7 Cara Ampuh Mengatasi Artikel Yang Hilang di Search Engine

by on 2011/11/14. Updated 2012/12/10 · 102 comments

Mencari Artikel HilangHalaman Artikel blog-situs anda hilang, kadang muncul dan kadang lenyap? Bingung mencari terus pusing dan akhirnya Stress?! Rasain deh! Itulah akibat nya bila artikel blog-situs anda yang tidak habis-habisnya diobok-obok terus dengan emosi, supaya SEO banget di mata search engine serta mampu menempati TOP TEN di SERP. Padahal belum tentu yang kita SEO-On Page pada artikel itu Algoritma-nya benar menurut mereka (red: Yahoo,Bing, terutama Google). Mungkin juga akibat Google Panda yang nge-Dance kayak Penguin ditambah Sandbox effect yang akhirnya di-vonis Google Penalty lalu Google EMD, Yahoo Dor!, Kick Bing!, atau Kick Andi!…haah! Apapun itu istilah ‘serem’-nya, jangan kuatir, saya akan mencoba share pengalaman bagaimana cara mengatasi artikel yang hilang dan menampilkan kembali di search engine…

Susah juga bila salah satu artikel kita suatu ketika tidak ter-index lagi di Search Engine, apalagi artikel tersebut sebelumnya banyak pengunjungnya,prospek serta monetize . Contohnya salah satu posting artikel saya di Blog WordPress tentang Aplikasi Dan Game Gratis Android, yang sempat lenyap di Google beberapa minggu. Bahkan hampir semua keyword sakti yang terpasang dalam artikel sudah saya ketik pada kolom search…bahkan sampai pada posisi halaman 10, tetap nihil alias tidak muncul! Dengan berbagai cara saya berusaha untuk memunculkan kembali artikel tersebut serta tetap berpikir, kenapa ya? Akhirnya beberapa hari yang lalu terjawablah sudah apa yang jadi jawaban dari kebingungan saya. Artikel sudah muncul kembali! Yach… meskipun tidak mencari menggunakan keyword andalan dan  tidak berada dalam TOP TEN di SERP.

Berikut langkah-langkah 7 cara ampuh memunculkan atau menampilkan kembali artikel yang hilang di search engine (khususnya Google) :


  1. Pertama-tama saya meneliti kira-kira kata dan kalimat bahkan keyword apa yang bikin artikel tersebut ditendang oleh si mbah Google. Saya hapus diantaranya yang tidak ada korelasi antara judul dan isi artikel. Saya kurangi juga link-link keluar yang tidak perlu, sehingga artikel lebih nampak focus dan orisinil (SEO-On Page tidak berlebihan) >> Perbaikan konten untuk mengatasi Google EMD.
  2. Re-submit sitemap blog-situs melalui akun Google menggunakan Webmaster Tools/Perangkat Webmaster. Sitemap saya update secara online lewat bantuan xml-sitemaps.com . download dan upload kembali sitemap lewat Filezilla ke root directory hosting. Masuk Dashboard > Site configuration > Sitemaps > centang sitemap.xml > klik Resubmit.

Resubmit Sitemap

Mendaftarkan kembali URL halaman artikel yang hilang itu melalui Dashboard > Diagnostics > pilih opsi Fetch as Googlebot > isi alamat web atau URL artikel > pilih Googlebot type: Web > klik Fetch. Kalo berhasil akan ditampilkan bahwa Fetch Status Success dan URL Submitted to index. Total proses resubmit sitemap dan resubmit URL memerlukan waktu paling cepat 24 jam atau lebih. Jadi harus sabar menunggu proses perubahan yang nanti akan terjadi

Resubmit URL

  1. Selang satu hari saya mulai reload sendiri pada browser beberapa kali halaman artikel yang bersangkutan, agar mulai dikenali kembali oleh Google.
  2. Bersamaan dengan itu saya membuat gambar yang link-nya menuju artikel tersebut, sekalian buat promosi (terserah ingin diletakkan dimana, terbaik tepatnya setelah Header dan sebelum kolom artikel, agar mudah dan cepat dilihat).
  3. Mencoba blogwalking, akhirnya saya tertarik tips memasang beberapa link keluar (menampilkan situs dengan ber-Page Rank tinggi) di bawah artikel. Saya usahakan memasang link situs yang sesuai  dengan tema artikel tersebut
  4. Mencoba Googling lagi menggunakan keyword pilihan yang berhubungan dengan nama domain, judul postingan serta isi-konten blog-website anda!
  5. Praying then hoping and waiting…

Jika  tips trik di atas tidak terlalu ampuh menurut anda, setidaknya sekarang anda lebih mengerti, bahwa sesungguhnya  menulis artikel blog – situs itu tidaklah mudah. Apalagi membuat artikel untuk kepentingan khusus, seperti promosi atau monetize. Bisa jadi, ngawur bikin artikel, salah-salah PR blog-situs malah turun.

Selain itu penting diketahui juga, search engine adalah mesin pencari, sistem algoritma dan kebijakannya dibuat sedemikian rupa, supaya mampu memberikan hasil pencarian yang relevan dan terbaik bagi  user. Awalnya, menggunakan Google sebagai contoh alasannya, karena sebagian besar pengguna internet memanfaatkan Google sebagai search engine. Bisa juga kita memaksimalkan Yahoo! Site Explorer atau Bing Webmaster Tools, yang pasti karena algoritma berbeda, caranya lain pula. Sebenarnya banyak force metode mengatasi artikel yang hilang, tapi akan saya bahas di waktu mendatang.

Silahkan share lewat komentar jika anda mau menambahkan trik lain cara menampilkan kembali artikel yang hilang.

Silahkan dicoba, semoga berhasil.

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 110 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 102 comments… read them below or add one }

aryanto November 21, 2011 at 5:31 PM

terimakasih atas trik yang diberikan, kan saya coba karna kebetulan banget posisi blog saya seperti di kutuk sama mbah google, jadi saya akan mencoba trik nya. mudah-mudahan dapat berhasil dan visitor nya meningkat kembali.

Reply

mazdodot November 21, 2011 at 6:36 PM

Ya silahkan dicoba…jangan lupa genjot juga pake layanan traffic exchange

Reply

obat herbal untuk berbagai macam penyakit November 21, 2011 at 9:34 PM

thanks info nya bermanfaat , di tunggu info bermanfaat selanjut nya

Reply

Lifes Health Care November 29, 2011 at 7:50 PM

Makasih mas buat infonya… artikel blog saya jga pada hilang dari search engine sehingga pengunjung blog jdi anjlok. Mudah2an dengan tips ini bisa mengembalikan para pengunjung blog saya.

Reply

dian_sunday December 4, 2011 at 6:10 AM

wah mantap mas artikelnya!
Sya juga sring sprti itu,
ntah cuma kebetulan atau tidak, yg sy lkukan hny publish artikel brsngkutan!lalu muncul lg dah d SE, CMIIW

Reply

kumpulan artikel December 4, 2011 at 2:32 PM

yang hilang itu bukannya sudah di banned?

Reply

mazdodot December 4, 2011 at 7:10 PM

betul, istilahnya di banned,….tapi bukan berarti dihapus lho, tapi sementara. Google masih beri kesempatan ke kita untuk mbetulkan ‘wajah dan jeroan‘ artikel kita. Satu artikel sangat berarti lho bagi Google (bukan buat kita saja), logisnya Google adalah search engine ‘juga cari artikel’, yang mana yang layak didahulukan (hubungannya dengan SEO-nggak perlu tak jelaskan), yang nggak begitu layak ,…ya di banned! Coba perhatikan, Google juga bisa gede kayak sekarang juga karena artikel-artikel kita…satu baris-pun kayak iklan baris, dia ‘perhitungkan” …hehehe.

Reply

ady padoe December 8, 2011 at 8:38 PM

Ma kasih atas infonya mas. Kalo visitor tiba2 down penyebabnya kenapa ya???? apakah karena banned keyword?????

Reply

mazdodot December 8, 2011 at 10:06 PM

Ini tentu bukan untuk situs anda khan??? hehehe…Tetap saya jawab, hampir semua situs review tidak pernah menghasilkan value yang sama dalam membaca situs kita. Harus tahu bener mereka pake ‘kacamata’ apa? Tapi setidaknya ada selisih dikit buat pembanding….kalo aku condong lebih fokus n intropeksi dulu, ngecek Artikel Kita Apa Sudah Layak (untuk search angine ataupun pengunjung situs)??? >>> gogogo SEO ON PAGE….

Reply

Hendi Nuraen December 12, 2011 at 10:42 AM

Wah artikel yang saya buat sekarang menghilang di search engine, jadi saya akan mencoba 7 trik ini semoga saya berhasil. terimakasih ya mazdodot artikel nya.

Reply

mazdodot December 12, 2011 at 12:57 PM

ya…dicoba saja mungkin malah bisa nemu pengalaman laen…jangan lupa share dikit ya pengalamannya di sini…thxs.

Reply

Tomas@transformers cars January 1, 2012 at 11:20 PM

Makasih banget, Gan. Ini luar biasa, sudah sebulan sebagian artikel saya tidak muncul di Google search, terima kasih obat mujarabnya.

Reply

mazdodot January 2, 2012 at 7:19 PM

Ikut seneng deh, bisa bantu kamu nemukan pacar ke tiga mu…hehehe.PF.

Reply

outbound di bogor January 3, 2012 at 12:58 AM

thx pencerahannya……

Reply

PHOTOSHOP January 10, 2012 at 3:24 PM

wah makasi ya sob buat infonya….salam kenal blognya bagus..

Reply

mangyus January 25, 2012 at 7:23 PM

Artikel saya ada hilang satu alias tidak terindeks. Thanx atas sharingnya. Tak benerin dulu…

Reply

Toko Buku Zainab February 12, 2012 at 12:39 AM

salam pagii juragan,.. bagus nih,.. kemarin2 sempat kehilangan beberapa url di SE,.. karna baru pindahan hosting tanpa back up database,.. ngomong2 ada trik buat redirect url via plugin wp tidak gan?..

makasih banget artikelnya…

Reply

mazdodot February 12, 2012 at 12:40 PM

banyak tuh kalo sekedar plugin wp buat redirect…semua intinya cuman satu, memanage 301 redirections!

Reply

iman bro February 13, 2012 at 4:11 PM

mantap… triks nya dan infonya….terimakasih

Reply

Fitra Khoerul Umam March 4, 2012 at 2:42 PM

kalo saya mas setelah submit sitemap ada beberapa postingan jadi gx keindex … itu kenapa ya mas?

Reply

mazdodot March 4, 2012 at 11:35 PM

Sabar sayang, indexing…prosesnya nggak secepat kilat, tunggu 1 minggu mak 2 minggu, biar stabil…tergantung banyaknya URL yang di-aprove sama webmaster tool, lebih baik fetch per-URL ajha,ok.

Reply

Fitra Khoerul Umam March 5, 2012 at 6:43 AM

waduh lama hampir 1 sampe 2 minggu.. maaf mas saya baru belajar ngeblog..
btw kalau submit sitemap satu kali saja seumur hidup atau sesudah ada postingan harus di submit lagi mas? tolong di jawab ya mas saya lagi nyari ilmu maklum gx ada yang ngajarin langsung…

Reply

mazdodot March 5, 2012 at 11:00 PM

ya, biasanya aku resubmit lagi sitemapku sekitar 2 mingguan, dimana rentang waktu kemungkinan ada penambahan artikel dan rentang waktu bot google lakukan indexing…Coba forced metode pake Fetch Google di webmaster tool.

Reply

Fitra Khoerul Umam March 6, 2012 at 9:30 AM

Fetch Google gunanya buat apa mas?

Reply

mazdodot March 6, 2012 at 8:34 PM

Fetch URL di Webmaster Tool…untuk mendaftarkan halaman URL spesifik (khusus), agar Bot Google lebih cepat mengindex halaman tersebut (daripada Resubmit sitemap-apalagi jika ratusan URL). Gampang-nya begitu.

Reply

Fitra Khoerul Umam March 13, 2012 at 10:18 PM

yang saya aneh kan mas postingan baru saya kadang ke index kadang tida ke index? kira2 itu kenapa ya mas?

Reply

Kue Nusantara March 9, 2012 at 12:27 PM

bisa dicoba ini….terima kasih tipsnya ya….blogku sering hilang muncul juga di SERP Google…

Reply

bikarscreativ March 16, 2012 at 1:35 PM

makasih infonya mas…..saya coba cara ampuh ini mudah2an bisa ampuh 100%……….sepertinya google memberikan pelajaran2 baru untuk bloging…

Reply

mazdodot March 16, 2012 at 7:38 PM

Tahun yang baru, kebijakan juga baru…masalahnya nggak semua kebijakan search engine di-“OPEN” untuk kita…hehhehhe

Reply

Basic Dirgantara April 3, 2012 at 5:07 PM

wahh kasus yang saya alami saat ini mas…
saya coba tips ampuhnya, siapa tahu beneran ampuh…
makasih banyak infonya…

Reply

javaindo April 14, 2012 at 1:58 PM

makasih tips dan triknya om..paling jengkel kalo web kita kena sandbox, apalagi kunjungan rame,wuah,,serasa penghasilan berhenti total…

Reply

mazdodot April 14, 2012 at 2:07 PM

Ya betul, apalagi situs kita adalah situs toko online, iklan maupun blog/situs monetizing…

Reply

Aji April 17, 2012 at 10:16 AM

Mana lebih efektif Gan Fetch Googlebooth atau robots.txt? bingung Ane neh 2 opsi ini kok web ane menghilang seperti ditiup angin

Reply

mazdodot April 17, 2012 at 4:15 PM

Fetch Google lebih ampuh untuk ngatasi beberapa halaman (red: home page atau artikel) yang bermasalah, istilah gampangnya ‘Penegasan’, jadi harus one by one. Kalo robots.txt (bisa bikin langsung dari Webmaster Tool) lebih ke arah pembatasan indeksasi halaman untuk Crawl Google, jadi total halaman tuh…Tapi aku sempat mampir di Web anda, spertinya ada beberapa Artikel yang duplikasi…Coba apakah halaman Home Page nggak sengaja ter-duplikasi menjadi salah satu/sebuah artikel (duplikasi internal).

Reply

lekko May 16, 2012 at 8:47 PM

makasih gan infonya, sama persis ama ane punya blog, sampai sampai home page aja ilang, sekalian tanya nih, kenapa ya blog ane yang diindex hanya image melulu, lagi cobaan kali ya

Reply

mazdodot May 16, 2012 at 10:26 PM

Pertama :>>> Gambar yang di-index ada eksistensi-nya nggak (jpg,png,gif,…dll) atau setelah URL (.html)/alamat gambar? Tapi apapun itu untuk sementara nggak masalah brow, beberapa artikelku juga gitu, yang penting gambar2 tersebut ada di TOP TEN SERP, gak masalah juga,toh visitor tetep masuk di Blog kita, meskipun lewat dari sebuah URL gambar!

Kedua : >>> Coba cari beberapa artikel yang terduplikasi. Ada kalanya kita nggak sadar, halaman Home (deskripsi/uraian singkat atau mungkin banyak kata2 yang mirip dengan SALAH SATU artikel yang kita buat dan sebaliknya…Cek ajha (aku sukses mbetulkan salah satu Blog karena masalah serupa…Resiko-nya memang harus cek One by One)…SANGGUP?

Reply

Gudang Cewek May 20, 2012 at 1:41 AM

Thanks infonya bro, blog saya sudah beberapa hari ini menghilang dari peredaran di google..!!

Reply

portal dollar May 21, 2012 at 8:04 AM

makasih info tentang mengatasi artikel hilang dari index google,akan tetapi situs saya pertama semua keyword dan titel sudah hilang dari index google,3 hari kemudian .. Nama situs juga hilang gak karuan,bahkan langsung di panggil nama domain-nya langsung tidak di ketemukan,bener2 nangis bombay..hua….help me…google gila mah..oh mamah

Reply

tambusai May 26, 2012 at 8:40 AM

tanks sangat membantu, kebetulan blog saya udah 2 hari drop habis artikel yang biasanya menduduki 5 besar hilang dari peredaran dengan tiba2, kira kira pengaruh ndak karna saya submit artikel di infogue.com, kok malah artikel saya malah masuk nomor teratas, artikel yang ini http://www.tambusai.com/cara-flash-hp-china-hanya-dengan-kabel-usb-saja/, biasanya paling ramai sekarang satupun ndak pernah disambangi,tapi direct dari infogue.com yang banyak masuk

Reply

mazdodot May 26, 2012 at 1:14 PM

Sementara ini semua perlu dicoba dulu, sambil menunggu kebijakan google yang baru “LAGI”…hehehe.

Reply

benyo May 26, 2012 at 3:15 PM

bang saya tes salah satu artikel saya jika di google.co.id gak ada tetapi saya tes di sini ada di http://74.125.71.147/id
kira2 kenapa tuh bang…

Reply

mazdodot May 27, 2012 at 2:05 AM

Waduh Nyo, kalo ngetes model ginian aku jarang lakukan…Gini, asumsikan yang nyari artikel tuh orang awam yang ngertinya hanya Googling atau browsing…Sepertinya newbie2 jarang lho ngetik langsung via IP gitu..betul nggak? Jadi optimasikan SEO ke analisa yang normal2 saja, lagian Kebijakan SEO “TIAP DETIK BERUBAH”…g mestilah jadinya.

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: