Cara Update WordPress Versi Terbaru Secara Otomatis

by on 2013/04/09 · 5 comments

Update WordPress OtomatisIngin Upgrade WP atau Update WordPress versi terbaru? Di dashboard admin sudah muncul pemberitahuan atau notifikasinya, tapi ragu-ragu karena takut error atau bermasalah nantinya?…Padahal, sebenarnya cara Update atau Upgrade WordPress 3.5 sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Tinggal klik tombol Update Now untuk melakukan update otomatis. Jika semua lancar dalam hitungan detik dan nggak sampai 1(satu) menit akan muncul pemberitahuan bahwa Upgrade WordPress 3.5 telah sukses atau berhasil dilakukan…

Lebih jelasnya, ikuti pengalaman saya berikut ini saat proses update dan sukses upgrade wordpress pada Blog. Oh ya…Meskipun nantinya dalam Artikel ini sebagai contoh bukan versi wp saat ini, tapi saya kira untuk kedepannya, untuk update versi 3.5.1 , versi 3.5.2 bahkan versi 3.6 sepertinya cara/ prosesnya tidak jauh berubah alias sama saja!

Cara Updates WordPress Secara Otomatis | Automatic Updates

Beberapa waktu yang lalu, tepat tanggal 12-12-2012 di dasbord Admin Blog WordPress Selhosting di salah satu blog saya sendiri muncul 1(satu) pemberitahuan update, yaitu Update Core WordPress dari versi 3.4.2 ke 3.5.

Berikut ini gambar cuplikan langkah-langkah disertai penjelasan, saat melakukan update wordpress secara otomatis.

Pesan Update di Dashboard Admin WordPress Gambar 1

Dengan mengikuti dahulu syarat penting saat Update WordPress versi terbaru secara Otomatis lewat server WordPress :

Backup Database WordPress (Gambar 1 No 2)

– Pastikan koneksi internet lumayan cepat serta setidaknya stabil. Koneksi bisa anda test dengan cara sederhana dengan klik Start > Run > ping telkom.net –t (telkom.net bisa diganti domain lain, seperti google.co.id ; yahoo.com dan yang lain. Anjuran, cari TTL tertinggi), dan tidak ada Request time out atau Destination host unreachable (kegagalan koneksi), contohnya seperti gambar berikut,

Koneksi Internet Stabil Test Ping

– Non-aktifkan sementara Plugin-plugin yang terinstall, terutama Plugin Chace seperti : W3 Total Cache, DB Cache Reloaded Fix, WP Super Cache dan yang sejenisnya (jika ada). Caranya, klik opsi Plugin di Dasboard > pilih plugin yang akan di non aktifkan > klik Deactivate sampai berubah jadi Active.

Non Aktifkan Plugin Chace

– Masih masuk di dashboard admin wordpress selfhosting  dengan user name-password, jika muncul pesan atau pemberitahuan untuk update, silahkan di klik Updates, lihat Gambar 1 No 1.

– Jika pesan yang keluar untuk pembaruan versi core wordpress (An updated version of WordPress is avallable), Klik tombol Update Now , lihat Gambar 1 No 3. Atau sekalian download juga package wordpress versi 3.5 melalui tombol Download 3.5 sebagai langkah preventif/alternatif (update manual), lihat Gambar 1 No 4.

– Jika lancar, proses akan berjalan beberapa detik untuk mengambil core wordpress terbaru dari server wordpress.

Proses Update Core di Dashboard Admin WordPress

– Tampilan keberhasilan atau sukses saat update versi wordpress, diikuti secara otomatis dengan munculnya tampilan pesan di dashboard sebagai pembuka seperti gambar berikut,

Tampilan Pesan Di Dashboard Admin WordPress Terbaru

– Setelah semua proses update selesai, Log out dahulu dari dashboard admin dan Reload Browser (1-2 kali) sampai Browser mengenali perubahan dari Core WordPress yang baru saja di upgrade. Kemudian Log in lagi untuk mengaktifkan kembali Plugin-plugin yang terinstall.

Kesimpulan

Upgrade WordPress atau Update WordPress versi terbaru memang hal mudah, selama anda mengikuti langkah-langkah dan syarat yang wajib anda mengerti dulu. Saya yakin dengan memahami perlakuan pada Database WordPress, Plugin serta memperhatikan kecepatan Internet, di kemudian hari Update WordPress versi terbaru akan terasa lebih cepat prosesnya karena tidak ragu dan takut lagi.

Semoga Berguna.

4.5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 5 comments… read them below or add one }

Jaenudin May 21, 2013 at 2:32 PM

Makasih pak ade atas infonya. sangat membantu nih

Reply

cahyono eko waluyo djati June 13, 2013 at 12:03 AM

terima kasih mas atas infonya

Reply

berita isl terbaru October 31, 2015 at 6:23 PM

wah kebetulan baru pertama kali mo update wp ni

Reply

Nely firmansyah September 7, 2017 at 1:37 PM

terima kasih banyak gan

Reply

Ade Setijo K November 4, 2017 at 1:04 PM

Sama-sama Dok…

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: