Cara Mengisi Lagu Atau Musik di Ponsel Nokia Lumia 610 Lewat PC

by on 2012/07/23. Updated 2013/07/22 · 215 comments

Nokia Lumia 610Punya ponsel Nokia Lumia 610? Bingung mau mengisi lagu-lagu atau musik di Nokia Lumia 610, karena di komputer  karena Handphone tidak terdeteksi?  Untuk mengatasi itu, silahkan ikuti Panduan Dasar berikut ini sebagai solusi-nya. Tujuan saya bikin artikel ini , setidaknya jika bisa menguasai cara mengisi lagu atau music di hp ini dengan benar, untuk selanjutnya kamu tidak akan kesulitan untuk mengisi atau men-transfer  konten yang lain seperti Video, Picture (gambar), Podcast-nya, karena caranya memang tidak jauh beda!

Ide Dasar

Sebelumnya, tidaklah lengkap rasanya kalo tidak menyertakan sedikit gambaran tentang Spesifikasi Nokia Lumia 610 ini.

Spesifikasi Umum/singkat Handphone/Ponsel Nokia Lumia 610 :

Jaringan : 3G HSDPA 850/900/1900/2100,GPRS Class 10 (4+1/ 3+2 slot) 32 – 48kbbs, EDGE Class 10, 236.8 kbbs, HSDPA 7.2 Mbps; HSUPA 5.76 Mbps

Ukuran Dimensi : 119 x 62 x 12 mm, 77,6 cc, Berat 131,5 gram

Layar : TFT capacitive touchscreen, 56 ribu warna, 480 x800 piksel, 3,7 inci

Memori : Internal 8 GB, RAM 256 MB

Koneksi : Jack 3.3mm, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v2.1 dengan A2DP, EDR, microUSB v2.0

Kamera : 5MP, 2592 x 1944 piksel, Autofokus, LED Flash, Geo-Tagging, Deteksi wajah, Video VGA @30fps

Dengan spesifikasi yang hampir sempurna di atas terutama dengan teresedianya kapasitas Memori Internal sebesar 8 GB (Giga Byte lho, bukan bit), kita tidak akan kekurangan space jika ingin menyimpan file-file multimedia seperti lagu, film dan lain-lain dalam jumlah yang besar. Karena besarnya kapasitas memori internal tersebut, maka pabrikan Nokia tidak perlu lagi menyediakan Slot untuk Memori External, khusus HP ini

Kualitas audio tidak perlu diragukan lagi, berasa Full Stereo and Surround bok! Saat mengaktifkan Radio FM…Tapi, permasalahan mulai timbul saat pertama ingin mencoba playback music atau memainkan lagu yang hanya bawaan ponsel Lumia 610 atau bahkan tidak ada samasekali. Dengan alasan ini lagu bawaannya tentunya kamu ingin menambah atau transfer lagu-lagu koleksi kamu dari PC, bukan masalah kualitas audio yang perlu diragukan. Dan seperti perlakuan pada ponsel-ponsel sebelumnya, ambil Kabel Data tancapkan ke Komputer/Laptop, sebentar pengenalan hardware/device, drag and drop file mp3, siap didengar deh! Hehehe…untuk Nokia Lumia 610 yang ngalem ini nggak bisa seperti itu sob!…Pertama kali koneksi ke PC lewat kabel data, Nokia yang satu ini tidak TERDETEKSI sebagai New Device (saat Found New Hardware). Inilah yang jadi masalah utama di artikel ini, KONEKTIVITAS!

Cara Transfer Lagu Lewat PC

Dibenamkannya Sistem Operasi Windows Phone, seharusnya Nokia Lumia 610 menjadi pionir dalam kemudahan Teknologi Transfer Data melalui PC/komputer dan bukan sebuah kekurangan. Berdasar Lembar Panduan dari BOX ponsel mengenai cara transfer music dan sesuai pengalaman saya, berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini (Tips Penting : Mohon baca dengan teliti langkah-langkahnya, perhatikan dan pahami pemberitahuan/pesan/perubahan yang terjadi baik pada Ponsel/HP ataupun Komputer selama proses koneksi HP. Kerusakan hardware karena kekeliruan saat proses installasi bukan tanggung jawab saya) :

  • Putus dulu koneksi Ponsel ke PC dengan mencabut Data Kabel, kemudian silahkan download dulu Software Zune PC pada link berikut :


  • Download Software Zune PC atau Zune Music + Video (pastikan di ponsel Nokia Lumia 610 juga sudah terinstall Aplikasi Zune). Sedangkan spesifikasi hardware dan OS untuk Zune PC : Prosesor 1 gigahertz (GHz) atau 32-bit (x86) atau 64-bit (x64) yang lebih cepat, 1 gigabyte (GB) RAM (32-bit) atau 2 GB RAM (64-bit), Koneksi Internet Broadband ; Windows XP SP3, Windows Vista atau Windows 7.
  • Pastikan Koneksi Internet Broadband kamu stabil saat mulai membuka file ZuneSetupPkg.exe hasil dari download. Karena saat awal proses installasi sofware ini sudah sudah meminta sambungan ke Internet. Proses installasi akan berlangsung lumayan lama (100 MB), selain tergantung dari spesifikasi hardware komputer dan kecepatan koneksi Internet, di-background juga berlangsung Update Komponen Windows (ke server microsoft.com). Tunggu proses hingga selesai, kemudian Restart Komputer/laptop kamu (jangan putus koneksi Internet/modem).
  • Setelah muncul GUI Windows/Desktop, umumnya Zune PC akan langsung aktif saat Startup Windows (silahkan close dulu), hubungkan Ponsel Nokia Lumia 610 ke PC (dengan koneksi Internet masih tersambung). Saya sarankan kamu tancapkan dahulu Kabel Data pada port MicroUSB di Ponsel, baru ujung yang lainnya ke Port USB di PC/Laptop (untuk menghindari tegangan kejut grounded). Setelah terkoneksi, akan terlihat pesan/pemberitahuan di Tray Icon bahwa ada penambahan perangkat baru dan biarkan proses sampai selesai. Dan PONSEL SUDAH TERDETEKSI. Ada kalanya setelah proses ini selesai, Zune PC akan langsung aktif secara otomatis.
  • Dengan kondisi koneksi Internet dan Ponsel yang masih tersambung  Restart komputer. Adakalanya saat masuk langkah ini Ponsel (phone update) dan OS Windows juga minta UPDATE….manut/ikuti saja sampai proses selesai!
  • Setelah muncul GUI Windows/Desktop lagi dan muncul Zune PC (langsung saja diclosed dan lepas kabel data USB) berarti semua Installasi sudah selesai.
  • Lebih dulu buka Aplikasi Zune Music di Ponsel, kemudian hubungkan ponsel dengan PC, tunggu beberapa saat, Zune PC akan tampil secara otomatis (cek apakah pesan di ponsel tertulis ‘Terhubung’ dibarengi suara khas Message Warning). Kamu bisa melihat dipojok kiri bawah, bahwa icon ponsel sudah aktif dan siap transfer data. Pilh opsi/menu Collection > Music.
  • Untuk memulai mentransfer/mengisi lagu atau musik, jelasnya perhatikan urutan langkah melalui No-1 sampai No-4 pada gambar berikut :

Zune PC Music 

  • Kecilkan tampilan Zune PC, buka Windows Explorer dan pilih satu lagu MP3. Drag and drop/seret lagu pilihan tadi ke kolom ARTIST di kolom No-1. Setelah nama artis masuk dan ada, kamu lihat di Kolom SINGS No-2 apa judul lagu juga sudah tampil disana. Sampai di sini kamu bisa mencoba memainkan lagu dengan klik tombol Play (kanan bawah, tanda panah) untuk memastikannya. Kalo memang benar, stop dulu, seret judul lagu menuju ke No-3 (icon ponsel). Penambahan lagu akan ditunjukkan pada Bar No-4.
  • Lepas dulu koneksi ponsel dari PC, di Zune Music Ponsel carilah lagu yang tadi telah ditransfer. Jika belum nampak, kamu bisa geser-geser layar touchscreen ponsel ke kiri atau kanan untuk mencari lagu tersebut ada dilokasi Artists, GenresAlbums, Songs atau di Playlist. Kenyataannya, tidak semua lagu Mp3 (apalagi hasil convert, rename atau  copy dari sana-sini) mempunyai  data base yang lengkap! ..Jika sekali coba lagu sudah muncul di Zune Musik Ponsel, berarti anda SUDAH BERHASIL. Silahkan di play untuk mencobanya.
  • Ulangi beberapa kali proses mengisi lagu tersebut sampai kamu benar-benar terbiasa dengan proses ini.

Kesimpulan

Wuuaaah, kok ribet banget ya!  Memang harus seperti itu prosesnya…Tapi kalo mau bersabar dan mau memahami keruwetan tersebut , hikmah-nya, kamu tidak akan kesulitan lagi untuk mengisi-transfer konten Video, Picture (gambar), Podcast-nya. Sekali lagi, caranya hampir sama. Inipun sebagai modal kamu untuk mengisi atau mentransfer data-file di rumpun Nokia Lumia yang lain seperti Nokia Lumia 710, Nokia Lumia 800 ataupun Nokia Lumia 900 karena sama-sama masih mengusung OS Microsoft Windows Phone 7.5 Mango. Update : Nokia Lumia 920 yang bersenjatakan OS Windows Phone 8, juga masih menggunakan Aplikasi Zune Music.

Selamat Mencoba, Semoga Berhasil.

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 110 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 215 comments… read them below or add one }

yogie December 8, 2012 at 5:32 PM

mas,aq udah berhasil instal zune.hp jg dah conect.tp d saat mndah lagu d suruh sig in…udh q masukin id q tp tetep g bs masuk.gmn caranya ya

Reply

Ade Setijo K December 8, 2012 at 7:36 PM

Aku nggak pernah alami ini, mungkin ada rekan lain yang punya solusi?

Reply

yogi February 4, 2013 at 2:59 PM

brhasil…..
klw dah tau gmpang banget hhhh

Reply

asriakbar78 December 9, 2012 at 12:42 PM

bet ribet pake ni Hp lumia 610.dah bluetoothx susah dipake,mua2 mesti Zune….ampun dah.

Reply

Ade Setijo K December 9, 2012 at 1:24 PM

Aku sendiri mengakui koneksi Lumia memang bet-ribet. Tapi kalo nggak ada Zune malah tambah but-ribut!…hahaha

Reply

ikmal December 10, 2012 at 9:21 PM

mas binggung saya pake hp lumia g bisa bluutoot sama kalo masuk kekomputer gg bisa terbaca data isi lumia nya…. minta solusinya dong 😀

Reply

Leo December 13, 2012 at 11:58 AM

mas, saya minta nomor hp nya lah, biar saya hubungi langsung dari hp saya…… sori saya orangnya gaptek dikit…
soalnya saya udah coba ikutin step2 yang mas jelasin, tapi malah banyak tulisan error di saat step 3…..
pusing nih mas asli dah
btw saya lagi di dubai, jdi klo ntar saya telpon ntar nmor yg mncul +971 gtu…….. boleh ya mas kirimin kesini nmor hpmu mas

Reply

Ade Setijo K December 14, 2012 at 1:22 PM

08123461993…atau klik menu Contact di navigasi atas.

Reply

fadhol December 13, 2012 at 7:33 PM

Waduh ,windows phone TDK dpt mndonload file ini

Reply

adi wijaya December 17, 2012 at 10:00 PM

thank bro akhirnya bisa juga conect ke pc.tinggal bluetooth nya nih yg blm bisa gimana yach

Reply

Ade Setijo K December 17, 2012 at 10:04 PM

Syukurlah, kalo bt serahkan ke ahlinya, yang jelas bukan saya….hehehe.

Reply

Lestary December 19, 2012 at 9:48 PM

ahh ko ribet yakk?? tapi ithu sllu berhasil g?

Reply

Ade Setijo K December 20, 2012 at 2:22 AM

Wah tergantung ketlatenan kamu ya, tuh juga ada yang sukses?! Mau coba aja kamu males…kekx aku nggak yakin deh kamu sukses…hhehehe.

Reply

habib December 20, 2012 at 2:45 PM

ahh ssh yah hampir nyerah saya pgen jual ni hp

Reply

Ade Setijo K December 21, 2012 at 1:36 AM

Sabar kita nantikan Rilis Windows Phone Mango v7.8 awal tahun (software update)…

Reply

Lestary December 21, 2012 at 9:33 AM

Aku udah download Zunenya, tapi waktu install belum kelar 100% kok keluar tulisan file is corrupt ya? kenapa? pliisss jawab dong!

Reply

Ade Setijo K December 21, 2012 at 3:43 PM

Artinya file yang kamu download memang tidak 100% full (tidak seluruhnya ke donload), jadi saat proses installasi pasti mengalami kegagalan alias korup. Coba uninstall dan ulangi instalasinya atau download lagi filenya…hehehe.

Reply

aheb December 22, 2012 at 9:15 PM

ane dah upgrade windows mobile 7,8 finland jost,, klo nungguin yg resmi lma 1bln lagi hhhheehehe

Reply

Ade Setijo K December 22, 2012 at 10:12 PM

Hei apaan nih…mau pamer ya, mbok yang lain dibagi2 tuh trik dan cara updatex, ilmu kok dibuat pamer,share dong!…tuh mereka pada teriak2 semua heb!

Reply

yogi February 4, 2013 at 3:02 PM

caranya brow

Reply

asep December 23, 2012 at 6:34 PM

slam kenal mas..
gmn caranya setingan untuk membuka video yg mengandung xxx yg di blokir di nokia 610 sy,
mohon jawabannya trims..

Reply

Ade Setijo K December 23, 2012 at 10:26 PM

Eksistensinya apa lho kok diblokir, mungkin bukan diblokir ya, tapi Lumia mungkin nggak bisa baca format file tersebut. Coba teliti lagi formatnya .flv/.wmv/.mov/DivX atau yang lainnya…kalo sudah tahu cari app player untuk lumia yang support format tersebut.

Reply

asep December 24, 2012 at 12:09 PM

boleh minta nope y ,biar nanti klo ngedadak ada yg perlu ditanyain,tinggal langsung. trus gmn cara y agar pertanyaan sy ada pemberitahuan,. trims

Reply

Yadhie December 25, 2012 at 2:38 PM

Mau tanya masbro………. cara ngegedein huruf di Text SMS Lumia 610 gimana ya ? maklum sdh lwt kepala 4 jd kurang jelas mesti pake kcmt…….hehehe. thanks

Reply

Ade Setijo K December 25, 2012 at 3:06 PM

Walah sama bro, 7-8 tahun-an lagi aku malah kepala 5, juga sudah lupa2 ingat dimana dan bagaimana ya caranya…mungkin rekan2 yg masih seger buger ada yang paham?…siap aku tampung masukannya…hehehehe.

Reply

Sadikin December 27, 2012 at 1:32 PM

Akhirnya sukses juga pindahin lagu dan foto ke dalam Lumia.. Zune memang ribet tapi setelah di utak atik ternyata cara kerjanya jdi paham… hmm, memang cukup merepotkan :)

Reply

Ade Setijo K December 27, 2012 at 1:59 PM

Ok, selamat deh, aku salut dengan ketabahan anda…wkwkwk

Reply

bejo December 27, 2012 at 2:25 PM

Gan…saya download lagu pake hp lumia 610 kok g bisa nyimpannya y.. Cuma bisa diputar saat download is progres… Stlah slesai ga tau tu download masuk mana…

Reply

Ade Setijo K December 27, 2012 at 8:50 PM

Harusnya bisa di pause/stop saat playback, lalu pilihan > simpan.

Reply

yogi February 4, 2013 at 3:00 PM

pake aj apps downloader

Reply

den mas December 28, 2012 at 11:39 AM

mas bro…! ane mo nnya neh, internet lumia 610 lansung aktif bgitu dimasukkan simcard alias tdk seting trlbh dahulu, sprti pd umumnya ponsel android.. maturnwon

Reply

Ade Setijo K December 29, 2012 at 1:06 AM

Kalo tidak salah ini pernyataan, bukan PERTANYAAN??! terus?

Reply

adit January 1, 2013 at 8:00 AM

Mas, sy donlot video utube dari software getthemall, pas ud slese mw sy pindahin ke pc, tw gak crany gmn? Soalny itu gak didonlot lwt marketplace atau zune. Thx

Reply

Faris Gumay January 8, 2013 at 11:28 PM

mas ZUne saya tidak terhubung ya lumia 719 padahal semua lengkapp tapi tidak mau terhubung tulong solusinya mas padahal saya ingin sekali mas lumia saya ada berbagai macam aplikasi

Reply

Thyra January 11, 2013 at 5:44 PM

Y ALLAH bwt aq yg gaptek hp ni ngerepotin n ngabisin pulsa

Reply

Ade Setijo K January 12, 2013 at 11:57 PM

Harusnya pikir 1000x dulu, sebelum beli hp…pelajari dulu speknya.

Reply

rahma January 12, 2013 at 12:25 AM

iihh sumpah yah ribet bgt nh hp,,mw ada lagu’a ajah bikin orng pusing setengah mampus,,ko g k’buka2 yh udh d’download zume’a

Reply

mirza January 13, 2013 at 10:32 AM

mau tanya mz bro,,
Permainan d Lumia cuma ada d windows phone aja yah,,??
klau misalnya mau dwonload permainan yang lebih baguz bisa g,,?? cara ne gmn,,?? tq

Reply

Ade Setijo K January 14, 2013 at 10:18 AM

Ya, game lumia memang harus game yang support windows phone (kalo pingin bagus >> 3D dan bukan game Java). Download game-nya?…ya bisa ajha tho zak, cara-nya googling dulu, kalo ketemu game-nya download ajha lewat komputer/laptop atau lewat hp (pulsa tanggung dewek ya…hehehe). Coba di situs mobileheart.com atau di mobilerated.com .

Reply

karnadi January 14, 2013 at 8:11 PM

kmren hampir nyerah gue pake ini hp…beda banget ama android,tapi sekrang sing tenang..gamenya mantap….thanks gan atas semua infonya..gue pake lumia 800

Reply

Ade Setijo K January 14, 2013 at 10:03 PM

Siip deh bro…lanjut deh explorex…bagi2 masukan di sini ya jika mungkin nemukan tips trik seputar Penggunaan Nokia Lumia 800.

Reply

Linggar January 15, 2013 at 9:07 PM

Mau nanya nih
Saya udah ikuti langkah2nya, tapi kok no device connected?
Mohon bantuannya

Reply

Ade Setijo K January 17, 2013 at 3:32 AM

Coba dengan solusi sederhana, dengan pindah2 port USB-nya…Syarat koneksi kedua perangkat (lumia n pc) harus punya Zune app.

Reply

Ana January 17, 2013 at 9:27 AM

ribet banget pake lumia mana harus potong2 simcard, kalo cara donwload app lewat laptop untuk nokia gmna ya? mohon bantuannya

Reply

Ade Setijo K January 17, 2013 at 10:36 PM

Tetep pakai zune, tapi harus dibantu software lain…belum sempat aku bikinkan tutorialnya.

Reply

sopian January 17, 2013 at 7:15 PM

gila nie hp harganya lmyn wooow,tau gk?..g tu sampe2 jual laptop bwt bli nie hp,tapi setelah g bli g bngung cara pakenya..hahahahahaaa…g baru isi pulsa 50rb smlman udh abis g bw tdur doang..capcuz dyehhh…tapi skrng setelah saya berobat di klinik tongfang,aku jadi gk gaptek lagi..ckckckckc…

Reply

Ade Setijo K January 17, 2013 at 10:49 PM

Aku aprove deh! sekalian rekan2 biar tau, ternyata ada yang baru sembuh dari penyakit “Lumiaphobia“…huahahha.

Reply

Dwi January 18, 2013 at 2:53 PM

bang, tadi kn udh (mau) update ke 7.8, tapi kok lamaaaa sekali prosesnya.. akhirnya tak cancel, tak coba lagi malah ndak mau akhirnya dengan pd-nya tak hapus phone name di zune tu dan akhirnya wp ini tidak di-recognize sama pc -_______-
ada saran bang?

Reply

Ade Setijo K January 18, 2013 at 7:09 PM

Yang pasti lama dan harus bersabar, anggap Update adalah semacam Download plus instalasi sebuah program (apalagi kamu pake koneksi Internet yang lemot)…Kesalahan Update bisa macam2…coba solusinya di Troubleshooting Update Install Windows Phone 7.8 , semoga bisa membantu.

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: