Bisnis Online Terpenjara Oleh Medsos

by on 2020/06/25 · 0 comments

Preambul 

Masa Pandemi Covid-19 2020 seperti saat ini, Bisnis Online adalah The Best Solution buat semua orang ( khususnya bagi mereka yang WFH-Work From Home ). Yes! Saya 1000x setuju!?? Sudah cukup sampai di sini kah? Sampai kapankah Covid berakhir? Lalu apa hubungan antara WFH, Media Sosial-medsos dan Internet? Terus dengan Terpenjara??? Ikuti penjelasannya lewat kisah evolusi dan legenda-nya berikut ini…versi saya lho ya, hihihi.

Bab Satu ( nggak pake Pasal )

Kebetulan saya selain kerja di dunia multimedia ( komputer dan berbau IT lah pokoknya ) juga adalah suka dan hobi di sana. Berawal tahun 2003-lah kira-kira ya. Di mana untuk konek internet ajha masih wajib dengar dahulu suara dialing dari modem ke jaringan telpon, suaranya mirip sinyal pesawat Alien mau datang ke Bumi (Telkomnet Instan). Sukses konek ( yang sering, nggak konek! ), buka browser yang templatenya masih sederhana kayak mau main game Nintendo. Sudah lupa tuh  pake portal apa, just surf doang saja buat cari-cari ilmu baru yang dibutuhkan. Disisi lain dan seiring waktu banyak teman-teman juga nyoba pake HP dijadiin Modem untuk konek internet ( meski kadang harus hunting kabel data untuk konek ke HP). Speed-nya nggak usah ditanyakan,  belum ada kata “sabar menunggu” dan berasa “normal”, ditemani Prosesor tercepat Pentium IV saat itu!! Intinya saat-saat itu ber-Internet adalah sesuatu yang mahal so susah! Hoiiiii, syukur-syukur bisa internetan deh….

Bab Dua ( The Dekade 2002-2012 )

Masih eksis internetan, browsing dan surfing pakai si Rubah mlungker di beberapa tahun sesudahnya. Bersyukur dikawal Telkomnet Speedy, yang lebih cepat aksesnya ( itu saja ) dan mencoba bikin Email ditahun-tahun awalnya. Yang sebelumnya hanya ndomblong doang saat ngerti Dunia Maya. Akhirnya saya nemukan Web Page Maker untuk bikin website dan penghasil “Rupiah” untuk tahun-tahun berikutnya, tanpa otak atik Coding pastinya. Bikin jasa pembuatan website untuk instansi, jadilah saya seorang desainer web dan otomatis jadi webmaster ( alaah wong cuman SEO On Page dan Off Page doang )….Masa itu adalah masa-masa jayanya Blogger ( core-nya pakai blogspot, wordpress, joomla dll ), Email wajib punya, perorangan mulai mikir bikin website. Orang baru memahami pentingnya menampilkan usahanya ( jasa dan produk ) di dunia Internet yang saat ini kita sebut Bisnis Online.





Bab Tiga ( Awal Dekade ke-2  2013-Now )

Seiring canggihnya komputer dengan perkembangannya sudah nggak nurut Hukum Moore lagi di dukung infra struktur jaringan seluler yang lebih mapan; dimana orang sudah jarang pake mIRC dan Pager-an, BB-Blacberry jadilah andalan gadget untuk komunikasi instan; dimana ponsel konvensional sudah jarang tulalit; dimana pemilik warnet sering menolak pengunjung ( karena bilik dah full )….Maka geliat Bisnis Online juga terus meningkat pesat, tak terbendung.

Saat itu Pembuatan Website untuk portofolio untuk perorangan untuk menawarkan jasa dan produknya sepertinya sudah merupakan hal wajib. Kepraktisan dan keefektifan jangkuan luas pelanggan mampu mengiringi meningkatnya Omzet Penjualan Perbulan! Yakin! Untuk mengatasi permintaan kebutuhan akan Pembuatan Website yang membludak  harus cepat, saya menggunakan CMS WordPress, agar website bisa saya kendalikan dan desain dengan mudah sesuai keinginan.

Bab Papat ( The Robot Ijo-Android )

Sebagai search engine dan portal terbesar, saat itu mbah Google bener-bener pinter melihat peluang ( nggak pinter gimana, pegawainya ajha ribuan dan tersebar di lima benua , salah satu server nya ajha segede stadion bola, coolingnya ajha nggak pake kulkas dan kipas sate, tapi pake pasut air laut guyssss ). Selain pertahun menelorkan aturan-aturan cara ber-website ria ( Algoritma Google ), tuh juga mengembangkan OS Android, alias Robot Ijo. Ini yang nantiknya bikin paklik *SJ* agan Apel Krowak jadi stress so klenger dan juga Ponsel BB-Blackberry cuman jadi ganjal pintu.

Pabrikan dan vendor asal Korea dan China ikut cepat respon dengan melihat semakin cepatnya perkembangan penggunaan OS Android sebagai sistem operasi yang fleksible untuk masa depan dan mudah digunakan ( selain open source rekkk…). Mereka memproduksi smartphone/gadget Android dengan berbagai tipe, desan serta harga yang terjangkau untuk umum ( terutama warga +62 ). Kemunculan Smartphone serta gadget Android ini dibarengi dengan seiring munculnya Software ( Apk atau Aplikasi ) Android yang sebenarnya hanya bisa dijalankan di PC/Personal Computer. Dan tentunya Komponen di dalam Smartphone/ponsel/gadget tersebut tidak kalah dalam segi performance dan kecepatannya dibanding PC/Laptop umumnya.





Bab Limo ( Android dan Sosmed )

Masa sekarang, hampir semua Smartphone Android sudah suport Aplikasi Facebook, Whatsapp, Instagram dan bahkan Youtube, yang notabene oleh banyak orang dipakai untuk keperluan Media Sosial ( terhubung satu sama lainnya ). Dimana tentunya dimasa Pandemi Covid-19 ini, penggunaan Medsos lebih efektif dan aman untuk Bisnis Online, karena salah satu protokol kesehatan untuk Pencegahan Covid-19 diharuskan menjaga jarak antara orang satu dengan yang lain. Dan itu yang harus dihindari di dunia nyata!

Yang penting ada paket data seluler atau wifi, terutama pelaku Bisnis online sudah bisa melakukan transaksi di Medsos. Baik menawarkan jasa, menjual barang, makanan, minuman dan sebagainya bisa dilakukan dengan mudah melalui status WA ( melalui grup-grup WA ), status di Instagram, Grup Facebook ( bahkan sampai mengubah akun pribadi untuk jualan barang ). Keren, simpel dan dahsyat yoo?!

Bab Sick! ( Maaf saya nggak pernah Internetan, cuman main Medsos doang!??

Dunia dalam genggaman sudah, ingin dan butuh apapun, buka layar HP tinggal cari barang, pesan, barang datang tanpa bertandang! Idem juga untuk yang akan kirim barang. Lama-lama ini bisa bikin duduk terpuruk, manja…Biar wis, yang penting jualan lancar, ya tho?! Sayangnya, saya perhatikan perilaku ini berasa stagnan alias nggak berubah-bergerak, ke depan bisa fatal bagi mereka yang menekuni Bisnis Online. Untuk kawan-kawan blogger/pengunjung website ini/yang baca artikel ini, terutama yang menggunakan hp/smartphone/gadget Android silahkan lihat dan simak gambar berikut :

lingkaran-medsos-sosmed-sosial-media

Di sini to the point ya. Terlihat kalian yang sehari-hari Bisnis Online “Terpenjara” di dalam lingkaran aplikasi medsos saja dan tidak pernah keluar untuk hal yang lebih luas lagi jangkauannya. Kecenderungan saat masuk Whatsapp, searchnya pakai “search Whatsapp”, saat di Facebook pakai “search Facebook” dan juga untuk Youtube serta Instagram…duhhh! Mbok ya sekali-sekali keluar dengan browsing. Di smartphone-mu, pake tuh browser “Search Google” cari apa tah apa itu…( bisa coba Opera Mini, UC Browser Mini dll)…Nah tuh kalo sudah sukses dan nemu yang kalian cari lewat keyword sakti, kalian akan nampak semakin bodho khan ( ternyata banyak yang belum kita ketahui ). Bayangkan yang nggak pernah pakai “search google”. Padahal selama kita mengaktifkan data paket/terhubung Wifi di ponsel, itu sudah ber-Internet lho ( beberapa memang aplikasi berjalan di belakang layar ) dan Aplikasi sosmed itu bekerja dalam jaringan Internet. Ber-medsos itu ya otomastis ber-Internet donggg!! Wis paham tho??!…Yakinkan dengan lihat gambar berikut sambil buka hape kamu, klik kotak untuk ketik keyword atau klik di gambar mikrofon-nya  :

gambar-search-google-dunia-lain

Ditambah lagi saat ini situs E-commerce/Portal Toko Online/Dagang Online sudah bikin apk-aplikasi sendiri, seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan lainnya. Lalu miris juga bagi mereka yang baru mengenal Gadget Android, pertama ngerti dan pake-nya hanya aplikasi ini saja di smartphone-nya! Menambah parah, semakin tidak pernah kemana-mana, meski itu hanya di dunia Maya. Kecenderungan “nyaman” di Zona aman bikin otak nggak kreatif!  Selanjutnya, Up to You deh?!

*Kesimpulan

Meski cara menjalankan Bisnis Online dalam dunia Maya dalam hal ini Sosmed, tidak ada aturan resmi, setidaknya kita wajib memahami alur kerja cara menawarkan barang. Tentunya dengan bijak dan benar. Nggak hanya “Pokok Payu” dan “Laris Manis”, masih banyak yang harus dipelajari, termasuk Etika menawarkan barang, kepercayaan pelanggan. Itu juga wajib dipahami, diterapkan dan dicapai seperti cara promosi produk di dunia nyata. Yang terakhir ini kapan-kapan akan kita bahas di next Artikel  yaa….Tentang “Kiat Jitu Menjalankan Bisnis Online Via Smartphone”.

*Harapan

Sekali lagi khusus pengguna smartphone/gadget, semoga Artikel ini berguna bagi mereka yang saat ini dan seterusnya menjalankan Bisnis Online di “Internet” dan jangan salah paham serta salah guna lagi dalam memaknai-nya. Dan ora usah terlalu mikir kapan Pandemi Covid-19 berakhir, Seleksi Alam sedang berlangsung, tapi Bisnis Online tetap harus Go Go and Go……

Salam Sehat, So Semoga Sukses Selalu!

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 109 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment

Previous post:

Next post: