Cara Mengembalikan Data File Yang Hilang di Memory Card-Flash Disk-Harddisk

by on 2013/03/15 · 98 comments

Data RecoveryRecovery atau Mengembalikan file-data yang hilang atau terhapus pada Memory Card, Flash Disk, Harddisk ataupun media penyimpanan lain (storage) sebenarnya sangat mudah dan gampang! Sudah banyak tersedia di Internet Software-Tool Recovery seperti : Recuva, Pandora Recovery, FreeUndelete, Restoration, GetDataBack, dan sebagainya untuk Komputer ataupun Laptop…Intinya, dengan adanya software atau tool tersebut file-file data kita yang berupa/berformat dokumen (pdf, doc, docx, txt), gambar-foto (JPEG, jpg, png, bmp, gif)  bahkan video (avi, mov, mpg, mpeg, 3gp) yang hilang dapat dengan  segera kita selamatkan kembali.

Beberapa Hal Penyebab Hilang-nya Data

  • Kerusakan partisi Pada Harddisk di Komputer atau Laptop-Netbook karena pemaksaan kapasitas. Biasanya user menyimpan file di sebuah partisi harddisk, di mana spasi kosong partisi tersebut sudah habis/terisi penuh.
  • Perlakuan lepas pasang Memory Card pada Card Reader ataupun Universal Flash Disk-UFD di Port USB. Kadang user sering melepas Memory Card atau Flash Disk saat media tersebut sedang proses copy paste atau transfer data.
  • Virus sering menyembunyikan File sistem dan file bereksistensi tertentu di storage.
  • Dimungkinkan user dengan sengaja atau tidak mendelete atau memformat file data yang ada.

Hal-hal di atas merupakan masalah umum yang sering terjadi, dan tidak jarang mengakibatkan langsung lenyap dan hilangnya file-file dari media penyimpanan tersebut. Bahkan di beberapa kasus yang sudah aku temukan, partisi harddisk di Komputer-Notebook  juga hilang, ditambah sistem windows yang tidak bisa dibuka karena file sistem sudah korup alias ada file yang hilang!…Contoh lagi, Flash Disk saat ditancapkan di Port USB minta diformat dan tidak bisa diklik (padahal sudah terisi dan banyak data-nya). Terus bagaimana cara memunculkan kembali file-file di dalamnya ya???!

Pernah atau saat ini kamu mengalaminya?…Jangan kuatir dan tidak usah bingung, berikut akan aku bagikan bagaimana cara mengatasi file yang hilang di media penyimpanan tersebut, sehingga kamu segera dapat mengembalikan file atau data kesayangan.

Untuk  contoh tutorial, aku  gunakan Memory Card jenis SD Card (Kartu Secure Digital) merek Kingston kapasitas 1GB dari kamera Nikon D40 SLR Digital Camera Kit, kasus atau masalah : memori saat dimasukkan Card Reader lampu Indikatornya kedip-kedip terus dan jika di klik icon removable minta diformat. Sedangkan Software yang aku gunakan adalah GetDataBack. Spesifikasi CPU Desktop-ku Dual Core 2,7Ghz,  Memori  2GB, HDD WDC 250GB (3 partisi), Windows XP Professional SP3 OEM.

Sekilas Tentang Software GetDataBack : ” GetDataBack akan membantu Anda mengambil kembali file Anda jika harddisk tabel partisi, boot record, FAT,atau direktori root-nya telah rusak oleh virus, penghapusan disengaja, format, fdisk atau kegagalan daya. GetDataBack bahkan dapat memulihkan data Anda ketika drive tidak lagi dikenali oleh Windows. Hal ini dapat juga digunakan bahkan jika semua informasi direktori/direktori root hilang. Algoritma canggih akan memastikan bahwa semua file dan direktori diletakkan bersama-sama seperti semula…..

Syarat Sistem yang digunakan : Pentium Processor – 32 MB RAM, Windows 95, 98, ME, NT, 2000, XP, 2003, Vista, Windows 7, or Windows 8.

Belum punya software ini? Kamu dapat download di beberapa link berikut :


Download Get Data Back for FAT NTFS | Download GetDataBack Terbaru | Mirror Download

Cara Install dan Cara Menggunakan Software GetDataBack

Perhatikan cara menginstall Software GetDataBack, karena pilihan/cuztomize saat instalasi menentukan  tipe FAT/NTFS file yang dapat ditangani oleh software ini.

– Klik Setup.exe > Next > Runtime’s GetDataBack, Next  > pilih I accept the terms…, Next > pilih Custom , Next > menentukan destinasi folder Installasi GetData Back, Next > pada pilihan GetData Back for FAT dan GetDataBack for NTFS, pilih yang FAT karena kita akan mengaplikasikan-nya untuk Memory Card, Next > Install > Finish. Untuk memasukkan serial number, silahkan buka Start Menu Program > GetData Back for FAT > Menu Help > Register, masukkan License Key atau Serial Number hasil dari download (red: untuk GetDataBack versi terbaru tinggal mengaktifkan file reg sesuai sistem os yang digunakan 32bit atau 64bit).

– Pertama siapkan dahulu folder/direktori khusus di Harddisk yang nantinya digunakan untuk menampung file-file recover memory card tersebut hasil dari proses Get Data Back. Usahakan folder/kapasitas harddisk untuk ini, lebih besar dari kapasitas penyimpanan memori card yang akan di recover. (misal : di drive D:\000-hasilgetdataback ).

– Selesai bikin folder, colokkan/tancapkan Memory Card pada Card Reader Internal/ USB 2.0 Card Reader, biarkan jika lampu indikator-LED berkedip. Lalu bukalah software/program GetDataBack > pilih Idon’t know, use default settings > Next > STEP 1, akan terlihat Memori Card menempati 2nd hard drive > klik tanda plus di sebelah kiri > klik 1st partition (FAT32) 982 MB > Next > ditampilkan software melakukan scan dan pembacaan sector pada memory card, biarkan sampai selesai (pada sesi ini kamu bisa menghentikan proses, jika terlihat indikator bar berhenti terlalu lama!).

Select Drive to Recover

– Jika kamu sukses dilangkah/ STEP 1, pada STEP 2 akan terlihat ditemukannya sistem file di memori disertai  detail sector dan cluster-nya > Next .

Select File System

– Pada STEP 3, sudah terlihat jelas munculnya folder-folder tersembunyi yang telah di-enskripsi oleh virus ataupun kesalahan sebelumnya. Silahkan di explore dulu apakah file-file dalam folder tersebut adalah file yang kamu cari…hehehe.

Recovery Tree

– Kalo sudah benar mulailah dengan mencopy folder (atau file) tersebut satu demi satu ke folder/destinasi yang tadi sudah disiapkan lewat tombol Copy di Menu atas.

Copy Recovered File or Folder

– Jika satu folder sudah selesai dicopy, kamu dapat cek dan memastikan langsung lewat Windows Explorer, apakah file tersebut  memang ada dan dapat dibuka?!  Sebagai tambahan, berdasarkan pengalaman folder yang berisikan file yang diawali karakter “x” tidak bisa dibuka karena sudah rusak atau korup. Kemungkinan sebelumnya sering dilakukan copy paste/delete/rewrite pada sector ataupun cluster di area yang sama!

Cek Recovered File On Windows Explorer

File Korup

– Setelah yakin semua folder atau file yang telah berhasil di-recovery sudah dicopy, jangan lupa menutup program program ini lewat menu atas Exit > Yes.

-Sekarang kamu bisa memformat Memori Card yang sebelumnya tidak bisa dibuka isinya, apalagi diformat. Dan Memori sudah siap untuk dimasukkan lagi ke Kamera Digital!

*Cara di atas juga berlaku untuk Flash Disk dan Memori Card yang lain seperti Transflash-FlashMMC, RS MMC, Mini SD, MS, MS PRO, MS DUO, PRO DUO, M2 dan sebagainya.

*Untuk Harddisk yang kehilangan partisi atau data terformat, bisa juga menggunakan langkah-langkah di atas dan pilih GetDataBack NTFS! Juga dengan syarat tambahan kamu harus menyiapkan ruang/spasi kosong sebesar atau lebih besar dari data yang akan di-Recovery. Semakin besar data yang direcovery, semakin lama juga waktu yang dibutuhkan. Aku sendiri pernah menyelamatkan data video (Project) di Harddisk, perkiraan data yang akan dikembalikan sebesar 400GB (di harddisk Seagate 500GB, 3 partisi), Harddisk untuk Recovery (HDD WDC 640GB, 2 partisi, no system only for data). Proses recovery dimulai jam 07.00 malam, selesai jam 05.30 pagi!!!

Kesimpulan

Hanya perlu mengingatkan, tidak semua program seperti GetDataBack sempurna, baik dalam proses maupun hasil akhirnya. Mengembalikan hampir 80% data atau file yang hilang atau lenyap pada Media Penyimpanan/Storage, menurut aku sudah merupakan hal yang luar biasa dan sangat-sangat membantu!

Selesai sudah. Semoga Berguna…

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 110 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 98 comments… read them below or add one }

jempot2 mempawah March 15, 2013 at 10:53 PM

lama juga ya… , jadi tinggal dilihat prioritas data yang akan dikembalikan,makasih mas atas tutorialnya. Ini bisa untuk jaga2 siapa tahu mengalami kejadian yang tidak mengenakkan tersebut. Pada prinsipnya, data itu nilainya lebih mahal dari perangkatnya. saya coba download deh…. salam

Reply

Ade Setijo K March 16, 2013 at 2:32 AM

Tergantung berapa besar kapasitas data yang diselamatkan (dengan coba mnegabaikan performa cpu), aku sendiri belum nemukan software yg bisa cepet untuk deskrip data (aku dah kenal GDB hampir 2thn yll). Aku kira semua proses akan tetep sama kalau kita bicara kapasitas. Yang pasti siapa sih yang pingin keilangan data penting…apalagi data atau file yang berpoteni UUD…hehehe, thanks banget dah komen.

Reply

ryan April 17, 2013 at 12:18 AM

mas koq pas saya mau copy ke folder tujuan ga bisa??

Reply

syam April 22, 2013 at 1:52 PM

Makasih bang atas info yg sangat penting ini… Hardisk sy yg minta format dan cukup mmbuat sy stress krena berisi file yg sangat penting buat sy,, alhamdulillah sekarang file sy telah kembali seperti semula… Makasih bang…. sehat n sukses buat abang…

Reply

Ade Setijo K April 22, 2013 at 11:03 PM

Ok syam…syukurlah, artikelku bisa berguna.

Reply

lanie May 3, 2013 at 10:04 PM

slm knl bang. Q pnya sd card 16 gb. di pk hp samsung galaxi ace plus. ee..tiba2 hp panas, dan sejak tu dinyatakan memori KOSONG. dan file ga bisa di baca. Q coba masukkan ke laptop mlh yg kluar “FORMAT DISK’. bknya klo diformat data semua ludes bang???. duhhh…ga mau Q. jd gmn caranya ya bang biar datanya kembali utuh ?? tolong solusinya ya bang. TQ

Reply

Ade Setijo K May 4, 2013 at 9:28 AM

Sudah coba cara saya di atas Lan?…hasilnya?

Reply

Dibi May 7, 2013 at 12:45 PM

Permisi,,
saya punya memory SD setiap ingin di buka minta format terus pada hal sudah saya format tapi pas mau di buka minta format lagi,,
dan kapasitas memory nya berkurang dari 2GB lngsung ke 48Mb bagaimana itu cara meatasi nya,,,
tolong informasi nya,,,

Reply

Ade Setijo K May 7, 2013 at 7:30 PM

Coba diganti jenis File System saat Format, pilih FAT jangan NTFS. kalo tidak berhasil bisa menggunakan Software seperti MMC Medic atau HPUSB Disk Storage Format Tool v2.1.8 atau Tool yang lain…Bisa juga menggunakan DOS Prompt (googling ya..). Jika semua cara n acara “Gagal“…terserah deh mo diapakan tuh SD. hehehe. Met mencoba.

Reply

Gabe May 26, 2013 at 12:06 AM

Bos sy punya kartu memory hp Micro 2GB tadinya sy cabut dri hp terus sy masukin memorilain, tapi setelah memori yg awal sy masukin data yg AD hilang samua, bisaga datanya di dapatkan lagi bos,,? tolong di bantu dan berapa jasanya trims.

Reply

Ade Setijo K May 26, 2013 at 11:27 AM

Hilang bukan berarti terhapus, tidak muncul juga bisa disembunyikan oleh virus…kira2 setelah dicabut dari Hp, tuh memori aslinya dimasukkan ke apa?…komputer atau hp lain/perangkat lain…Coba di cek/analisa sendiri yach…coba juga memori asli dicek di komputer lain (punya teman) untuk scan!..biasakan untuk Eject sebelum cabut memori!

Reply

kerry rantung May 27, 2013 at 2:31 AM

mas gmna yahh ngembalin data D yg hilang di laptop untuk windows 8?

Reply

Ade Setijo K May 28, 2013 at 9:44 AM

Data hilang di drive:D OS Win8?…wah aku belum coba tuh. Mungkin ada rekan2 lain yang mo share.

Reply

Aiy cicuit June 4, 2013 at 11:21 AM

abang kalo kasusnya kayak yang aku alami bisa bantu gak ya,,_
aku Copy dari flasdisk A ke Flasdisk B, nah flasdisk B ilang, sedangkan flasdisk A sudah di format dan di tiban data 2x, masih bisa dibalikin nggak data” yang tadinya aku copy ke flasdisk B?? makasihh

Reply

Ade Setijo K June 5, 2013 at 12:41 AM

Sudah di coba belum sih?

Reply

ento June 15, 2013 at 9:32 PM

Makasih Bnyak Gan..

Reply

puji ayu lestari June 20, 2013 at 10:59 AM

memori card saya harus di format tapi saya belum format takut data nya hilang semua?
yang harus di donwload software apa yah ?
saya belum memahami ?
apakah bener data2 nya ga ilang setelah melakukan seperti kaya di atas ?
Trimakasih

Reply

Ade Setijo K June 20, 2013 at 10:57 PM

Hei Ayu, jangan diformat dulu, ikuti petunjuk dalam artikel kakak di atas step by step n lebih teliti…mudah2an lebih memahami dan berhasil ngembalikan data2nya yang hilang (masih hidden, mungkin)..,ok…

Reply

max June 21, 2013 at 1:29 AM

pagi mas Dodot. satu jam yang lalu saya baru aja ‘tertimpa musibah’, data microSD di tablet saya tiba-tiba hilang semua saat saya meng-copy data dari memory internal tablet ke microSD. rencananya nanti siang mau nyoba cara yang mas Dodot posting ini. wish me luck, karena microSD saya banyak data pentingnya. hehe
testimoni menyusul

Reply

Ade Setijo K June 22, 2013 at 10:02 AM

Ok Max, mudah2an berhasil, dan data bisa dikembalikan segera.

Reply

puji ayu lestari June 21, 2013 at 9:08 AM

amin saya kan udah ikutin step by step tapi yang saya bingungkan disatt masukan license key atau serial number hasil donwload , saya isi ga bisa”, maksudnya , number yang mana nya dan ada nama nya jga ?
nama apa yg haris di isi ?
dan number yg mana yg harus di isi ?
trimakasi

Reply

puji ayu lestari June 22, 2013 at 10:18 AM

bang yang saya bingungkan disatt step 1 yang harus siapkan folder , maksud nya folder yg apa ya ?

Reply

puji ayu lestari June 22, 2013 at 10:32 AM

bang yang saya bingungkan disatt step 1 yang harus siapkan folder , maksud nya folder yg apa ya ?
saya ga ngerti pas di step 1 nya ?

Reply

Ade Setijo K June 23, 2013 at 6:40 PM

Folder untuk destinasi/tempat tujuan menyimpan sementara hasil backup/recovery.

Reply

Esa Anisya June 22, 2013 at 1:18 PM

Slm knl bang. . Ni aku punya micro SD mau aku pindah fot0nya ke k0mputer. Stelah aku masukkan ke card reader, tiba2 smua foto2nya hilang. Bisa dkembalikan lg gak tuh foto2nya?! Aku coba d0wnload dr artikel abang d atas tu kok ga bsa d instal ya? Itu nginstalnya pa harus c0nnect ya bang?! Apa aq yg slh d0wnloadnya ya? Bantu aq bang. .

Reply

Ade Setijo K June 23, 2013 at 6:35 PM

Kalo ke Hidden karena virus kayaknya bisa sih dikembalikan, tapi kalo kesalahan tancap (bisa karena card reader yg rusak karena short circuit, ampun deh)…ya yg jelas ada kesalahhan saat download instalasi softwarenya…install offline.

Reply

Danu Winanto July 5, 2013 at 1:34 PM

Salam Mas, ini aku punya masalah di komputer bagian monitor bagian garis taskbar garis balok bawah yang ada tombol start, kejadiannya waktu aku nyalakan komputer tunggu loading sampai muncul gambar wallpapernya aku mau update waktu dan tanggal bagian bawah itu aku klik terus garis taskbar berubah sendiri sekalian dengan tombol start ke sebelah kanan berbentuk garis vertikal mau normalin lagi garisnya taskbar dengan geser geser sama drag mouse garisnya nggak mau gerak, minta solusinya caranya bagaimana membuat garis taskbar normal lagi di bawah Mas

Reply

Ade Setijo K July 11, 2013 at 12:21 PM

Arahkan mouse di taskbar, tahan dan geser ke posisi bawah dimana posisi aslinya berada…lalu lepas.

Reply

Danu Winanto July 19, 2013 at 1:11 PM

Sudah memakai cara itu Mas nggak bisa juga, garis putus-putus yang buat geser dan narik ke bawah tetap nggak bergerak, mungkin ada kerusakan di komputer bagian mana klo menurut dugaan saja, masalahnya eror cuma di garis taskbar monitor juga nggak masalah fine saja misal klo ada kerusakan di bagian komputer kira-kira di bagian mana Mas?

Reply

Danu Winanto July 19, 2013 at 1:48 PM

Sudah memakai cara diatas tetap nggak bisa, masalahnya garis putus-putus buat geser sama narik menuju ke bawah nggak geser sama sekali Mas, kira-kira ni kerusakan komputer di bagian mana? Soalnya monitor dalam keadaan baik dan tidak ada serangan virus, spyware, malware thx

Reply

anton July 28, 2013 at 11:05 PM

mas, galau nih….pas d hp android dlm proses downlad tiba2 berhenti dn ada notification sdcard rusak, (mati dh gua…was2), cb saya restart ttp ga bs( ga k detect), trs akhirnya saya copot masukin card reader colokin pc, hiyyaaa…langsung minta format(tp tdk berani saya format), akhirnya saya googling siang dn mlm(cari tau cara perbaiki), byk ktm software, la mslhnya mikrosdcard saya kpsitas 16G, berbagai software tak coba…celakanya smua detect hanya kpsts 1G, dn saat saya recover tk dpt mnemukan file satupun, (galau smkn parah…soale byk data pnting saya…), masihkah ada cara yg bs dtempuh untuk mengembalikan file saya???…maturnuwun…

Reply

Ade Setijo K July 29, 2013 at 12:07 PM

Parah juga ya kasus SDCard-mu, kalo cara dalam artikel ini gak bisa atasi masalahmu, sementara ini aku juga angkat tangan dulu ahh, cz juga belum pernah atasi yg seperti itu…mungkin rekan yang lain bisa? Monggo shared ilmunya…

Reply

Nasri August 17, 2013 at 9:20 PM

Thanks atas bantuannya tp saya blum coba sih , walau begitu saya sudah dpt pelajaran berharga dr masalah saya aduh strezz gila mudah mudahan nanti tdk terjadi lg yg ke2 kalinya.

Reply

Ade Setijo K August 23, 2013 at 9:58 AM

Kadang saat berkomputer, memang dibutuhkan sedikit kehati2an dan ketelitian…txs.

Reply

dwi atika September 2, 2013 at 7:50 AM

mas, bagaimana dengan file video yang sudah 3 tahun hilang… apa masih bisa dibalikin,,
gini ceritanya, laptop saya pernah kena virus yang mengakibatkan semua file video saya yang berekstensi avi. hilang. untuk mengatasi virusnya, terpaksa windows saya diinstal ulang. berhubung file video dokumentasi saya yang hilang dulu saya perlukan lagi, saya ingin mengembalikannya dengan get data back. apakah masih mempan? makasih nasihatnya mas,,,

Reply

Ade Setijo K September 6, 2013 at 8:38 AM

Belum pernah deh nyoba yang hilang selama itu…selama storage tidak pernah ditimpa data baru terlalu sering dan masih bekerja dengan normal…kayaknya masih bisa tuh. Apa salahnya dicoba.

Reply

el.passa September 3, 2013 at 7:07 PM

gan,, pada step 2 kolom dialognya kok gak muncul ya???
padahal klo d chek propertinya masih penuh tu memory,,

where’s the problem???
help me please!!!!

Reply

Ade Setijo K September 10, 2013 at 10:53 AM

Maksudnya space masih penuh tho? (bukan memori khan?)…coba ulangi lg step-nya, sepertinya ada sesi yg kamu lewatkan…

Reply

CHIKA September 12, 2013 at 11:36 PM

bro ,, aq dah dapat sbgian datanya thu bro tp kok pas mo di copy gag bisa yaa ,, di sruh beli gtu bro ,, thu gimna yaaa bro / mksih

Reply

Ade Setijo K September 14, 2013 at 9:30 AM

Wah aku juga nggak paham dengan kronologis download yg kamu lakukan…pelajari dulu ya cara-cara download software di tiap-tiap website.

Reply

desy esy September 27, 2013 at 1:45 PM

om, sudah mau punya saya om, tapi ada sbagian file saya yg hilang. padahal itu termasuk file yg baru tidak pernah di copy2 ato di apa apain, kira2 bisa di bantu om??

Reply

Ade Setijo K September 29, 2013 at 4:45 PM

Saya bantunya ya segitu, untuk file yang gak bisa kebaca, mungkin nih termasuk batas kemampuan software yang ada, Coba kamu cari software recovery yang lain…peace.

Reply

ALIT September 27, 2013 at 3:43 PM

bang, pkalo file yg berisi tanda x emang tidak bisa di kembalikan?? tolog solusinya bang untuk file yg berisi tandda x

Reply

Ade Setijo K September 29, 2013 at 4:43 PM

tanda (x) biasanya enskripsinya sudah kadaluarsa (sudah sering terjadi format yg berulang2 ataupun karena cluster sering ditimpa file-file yang silih berganti dan berkapasitas gede biasanya)…sehingga sulit dibaca kembali (aku belum pernah nyoba software lain)…hehehe

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: