Cara Optimasi Blog Bisnis Online | Sebuah Rahasia Kecil

by on 2013/06/10. Updated 2013/06/11 · 7 comments

Optimasi BlogSudah punya Blog ya…? Lagi seneng-senengnya nge-Blogging? Serta sedang getol-getolnya posting artikel khan, tentunya setelah menata desain template?…Wuih,…pokoknya ancur deh yang namanya “waktu” kamu untuk itu, hehehe. Tapi, saya salut deh dengan cara optimasi Blog atau upaya kamu saat ini, dan memang itulah yang wajib kamu lakukan jika memang baru memiliki Blog (baca :  merawat blog). Apalagi Blog kamu adalah Blog untuk jualan Produk dan Jasa, terutama Barang…atau istilahnya Blog Bisnis Online (jualan barang atau jasa di Internet).

Di sisi lain, terkadang saya juga melihat beberapa Blog milik rekan-rekan (terutama newbie) kadang kurang memperhatikan sisi SEO dari Blog mereka tersebut! What’s That? Yang malah bisa berpotensi turunnya target penjualan dari sebuah Jasa atau Produk tersebut. Penasaran?

Optimasi Blog Bisnis Online : Mendongkrak Penjualan

Logis dan Benar, kalo Blog Bisnis Onlline kamu banyak pengunjung, maka potensi atau keumungkinan laku/terjualnya Jasa atau Produk-Barang akan lebih banyak/tinggi. Untuk itu, ikuti beberapa “rahasia kecil” atau Tips Trik berikut, sehingga nantinya tidak terlalu bingung dan ragu lagi saat mengoptimasi Blog Bisnis Online kamu :


Adsense (iklan) : Memasang iklan atau Adsense di Blog Bisnis Online adalah kurang pas menurut saya (kalau alasan-nya cuman cari ceperan, duit kecil ataupun sambilan). Karena Blog Bisnis Online ide dasarnya adalah Fokus di penjualan 1 (satu) atau lebih Barang. Dengan memasang Iklan atau Adsense, pengunjung blog-visitor takutnya malah tertarik dengan iklan yang ditayangkan daripada konsen pada Jasa atau Produk di Blog yang kamu tawarkan. Karena beberapa Website Iklan dengan skrip yang canggih (seperti Google Adsense) akan memilihkan iklan secara otomatis sesuai dengan jasa-produk-barang yang anda tawarkan di Blog kamu. Malah nge-klik Iklan, wiih Riskan banget…

Promosi Online. Kecenderungan Blogger Bisnis Online yang sering memasang iklan jasa-produknya di Website Direktori Iklan atau RSS Directories agar informasi lebih tersebar luas di sana sini. Tentunya dengan memasang Link Blog kamu khan? Baguslah menurut saya. Tapi ingat, kamu punya Blog lho ya (bukan cuman pasang judul Produk, nama dan no HP), agar tidak menyebabkan Duplikasi Konten, usahakan tidak terlalu banyak memberikan Deskripsi Jasa atau Barang tersebut apalagi persis seperti  pada artikel Blog kamu (apalagi copy paste). Ini berlaku untuk semua jenis Blog : Blogspot, Joomla, WordPress dan sebagainya. Untuk kamu yang menggunakan CMS WordPress bisa mengantisipasi dengan membatasi deskripsi (jumlah kalimat dalam postingan) dengan cara Login di Dashboard Admin WordPress > masuk di Setting > Reading > For each article in a feed, show > pilih Summary > Save Changes. Sekarang, sindikasi feed apapun jika baca RSS Feed Blog kamu, hanya bisa terbaca sebagian ndak full Artikel. Aman deh!

Promosi Offline. Tidak banyak yang respect dengan ini, karena memang butuh biaya, tapi kadang perlu juga dilakukan untuk mendongkrak penjualan jasa atau produk (memperbanyak visitor lokal). Biasanya dilakukan dengan cara konvensional seperti menyebar Brosur, Pamflet, Spanduk di tempat-tempat strategis dalam kota (tempel di pohon atau dinding sesuai ijin) rasanya masih sah-sah saja. Sebut apa jasa atau produk yang kamu jual, beri mikro deskripsi, No HP, dan yang penting link Blog di perjelas. Kalo ngiklan lewat Radio/Broadcasting takutnya salah eja (contoh : http://www.gombel.com padahal yang dimaksud http://wewegombel.com dan semacamnya). Lewat iklan TV boleh, tapi mahal kek-nya.

Desain Template atau Theme. Kebanyakan Blogger Newbie mengesampingkan penataan dan navigasi dari desain Blog. Usahakan Blog Bisnis Online kamu mempunyai Theme yang simple, mudah di navigasi menu-menunya dan jika tidak terlambat, ganti Theme yang Ringan (cepet loadingnya). Sehingga jika ada visitor berkunjung ke Halaman Blog kamu tidak terlalu lama langsung bisa melihat Jasa atau Produk, cocok dan langsung menghubungi kamu (efektif-nya letakkan Nama, No Rek dan No HP atau BB di sidebar kanan atas).

Indeksasi Google. Kamu bisa segera mendaftarkan Blog kamu di Google Webmaster Tools agar bisa cepat ditampilkan “dengan benar” di daftar hasil pencarian search engine Google. Supaya lebih komplit, jangan lupa daftarkan sekalian di Webmaster Bings agar  search engine Bings dan Yahoo juga “benar” saat ngindex Blog kamu

Fighting in SERP. Beruntung kalo Jasa Produk yang kamu miliki adalah satu-satunya di dunia ini (di Internet juga). Jika ternyata sudah ada dan banyak bertebaran di Internet, kita harus berani Fighting alias berperang untuk dapat No 1 (satu) di hasil pencarian search engine (SERP), ya minimal di halaman TOP TEN. Untuk itu kamu bisa pakai Tips Trik saya di artikel Cara Menembak Keyword, Alexa Info Untuk Marketing ataupun Memasang Foto Profil G+.

Bagaimana Dengan Social Media? Facebook dan Twitter masih merupakan primadona dalam hal promosi gratis. Di Facebook kamu bisa bikin Fan Page untuk mempromosikan Jasa atau Produk Barang kamu. Sedangkan di Twitter kamu bisa memanfaatkan link pendek yang sangat terkenal itu, sebagai batu loncatan menuju Weblog kamu. Sampai hari ini, FB dan Twitter masih merupakan Social Network yang terdahsyat untuk Bisnis Online selain Google+ yang multimedia.

Artikel Yang Baik. Meskipun Blog kamu adalah Blog Bisnis Online, bukan berarti yang diutamakan adalah Asal Laku (Pokok Payu : Bahasa Jawa-nya). Penting kiranya kamu mengerti tata cara menulis deskripsi dari Jasa atau Produk, sehingga visitor mudah memahami penjelasan jasa atau produk yang kamu tawarkan, selain menarik untuk dibaca dan dipelajari tentunya (ada konsekuensi logis disana). Silahkan belajar di cara menulis artikel yang benar.

Batasi Outbound Link. Kamu bisa menghapus atau mengurangi jumlah link keluar dalam Artikel di Blog kamu yang merujuk ke sebuah halaman lain (di dalam blog mu sendiri ataupun ke website lain) yang tidak ada korelasi dengan Tema Blog Kamu. Tahu khan? Itu bisa mengaburkan Inti Blog yang sebenarnya.

Add-On

Kamu bisa menambahkan Statistik Meter seperti Histats untuk melihat jumlah visitor harian, mingguan bahkan bulanan…yang mengunjungi Blog kamu. Sehingga kamu bisa tahu apa dan bagaimana serta kapan harus lebih mendongkrak kunjungan ke Blog. Untuk Alexa Site Info, daftar saja, tapi anjuran saya lebih baik tidak usah memasang Alexa Widget di sidebar, karena bisa bikin loading Blog berat (pingin tahu Rank Alexa Blog kamu?…masuk/login saja langsung di Alexa).

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk Optimasi Blog, apalagi untuk Bisnis Online. Yang penting ikuti Tips saya di atas, saya yakin sudah cukup. Sambil kamu coba mikir-mikir dan analisa sendiri apa yang kurang sebenar-nya. Kalo kamu seorang Internet Marketter, Freelancer ataupun Webmaster mungkin optimasi blog di atas sering dilakukan, tetapi untuk mereka Blogger Newbie, setidaknya nggak perlu-lah tembak tutorial sana sini untuk optimasi Blog-nya. Cukup dengan baca Artikel ini dan baca link/tautan yang ada, saya jamin kamu punya Blog Sukses-lah!

Selesai, semoga berguna. Mohon jika ingin copy paste Artikel ini, jangan di Notepad karena bisa menghilangkan Link-link penting yang berfungsi sebagai Wacana Tambahan, gunakan semacam Microsoft Word atau PDF-Maker.

Jangan lupa Komentar, Like Facebook serta Twitter-nya ya…Thanks All.

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 7 comments… read them below or add one }

Bandung IT September 14, 2013 at 10:30 PM

Makasih banyak gan,, jujur ya ane jd banyak tau tentang Dunia IT setelah ane nyimak2 dimari gan…

Once again, thanks alot. :)

Reply

STT Lombok December 9, 2013 at 6:00 PM

Thanks bang u informasinya, akan saya terapkan di blog saya

Reply

cemple December 31, 2013 at 12:29 PM

Terimakasih atas sharingnya nambah masukan, ya beginilah newbie mas lagi belajar cari inspirasi, muter muter ngumpulin ide dari membaca hehehe..

Reply

caiwardana November 20, 2014 at 12:41 AM

thanks gan infonya sangat menambah wawaasan bagi seorang pemula seperti saya

Reply

Ade Setijo K January 13, 2015 at 2:35 PM

Lanjut…semoga nggak bosan share ya di blog kamu…hehehhe.

Reply

Mebel Area July 29, 2015 at 11:24 AM

Makasih gan atas ilmunya

Reply

Pengrajin Bangku Gereja January 29, 2016 at 2:13 AM

The articel is best

Reply

Leave a Comment

Previous post: