Cara Mengisi Lagu Atau Musik di Ponsel Nokia Lumia 610 Lewat PC

by on 2012/07/23. Updated 2013/07/22 · 215 comments

Nokia Lumia 610Punya ponsel Nokia Lumia 610? Bingung mau mengisi lagu-lagu atau musik di Nokia Lumia 610, karena di komputer  karena Handphone tidak terdeteksi?  Untuk mengatasi itu, silahkan ikuti Panduan Dasar berikut ini sebagai solusi-nya. Tujuan saya bikin artikel ini , setidaknya jika bisa menguasai cara mengisi lagu atau music di hp ini dengan benar, untuk selanjutnya kamu tidak akan kesulitan untuk mengisi atau men-transfer  konten yang lain seperti Video, Picture (gambar), Podcast-nya, karena caranya memang tidak jauh beda!

Ide Dasar

Sebelumnya, tidaklah lengkap rasanya kalo tidak menyertakan sedikit gambaran tentang Spesifikasi Nokia Lumia 610 ini.

Spesifikasi Umum/singkat Handphone/Ponsel Nokia Lumia 610 :

Jaringan : 3G HSDPA 850/900/1900/2100,GPRS Class 10 (4+1/ 3+2 slot) 32 – 48kbbs, EDGE Class 10, 236.8 kbbs, HSDPA 7.2 Mbps; HSUPA 5.76 Mbps

Ukuran Dimensi : 119 x 62 x 12 mm, 77,6 cc, Berat 131,5 gram

Layar : TFT capacitive touchscreen, 56 ribu warna, 480 x800 piksel, 3,7 inci

Memori : Internal 8 GB, RAM 256 MB

Koneksi : Jack 3.3mm, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v2.1 dengan A2DP, EDR, microUSB v2.0

Kamera : 5MP, 2592 x 1944 piksel, Autofokus, LED Flash, Geo-Tagging, Deteksi wajah, Video VGA @30fps

Dengan spesifikasi yang hampir sempurna di atas terutama dengan teresedianya kapasitas Memori Internal sebesar 8 GB (Giga Byte lho, bukan bit), kita tidak akan kekurangan space jika ingin menyimpan file-file multimedia seperti lagu, film dan lain-lain dalam jumlah yang besar. Karena besarnya kapasitas memori internal tersebut, maka pabrikan Nokia tidak perlu lagi menyediakan Slot untuk Memori External, khusus HP ini

Kualitas audio tidak perlu diragukan lagi, berasa Full Stereo and Surround bok! Saat mengaktifkan Radio FM…Tapi, permasalahan mulai timbul saat pertama ingin mencoba playback music atau memainkan lagu yang hanya bawaan ponsel Lumia 610 atau bahkan tidak ada samasekali. Dengan alasan ini lagu bawaannya tentunya kamu ingin menambah atau transfer lagu-lagu koleksi kamu dari PC, bukan masalah kualitas audio yang perlu diragukan. Dan seperti perlakuan pada ponsel-ponsel sebelumnya, ambil Kabel Data tancapkan ke Komputer/Laptop, sebentar pengenalan hardware/device, drag and drop file mp3, siap didengar deh! Hehehe…untuk Nokia Lumia 610 yang ngalem ini nggak bisa seperti itu sob!…Pertama kali koneksi ke PC lewat kabel data, Nokia yang satu ini tidak TERDETEKSI sebagai New Device (saat Found New Hardware). Inilah yang jadi masalah utama di artikel ini, KONEKTIVITAS!

Cara Transfer Lagu Lewat PC

Dibenamkannya Sistem Operasi Windows Phone, seharusnya Nokia Lumia 610 menjadi pionir dalam kemudahan Teknologi Transfer Data melalui PC/komputer dan bukan sebuah kekurangan. Berdasar Lembar Panduan dari BOX ponsel mengenai cara transfer music dan sesuai pengalaman saya, berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini (Tips Penting : Mohon baca dengan teliti langkah-langkahnya, perhatikan dan pahami pemberitahuan/pesan/perubahan yang terjadi baik pada Ponsel/HP ataupun Komputer selama proses koneksi HP. Kerusakan hardware karena kekeliruan saat proses installasi bukan tanggung jawab saya) :

  • Putus dulu koneksi Ponsel ke PC dengan mencabut Data Kabel, kemudian silahkan download dulu Software Zune PC pada link berikut :


  • Download Software Zune PC atau Zune Music + Video (pastikan di ponsel Nokia Lumia 610 juga sudah terinstall Aplikasi Zune). Sedangkan spesifikasi hardware dan OS untuk Zune PC : Prosesor 1 gigahertz (GHz) atau 32-bit (x86) atau 64-bit (x64) yang lebih cepat, 1 gigabyte (GB) RAM (32-bit) atau 2 GB RAM (64-bit), Koneksi Internet Broadband ; Windows XP SP3, Windows Vista atau Windows 7.
  • Pastikan Koneksi Internet Broadband kamu stabil saat mulai membuka file ZuneSetupPkg.exe hasil dari download. Karena saat awal proses installasi sofware ini sudah sudah meminta sambungan ke Internet. Proses installasi akan berlangsung lumayan lama (100 MB), selain tergantung dari spesifikasi hardware komputer dan kecepatan koneksi Internet, di-background juga berlangsung Update Komponen Windows (ke server microsoft.com). Tunggu proses hingga selesai, kemudian Restart Komputer/laptop kamu (jangan putus koneksi Internet/modem).
  • Setelah muncul GUI Windows/Desktop, umumnya Zune PC akan langsung aktif saat Startup Windows (silahkan close dulu), hubungkan Ponsel Nokia Lumia 610 ke PC (dengan koneksi Internet masih tersambung). Saya sarankan kamu tancapkan dahulu Kabel Data pada port MicroUSB di Ponsel, baru ujung yang lainnya ke Port USB di PC/Laptop (untuk menghindari tegangan kejut grounded). Setelah terkoneksi, akan terlihat pesan/pemberitahuan di Tray Icon bahwa ada penambahan perangkat baru dan biarkan proses sampai selesai. Dan PONSEL SUDAH TERDETEKSI. Ada kalanya setelah proses ini selesai, Zune PC akan langsung aktif secara otomatis.
  • Dengan kondisi koneksi Internet dan Ponsel yang masih tersambung  Restart komputer. Adakalanya saat masuk langkah ini Ponsel (phone update) dan OS Windows juga minta UPDATE….manut/ikuti saja sampai proses selesai!
  • Setelah muncul GUI Windows/Desktop lagi dan muncul Zune PC (langsung saja diclosed dan lepas kabel data USB) berarti semua Installasi sudah selesai.
  • Lebih dulu buka Aplikasi Zune Music di Ponsel, kemudian hubungkan ponsel dengan PC, tunggu beberapa saat, Zune PC akan tampil secara otomatis (cek apakah pesan di ponsel tertulis ‘Terhubung’ dibarengi suara khas Message Warning). Kamu bisa melihat dipojok kiri bawah, bahwa icon ponsel sudah aktif dan siap transfer data. Pilh opsi/menu Collection > Music.
  • Untuk memulai mentransfer/mengisi lagu atau musik, jelasnya perhatikan urutan langkah melalui No-1 sampai No-4 pada gambar berikut :

Zune PC Music 

  • Kecilkan tampilan Zune PC, buka Windows Explorer dan pilih satu lagu MP3. Drag and drop/seret lagu pilihan tadi ke kolom ARTIST di kolom No-1. Setelah nama artis masuk dan ada, kamu lihat di Kolom SINGS No-2 apa judul lagu juga sudah tampil disana. Sampai di sini kamu bisa mencoba memainkan lagu dengan klik tombol Play (kanan bawah, tanda panah) untuk memastikannya. Kalo memang benar, stop dulu, seret judul lagu menuju ke No-3 (icon ponsel). Penambahan lagu akan ditunjukkan pada Bar No-4.
  • Lepas dulu koneksi ponsel dari PC, di Zune Music Ponsel carilah lagu yang tadi telah ditransfer. Jika belum nampak, kamu bisa geser-geser layar touchscreen ponsel ke kiri atau kanan untuk mencari lagu tersebut ada dilokasi Artists, GenresAlbums, Songs atau di Playlist. Kenyataannya, tidak semua lagu Mp3 (apalagi hasil convert, rename atau  copy dari sana-sini) mempunyai  data base yang lengkap! ..Jika sekali coba lagu sudah muncul di Zune Musik Ponsel, berarti anda SUDAH BERHASIL. Silahkan di play untuk mencobanya.
  • Ulangi beberapa kali proses mengisi lagu tersebut sampai kamu benar-benar terbiasa dengan proses ini.

Kesimpulan

Wuuaaah, kok ribet banget ya!  Memang harus seperti itu prosesnya…Tapi kalo mau bersabar dan mau memahami keruwetan tersebut , hikmah-nya, kamu tidak akan kesulitan lagi untuk mengisi-transfer konten Video, Picture (gambar), Podcast-nya. Sekali lagi, caranya hampir sama. Inipun sebagai modal kamu untuk mengisi atau mentransfer data-file di rumpun Nokia Lumia yang lain seperti Nokia Lumia 710, Nokia Lumia 800 ataupun Nokia Lumia 900 karena sama-sama masih mengusung OS Microsoft Windows Phone 7.5 Mango. Update : Nokia Lumia 920 yang bersenjatakan OS Windows Phone 8, juga masih menggunakan Aplikasi Zune Music.

Selamat Mencoba, Semoga Berhasil.

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 110 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 215 comments… read them below or add one }

bukan ayam tiren September 12, 2012 at 5:08 PM

nice info gan, ternyata mudah saja, terimakasih

Reply

lismayanti September 17, 2012 at 4:25 PM

kalo download game dr laptop caranya gimana gan.?

Reply

Ade Setijo K September 18, 2012 at 8:43 PM

Sementara yang aku tahu, cara install game nokia lumia adalah dengan download di Market Place Nokia…untuk game non market silahkan download di mobileheart.com. Coba, file hasil download di transfer lewat Bluetooth, masuk di inbox, install game darisana…logisnya gitu.

Reply

novandhi November 6, 2012 at 9:30 PM

punyaq kok gak bisa gan??mohon pencerahanya.

Reply

Ade Setijo K November 7, 2012 at 10:13 AM

Coba jangan sampai lewatkan barang satupun langkah yang aku jelaskan di atas! Nggak perlu buru2 dibaca n gunakan koneksi Internet tercepat-broadband, sebab background memang konek ke situs Microsoft!

Reply

sekar September 22, 2012 at 2:56 PM

Mau tanya donk….ini gimana caranya pake bluetooth di lumia 610 y???? Kok au nyoba tu pasti ga bisa dan tulisannya “tidak didukung”…
Mhin bntuannya ya…

Makasi

Reply

Ade Setijo K September 22, 2012 at 9:03 PM

Gak di dukung bisa jadi karena Perangkat Bluetooth (modul bluetooth) di dalam ponsel bermasalah…coba hubungi nokia care atau servis center terdekat.

Reply

Handri November 19, 2012 at 7:53 PM

Kalau setau saya Nokia Lumia ngikut kayak Iphone.,, yg bluetoothnya hanya suport Handset Bloetooth… cara pengisian lagunya pun sama kayak iphone harus menggunakan aplikasi kalau di iphone harus menggunakan itune ya kalau di lumia harus menggunakan zune…

Reply

Ade Setijo K November 20, 2012 at 8:20 AM

Anda masuk ke artikel ini pakai keyword apa ya?…coba shared detail dong, biar yang lain juga kebagian…hehehe.

Reply

Tahja Dinata September 25, 2012 at 8:58 AM

Nokia 610 memang memiliki gangguan dalam transfer data via bluetooth

Reply

Ade Setijo K September 25, 2012 at 11:33 PM

Kita tunggu jawaban Nokia…txs infonya.

Reply

yogi February 4, 2013 at 2:46 PM

eh inget brow…bluetooth wp mmang g bs bt transfer……

Reply

renald September 26, 2012 at 11:56 PM

hp lumia 610 saya bermasalah dengan koneksi data seluler,,,bagaimana cara mengatasinya?thanks

Reply

Ade Setijo K September 27, 2012 at 1:22 AM

Kalau yang dimaksud koneksi dari pc ke hp lewat kabel data, caranya seperti dalam artikel ini (kabel data harus original). Tapi kalau yang dimaksud adalah masalah Paket Data, WAP atau semacam-nya, konsultasikan dengan Gerai Nokia terdekat, atau hubungi Customer Online Nokia.

Reply

yogi February 4, 2013 at 2:49 PM

mngkin km g bs acces *363# atau yg lain? itu bkn gangguan konksi…tp emang wp g d desain untuk itu..untuk mnggunakn layanan operator..dunlud aj apps mobi d market

Reply

dony October 5, 2012 at 10:31 PM

Kalo dwnload lagu di music store gmna ya?spiap kali mw dwnload xox psti ad pmneritahuan”ponsel anda sudah trdftar di nokia music unlymited”..mhon bntuan ny ya

Reply

Ade Setijo K October 5, 2012 at 10:35 PM

Kamu harus daftar atau bikin Akun dulu di Nokia Music Unlimited…

Reply

ajir October 26, 2012 at 11:56 PM

Knpa lumia610 susah bngt wt blutoth gan.caranya gmn???

Reply

Ade Setijo K October 27, 2012 at 9:33 AM

Ada yang leeeebih tahu nggak ya…selain Nokia Care?…hehehe

Reply

farihin October 28, 2012 at 10:20 PM

salam kenal mas….
makasih atas info cara isi mp3 lumia 610
kalo cara isi video nya gimana mas ade?????

Reply

Ade Setijo K October 29, 2012 at 10:43 AM

Caranya sama, tinggal drag and drop serta sedikit inovasi dari kamu…

Reply

fajar pratista November 1, 2012 at 2:42 PM

Thanks Infonya gan..^.^
Ampun dah ini sama HP Lumia 😀
Udh mah boros pulsa soalnya masuk internet mulu -_-

Reply

Ade Setijo K November 3, 2012 at 12:42 PM

Matikan ajha koneksi Paket Data di Setting-nya…

Reply

yogi December 2, 2012 at 2:29 PM

klw mo irit..lepas card k hp biasa.lalu daftar paket opera n pasang lg……..

Reply

yogi February 4, 2013 at 2:51 PM

daftarin aj paket opera mini….tp card hrz pndah hp dl..

Reply

nurhida asyhari November 5, 2012 at 2:00 PM

halo bang salam kenal…
mu tanya ni bang..mang kalo download aplikasi dan game dari nokia lumia itu, semuanya musti bayar ya bang..ga da yang gratis????

Reply

yogie December 8, 2012 at 3:11 PM

ada yg gratis,tinggal anda pilih k kategorinya…..

Reply

monthana November 5, 2012 at 5:26 PM

ampun deh ni hp… nyebelin…..
udah beli dari jakarta ampe ke papua baru ribet,…… hasem ni hp…..

Reply

novandhi November 6, 2012 at 9:27 PM

kok zune set up tidak bisa di instal??

Reply

novandhi November 6, 2012 at 9:29 PM

kok zune set up tidak bisa di instal??mohon pencerahane gan,,,tulisannya cant access microsoft update

Reply

yogie December 8, 2012 at 3:12 PM

mungkin pc anda blum makai w7 or vista

Reply

Ade Setijo K December 8, 2012 at 7:34 PM

Syarat minimum OS WinXP SP3

Reply

anom sudrajad November 7, 2012 at 6:48 PM

udah di ikuti semua petunjuk tapi hp nya g conec tolong segera d jawab

Reply

Ade Setijo K November 8, 2012 at 12:52 AM

masak aku bisa n berhasil, kamu kok tidak?…berarti caramu ada yang SALAH!…coba ulang langkah2nya…hehehe

Reply

hendra November 9, 2012 at 2:51 AM

Nokia lumia 610 …kok gk bisa upload foto di FB ….mohon bantuannya

Reply

hendra November 9, 2012 at 2:56 AM

Mohon bantuannya sob…gimana caranya daftar nokia musik unlimited..

Reply

Ade Setijo K November 10, 2012 at 9:19 AM

Register langsung lewat hp langsung bisa kok > keuntungannya ID hp Nokia kamu langsung terdeteksi n gak usah nunggu verifikasi lama-lama.

Reply

feby November 10, 2012 at 10:54 PM

hape lumia mang ribet banget huuufff… rasa2nya pengen ganti hape…..
klo ad yang gak bisa instal aplikasi ZUNE pada pc/laptopnya, coba di cek ulang windows nya soalnya kemaren aku pke windows backup eror trus terpaksa instal ulang laptop..

Reply

Ade Setijo K November 11, 2012 at 5:46 PM

Ganti ajha segera tuh hape dari pada stress! Panduan ini hanya berlaku bagi mereka yang masih mau bertahan sama Lumia dan sabaaaaar, tentunya. Hehehe.

Reply

ibnu November 14, 2012 at 4:17 AM

bro,,,cara ngisi postal code di windows live nokia lumia 610 sih gmn ya???mohon bantuanya,,

Reply

Ade Setijo K November 14, 2012 at 8:29 PM

Sepertinya aku kmrn melewatkan sesi ini…yg lain ada yang ingat?

Reply

yogi February 4, 2013 at 2:55 PM

km g ush isi…mau dunlud lagu dr luar aj…tnggl setting penyimpanan d zune

Reply

pena kamera November 20, 2012 at 6:16 PM

gan..link download gag bisa. dialihkan.. malah muter2 gag dapet2 dimana ini saya harus download

Reply

Ade Setijo K November 21, 2012 at 9:58 AM

Aku cek tidak ada masalah sama sekali untuk link download di atas…kalo diminta sign-up, daftar dulu ajha.

Reply

yogi December 2, 2012 at 2:32 PM

sekarang link d perbarui brow….jd mlh ribet

Reply

Ade Setijo K December 2, 2012 at 5:31 PM

Ok thanks infonya, akan segera aku perbaiki…

Reply

rifan November 22, 2012 at 12:28 AM

misi gan..kendala cuman di hp ane ga ada zune musicnya…alias ga ada perintah update..di kompi ada… gmana gan?? udah semua step di lakoni.

Reply

Ade Setijo K November 23, 2012 at 2:07 AM

Download dulu ajha zune mucic for nokia mobil pake pc/laptop…karena syarat koneksi normal antara hp dan pc harus sama2 punya zune app.

Reply

oddiie November 22, 2012 at 6:33 PM

Gan, maksudnya harus punya aplikasi zune dihp apa?
Harus download lagi ya gan?

Reply

Ade Setijo K November 23, 2012 at 2:12 AM

Ya bener, di hp wajib juga ada zune app untuk sinkronisasi konten.

Reply

rifan November 28, 2012 at 11:46 PM

thanks gan..it works..:D
nanyak lagi yakk..kalo donlot app lewat laptop trus transfer ke hp nya apa lewat zune juga? tks..

Reply

Ade Setijo K November 29, 2012 at 8:25 AM

Sepertinya nggak perlu lagi, coba buka windows explorer, biasanya untuk Lumia dikenali dengan Removable drive. Silahkan drag n drop file/copy paste seperti layaknya localdrive.

Reply

Irma December 17, 2012 at 6:30 PM

Removable Drive di lumia posisinya dimana? bisa minta tolong di jelaskan urutannya mulai dari menu yang pertama.
Makasih sebelumnya. saya tunggu informasinya

Reply

Ade Setijo K December 17, 2012 at 9:59 PM

Silahkan Copy paste artikel ini, baca lagi dengan teliti secara offline…kalo disuruh jelaskan lagi one by one…capek deh non Irma…wkwkwk

Reply

arif f November 30, 2012 at 3:37 AM

thx for all bro..

Reply

BAGI ILMU December 1, 2012 at 10:43 PM

MAKASIH INFONYA GANN

Reply

wand December 3, 2012 at 4:26 PM

hadehhhhhhhhh………………………..ms bro…ko sptny rpottt…………piyeee……ad cra lbh easy kh???

Reply

Ade Setijo K December 4, 2012 at 1:15 AM

Hahaha,…repot mana ya sebelumnya, kamu atau aku yg bikin artikel, hehehe.

Reply

yogi February 4, 2013 at 2:57 PM

klw liat kalian pengen ktwa aj….aq siap bantu…hbungi 085235661932…via sms aj…

Reply

roy December 3, 2012 at 6:40 PM

kenapa ngk bisa di donwload software Software Zune PC di hp nokia lumia 610, tolong dijelaskan bagaimana carnya.

Reply

Ade Setijo K December 4, 2012 at 1:20 AM

Mending pakai PC saja kalo mau download Software Zune PC jangan lewat hp.

Reply

roy December 4, 2012 at 10:57 AM

tapi kabel datanya tidak bisa terhubung oleh pc atau tidak dikenali…

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: