkw-01

Kesimpulan dan Keterangan
– Gunakan MIC ini, jika kamu memang tidak punya MIC di peralatanmu. Atau gunakan jika MIC diperangkatmu suara yang dihasilkan lemah/kecil. Jadi kamu tidak perlu mendekat ke perangkat dan teriak-teriak.
– Bisa digunakan di PC Desktop ( Komputer ) untuk keperluan Video Call/Rapat Online/Streaming seperti Zoom, Google Meet, Skype dan lainnya. Sebagai alat tambahan untuk melengkapi webcam yang tidak ada Mikrofonnya (ataupun ada, tapi yang suara mic-nya kecil/lemah). Jika Tidak ada webcam, kamu bisa memanfaatkan HP Android jadi kamera dengan menggunakan Aplikasi DroidCam, lewat Wifi ataupun Kabel Data.
– Bisa dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai apapun : Shotgun Kamera DSLR/Mirrorless ; Untuk Recording/Rekaman Studio ; Pelengkap Amplifier TOA ; Alat Bantu Dengar dan sebagainya. Untuk ini silahkan uji kreatifitasmu, gunakan imaginasimu, wujudkan mimpimu!

Terimakasih. Semoga Berguna.

5 / 5 stars     
Silahkan dibaca juga Artikel yang masih berhubungan :

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 110 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment

Previous post: