Cara Mengisi Lagu Atau Musik di Ponsel Nokia Lumia 610 Lewat PC

by on 2012/07/23. Updated 2013/07/22 · 215 comments

Nokia Lumia 610Punya ponsel Nokia Lumia 610? Bingung mau mengisi lagu-lagu atau musik di Nokia Lumia 610, karena di komputer  karena Handphone tidak terdeteksi?  Untuk mengatasi itu, silahkan ikuti Panduan Dasar berikut ini sebagai solusi-nya. Tujuan saya bikin artikel ini , setidaknya jika bisa menguasai cara mengisi lagu atau music di hp ini dengan benar, untuk selanjutnya kamu tidak akan kesulitan untuk mengisi atau men-transfer  konten yang lain seperti Video, Picture (gambar), Podcast-nya, karena caranya memang tidak jauh beda!

Ide Dasar

Sebelumnya, tidaklah lengkap rasanya kalo tidak menyertakan sedikit gambaran tentang Spesifikasi Nokia Lumia 610 ini.

Spesifikasi Umum/singkat Handphone/Ponsel Nokia Lumia 610 :

Jaringan : 3G HSDPA 850/900/1900/2100,GPRS Class 10 (4+1/ 3+2 slot) 32 – 48kbbs, EDGE Class 10, 236.8 kbbs, HSDPA 7.2 Mbps; HSUPA 5.76 Mbps

Ukuran Dimensi : 119 x 62 x 12 mm, 77,6 cc, Berat 131,5 gram

Layar : TFT capacitive touchscreen, 56 ribu warna, 480 x800 piksel, 3,7 inci

Memori : Internal 8 GB, RAM 256 MB

Koneksi : Jack 3.3mm, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v2.1 dengan A2DP, EDR, microUSB v2.0

Kamera : 5MP, 2592 x 1944 piksel, Autofokus, LED Flash, Geo-Tagging, Deteksi wajah, Video VGA @30fps

Dengan spesifikasi yang hampir sempurna di atas terutama dengan teresedianya kapasitas Memori Internal sebesar 8 GB (Giga Byte lho, bukan bit), kita tidak akan kekurangan space jika ingin menyimpan file-file multimedia seperti lagu, film dan lain-lain dalam jumlah yang besar. Karena besarnya kapasitas memori internal tersebut, maka pabrikan Nokia tidak perlu lagi menyediakan Slot untuk Memori External, khusus HP ini

Kualitas audio tidak perlu diragukan lagi, berasa Full Stereo and Surround bok! Saat mengaktifkan Radio FM…Tapi, permasalahan mulai timbul saat pertama ingin mencoba playback music atau memainkan lagu yang hanya bawaan ponsel Lumia 610 atau bahkan tidak ada samasekali. Dengan alasan ini lagu bawaannya tentunya kamu ingin menambah atau transfer lagu-lagu koleksi kamu dari PC, bukan masalah kualitas audio yang perlu diragukan. Dan seperti perlakuan pada ponsel-ponsel sebelumnya, ambil Kabel Data tancapkan ke Komputer/Laptop, sebentar pengenalan hardware/device, drag and drop file mp3, siap didengar deh! Hehehe…untuk Nokia Lumia 610 yang ngalem ini nggak bisa seperti itu sob!…Pertama kali koneksi ke PC lewat kabel data, Nokia yang satu ini tidak TERDETEKSI sebagai New Device (saat Found New Hardware). Inilah yang jadi masalah utama di artikel ini, KONEKTIVITAS!

Cara Transfer Lagu Lewat PC

Dibenamkannya Sistem Operasi Windows Phone, seharusnya Nokia Lumia 610 menjadi pionir dalam kemudahan Teknologi Transfer Data melalui PC/komputer dan bukan sebuah kekurangan. Berdasar Lembar Panduan dari BOX ponsel mengenai cara transfer music dan sesuai pengalaman saya, berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini (Tips Penting : Mohon baca dengan teliti langkah-langkahnya, perhatikan dan pahami pemberitahuan/pesan/perubahan yang terjadi baik pada Ponsel/HP ataupun Komputer selama proses koneksi HP. Kerusakan hardware karena kekeliruan saat proses installasi bukan tanggung jawab saya) :

  • Putus dulu koneksi Ponsel ke PC dengan mencabut Data Kabel, kemudian silahkan download dulu Software Zune PC pada link berikut :


  • Download Software Zune PC atau Zune Music + Video (pastikan di ponsel Nokia Lumia 610 juga sudah terinstall Aplikasi Zune). Sedangkan spesifikasi hardware dan OS untuk Zune PC : Prosesor 1 gigahertz (GHz) atau 32-bit (x86) atau 64-bit (x64) yang lebih cepat, 1 gigabyte (GB) RAM (32-bit) atau 2 GB RAM (64-bit), Koneksi Internet Broadband ; Windows XP SP3, Windows Vista atau Windows 7.
  • Pastikan Koneksi Internet Broadband kamu stabil saat mulai membuka file ZuneSetupPkg.exe hasil dari download. Karena saat awal proses installasi sofware ini sudah sudah meminta sambungan ke Internet. Proses installasi akan berlangsung lumayan lama (100 MB), selain tergantung dari spesifikasi hardware komputer dan kecepatan koneksi Internet, di-background juga berlangsung Update Komponen Windows (ke server microsoft.com). Tunggu proses hingga selesai, kemudian Restart Komputer/laptop kamu (jangan putus koneksi Internet/modem).
  • Setelah muncul GUI Windows/Desktop, umumnya Zune PC akan langsung aktif saat Startup Windows (silahkan close dulu), hubungkan Ponsel Nokia Lumia 610 ke PC (dengan koneksi Internet masih tersambung). Saya sarankan kamu tancapkan dahulu Kabel Data pada port MicroUSB di Ponsel, baru ujung yang lainnya ke Port USB di PC/Laptop (untuk menghindari tegangan kejut grounded). Setelah terkoneksi, akan terlihat pesan/pemberitahuan di Tray Icon bahwa ada penambahan perangkat baru dan biarkan proses sampai selesai. Dan PONSEL SUDAH TERDETEKSI. Ada kalanya setelah proses ini selesai, Zune PC akan langsung aktif secara otomatis.
  • Dengan kondisi koneksi Internet dan Ponsel yang masih tersambung  Restart komputer. Adakalanya saat masuk langkah ini Ponsel (phone update) dan OS Windows juga minta UPDATE….manut/ikuti saja sampai proses selesai!
  • Setelah muncul GUI Windows/Desktop lagi dan muncul Zune PC (langsung saja diclosed dan lepas kabel data USB) berarti semua Installasi sudah selesai.
  • Lebih dulu buka Aplikasi Zune Music di Ponsel, kemudian hubungkan ponsel dengan PC, tunggu beberapa saat, Zune PC akan tampil secara otomatis (cek apakah pesan di ponsel tertulis ‘Terhubung’ dibarengi suara khas Message Warning). Kamu bisa melihat dipojok kiri bawah, bahwa icon ponsel sudah aktif dan siap transfer data. Pilh opsi/menu Collection > Music.
  • Untuk memulai mentransfer/mengisi lagu atau musik, jelasnya perhatikan urutan langkah melalui No-1 sampai No-4 pada gambar berikut :

Zune PC Music 

  • Kecilkan tampilan Zune PC, buka Windows Explorer dan pilih satu lagu MP3. Drag and drop/seret lagu pilihan tadi ke kolom ARTIST di kolom No-1. Setelah nama artis masuk dan ada, kamu lihat di Kolom SINGS No-2 apa judul lagu juga sudah tampil disana. Sampai di sini kamu bisa mencoba memainkan lagu dengan klik tombol Play (kanan bawah, tanda panah) untuk memastikannya. Kalo memang benar, stop dulu, seret judul lagu menuju ke No-3 (icon ponsel). Penambahan lagu akan ditunjukkan pada Bar No-4.
  • Lepas dulu koneksi ponsel dari PC, di Zune Music Ponsel carilah lagu yang tadi telah ditransfer. Jika belum nampak, kamu bisa geser-geser layar touchscreen ponsel ke kiri atau kanan untuk mencari lagu tersebut ada dilokasi Artists, GenresAlbums, Songs atau di Playlist. Kenyataannya, tidak semua lagu Mp3 (apalagi hasil convert, rename atau  copy dari sana-sini) mempunyai  data base yang lengkap! ..Jika sekali coba lagu sudah muncul di Zune Musik Ponsel, berarti anda SUDAH BERHASIL. Silahkan di play untuk mencobanya.
  • Ulangi beberapa kali proses mengisi lagu tersebut sampai kamu benar-benar terbiasa dengan proses ini.

Kesimpulan

Wuuaaah, kok ribet banget ya!  Memang harus seperti itu prosesnya…Tapi kalo mau bersabar dan mau memahami keruwetan tersebut , hikmah-nya, kamu tidak akan kesulitan lagi untuk mengisi-transfer konten Video, Picture (gambar), Podcast-nya. Sekali lagi, caranya hampir sama. Inipun sebagai modal kamu untuk mengisi atau mentransfer data-file di rumpun Nokia Lumia yang lain seperti Nokia Lumia 710, Nokia Lumia 800 ataupun Nokia Lumia 900 karena sama-sama masih mengusung OS Microsoft Windows Phone 7.5 Mango. Update : Nokia Lumia 920 yang bersenjatakan OS Windows Phone 8, juga masih menggunakan Aplikasi Zune Music.

Selamat Mencoba, Semoga Berhasil.

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 110 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 215 comments… read them below or add one }

opik January 18, 2013 at 11:28 PM

gan sorry nih gmn sih cara bikin akun window id,emng mesti punya akun ya,ko stiap bikin ga bisa berhasil trus,sampe bingung dengan lumia610

Reply

opik January 18, 2013 at 11:31 PM

mas ade setijo kirim no hp nya dong,klo ga tolong bikinkan saya akun window id biar mudah masukin lagu,aplikasi,video dll,udah sminggu ga bisa nih.mksh mas ade

Reply

Arief January 20, 2013 at 1:58 PM

cara update ke Win Phone 7.8 gmn gan?

Reply

syaroni January 25, 2013 at 1:04 PM

Pak cara mondonwload xbox live gmn yah tramaksih…

Reply

Budie February 6, 2013 at 3:43 AM

kang Ade…
“error code : 0x800b0001″
errornya dmn y..?
n link dbawah ini hanya mengarah ke linknya Microsoft tp gk ada penjelasan errornya…
“http://go.microsoft.com/twlink/?LinkID-101248″
please solusinya y…thanks…

Reply

Ade Setijo K February 6, 2013 at 6:32 PM

Coba gugling Bud, sepertinya mengarah ke permasalahan koneksi ke server iTunes (market)!

Reply

Widia February 6, 2013 at 9:02 PM

mas ade tanya dong zune sm spotflux-latestPC itu sma apa gmana yah ?
aku juga pake lumia710 , pusing ihhh ribet amat sihhh

Reply

Ade Setijo K February 7, 2013 at 7:08 PM

Aku gak pernah coba pake yang lain, only zune!

Reply

Widia February 6, 2013 at 9:09 PM

ehh iya 1 lg mas , berarti kalo di komputr kita ga ada app zune , ga bisa di pke transfer data dong ?
trus koq mao ngonekin bluetoth ke bluetoth yg lain ga bisa2 yah ?
tolong ksih sran dong mas
makasihhh :)

Reply

Ade Setijo K February 7, 2013 at 7:06 PM

Baca komen2 sebelumnya yah…

Reply

ikbal March 7, 2013 at 9:31 PM

w gaptekkk ajarin gua donkggg

Reply

Ade Setijo K March 9, 2013 at 10:01 AM

Baca teliti artikelx lagi, jangan lupa komen2x skalian, karena jawaban n kmgkinan kesulitanmu di sana…

Reply

vera February 9, 2013 at 11:49 AM

haloo…
mau berbagi saja..saya memakai lumia..saya biasanya menggunakan bluetooth utk berbagi foto,video,music..cara nya dengan mengunduh bluetooth share di market place dan ini gratis…
dengan bluetooth ini kita bs transfer antar hp (walopun bkn nokia,ttp bs), dan laptop yg memiliki bluetooth didlm nya.

Reply

Ade Setijo K February 9, 2013 at 9:55 PM

Thxs Vera.

Reply

Lisa March 10, 2013 at 11:23 AM

tapi kok tetep gak bisa ya?? dianya tidak bekerja sama windows phone ini (610)..

Reply

anton March 16, 2013 at 1:47 PM

betul bak lisa,, saya juga sama,, problemnya begitu,,,

Reply

ochtrie June 23, 2013 at 10:00 AM

mbak vera/ mas ade…
aq punya lumia 610.. udh download bluetooth share ny… tp kok gk bsa share file dr lumia k hp lain y…?? begitupun sebalik ny…
klu blh tau bagaimana cara ny y mbak/mas…??
mkch sblum ny.. mau bls via email jg blh…
ochtrie_88@yahoo.com

Reply

Ade Setijo K June 23, 2013 at 6:37 PM

Baca lagi komen2 sebelumnya ya, biar nggak dismiss…

Reply

tyo February 20, 2013 at 9:44 AM

mantab mas ade

Reply

Ade Setijo K February 21, 2013 at 8:41 AM

Thanks Tio, akhirnya nyasar juga ke blog-ku , hehehe.

Reply

Dhara Fibri March 1, 2013 at 4:38 PM

makasih infonya..
saya sedang proses belajar…
mudah – mudahan berhasil..

Reply

fajar March 8, 2013 at 6:18 PM

Aku pake windows 8 kok ga bs di install zune yah…
mohon pencerahannya

Reply

Ade Setijo K March 9, 2013 at 10:02 AM

Pencerahan ada di reply komentar2, silahkan baca2 lagi…hehehhe.

Reply

Ajoy March 11, 2013 at 2:18 PM

Vera pake Lumia Brapa???

Reply

retsu March 14, 2013 at 7:30 PM

misi saya mau tanya, kok saya mau download aplikasi zune buat di lumia 610 gak bisa-bisa ya, mohon pencerahaanya….

Reply

anton March 16, 2013 at 1:44 PM

mas bro,,, saya instal zune di win7 tapi malah gak berhasil malah minta diupdate os dilaptopnya,, mohon bimbingannya,, terima kasih

Reply

Ade Setijo K March 17, 2013 at 12:59 AM

Kalo kamu baca mulai awal langkah2 di atas lebih teliti, mgkn lebih jelas! Masalahnya zune bikinan Microsoft, jadi selama sebagian file sistem OS-nya ada yang belum diperbarui (win7) karena adanya penambahan perangkat baru, pasti minta di update. Makanya di atas juga aku sebutkan setidaknya kecepatan internetnya minimal broadband, sehingga proses update os dari server nggak meneyebabkan MACET/HANG komputer! ok?

Reply

Dinha March 17, 2013 at 9:11 AM

waaahhh,,,, membantu bget ni,,petunjuk di atas…
akhirnya hp gua gk sepi lagi..
saya belajar hanya butuh waktu satu malam…
thanks bget,,,bget,,bget……

Reply

JaMaL Guanteng March 18, 2013 at 3:39 PM

Gan Mau Tanya Nich Tuch HP Harus Koneksi Internet,Soalnya HP Ane Gx Nyambung Ke ZUne,netNya ,…

Reply

afiat March 18, 2013 at 7:51 PM

Kan installasi sudah selesai, nanti kalau mau masukin data apa perlu koneksi internet juga?

makasi infonya membantu

Reply

Ade Setijo K March 19, 2013 at 10:22 AM

Langsung saja transfer seperti petunjuk di atas!

Reply

seputar edukasi March 23, 2013 at 9:59 AM

wah ribet bnget mas,,,

Reply

Ade Setijo K March 23, 2013 at 10:07 PM

Tap khan nggak seribet awal2 kamu bikin blog di wordpress khan…ikuti petunjuk one by one n tliti pasti sukses kok…tuh banyak kok yang berhasil dari sebagian yang nggak sabar! hehehe

Reply

Afiat March 30, 2013 at 8:05 PM

Maaf mas saya mau nanya beda tema, tapi menurut saya ini bisa jadi pertanyaan umum, kalo kita abis download game dari situs luar, ketika sudah selesai, format datanya .xap itu digimanain ya biar bisa kebuka? thanks mas.

Reply

riffan April 11, 2013 at 9:07 PM

gan nanya..ni kompi abis di servis
ane udah install zune, terus konek kabel data kayak biasa .. eh malah ga konek waktu instalasi..ada command box ” an error occured……..the wait operation timed out” gmana gan??? balas ke email ane aja gan, sabharatala@gmail.com

Reply

ninoy April 15, 2013 at 12:13 PM

mas mw nanya nih,, kan sy dah ngikutin petunjuk diatas trus dah berhasil,, tp kok hp gak kedeteksi yach di zune laptop??? jd pusing,,,

Reply

Ade Setijo K April 16, 2013 at 7:39 AM

Noy : kebrhasilannya sampai dimana lho? Koneksi pakai Kabel atau Bluetooth…mgkn kabel kurang nancap, atau waktu proses installasi, file-file sistem Windows untuk pengenalan Hardware baru nggak ikut ter-UPDATE…

Reply

ehaa July 10, 2013 at 4:18 PM

apa semua jenis musik gk bisa masuk k lumia..kok ak drag ampe 20 kali yg muncul ke hp cuma 1

Reply

Ade Setijo K July 11, 2013 at 12:07 PM

File musik berformat apa lho ha?…Dalam artikel ini sebagai contoh aku gunakan mp3. Kalo emang file2 format lain kayak aac, wma atau yang lain gak bisa, berarti harus di-konvert dulu ke mp3.

Reply

michel April 18, 2013 at 10:00 AM

thank,s atas tipsnya…….

Reply

anam April 26, 2013 at 1:25 PM

mas ade tolong donk kasih nomor hpnya biar ntar kalau aq ada kerepotan bisa gampang nanyanya…….please

Reply

Ade Setijo K April 26, 2013 at 6:24 PM

tuh ada di atas, Menu Navigasi > CONTACT

Reply

Huurun April 27, 2013 at 10:56 AM

Mas koneksi intrnet ana pakai modem, bisa maksimal tak kalo mau awal pasang instalasi zune?

Reply

Ade Setijo K April 28, 2013 at 1:42 AM

Modem USB masksudnya? Merk-nya apa? Dan jaringan operator serta ikut paket yang apa? Aku pakai Telkom Speedy 384MB dan ekperimen dalam artikel ini kecepatan transfer kurang lebih 35kb/s (download). Aku gak berani jamin kecepatan di bawah itu untuk pertanyaanmu…

Reply

fauzi May 21, 2013 at 2:59 PM

Tks. bgt gan, bermanfaat sekali buat ane…

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: