Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Toshiba Satellite L735 L740 L750 L755 | Win 7

by on 2013/04/24 · 47 comments

Mengaktifkan Bluetooth Laptop ToshibaSebenarnya cara install driver atau mengaktifkan perangkat Bluetooth di Laptop atau Notebook Toshiba (apalagi seri-seri terbaru) sangat mudah dan gampang. Dengan sedikit pengetahuan cara download serta cara install software pada Operating System Windows, saya yakin anda langsung bisa menikmati koneksi Laptop Tohiba dengan perangkat lain via Bluetooth tersebut.

Bagi anda yang belum mengerti dan memahami serta belum berhasil menginstall atau mengaktifkan Bluetooth di Laptop Toshiba, berikut akan saya berikan Tips disertai penjelasannya. Dan sebagai Eksperimen, Laptop yang saya gunakan adalah : Toshiba Satellite L745-1005UB dengan Spesifikasi singkat Hardware: Prosesor Intel Core i5 2410M 2.3Ghz, Memori 2GB DDR3, HDD 500GB, DVDRW, Wifi, Bluetooth, Display Intel HD, Camera, 14inch WXGA. Sistem Operasi atau OS menggunakan Win 7 Ultimate 32-bit versi 7600 Fresh Install.

Ide Dasar

Berawal dari banyaknya pertanyaan (FAQ-Frequently asked questions) yang diajukan seputar Bluetooth di Laptop-Notebook Toshiba (khususnya Seri Toshiba Satellite di atas) mulai dari :

  •  Apa Laptop ini ada Koneksi Bluetooth-nya?
  • Tombol Fn+F8  combo untuk Wireless Wifi-Bluetooth  sudah di On-kan (diaktifkan/enable), Bluetooth tidak bisa menyala!
  • Sudah install driver Bluetooth, tetapi  tetap tidak bisa Aktif?
  • Apa driver atau aplikasi untuk Bluetooth yang sudah diinstall keliru atau salah?
  • Apa OS atau Operating System tidak mendukung atau nggak support?
  • Dalam spesifikasi Hardware Laptop disebutkan Bluetooth include, tetapi tidak bisa digunakan?
  • Mengapa Bluetooth Error?
  • Muncul pesan Unknown Device tanda seru di Device Manager Wndows, padahal semua driver dari DVD Driver bawaan sudah terinstall…

Unknown Device Bluetooth Toshiba Win 7

  • Sampai kasus lain semacamnya, yang intinya Bluetooth Device Not Ready to Use.

Sebagai penjelasan umum, Pabrikan Toshiba mengklaim bahwa hampir semua jenis-versi Notebook atau Laptop Toshiba yang dengan tahun produksi 2001 sampai saat ini sudah dibenamkan perangkat Bluetooth ( Bluetooth Stack ) sebagai tambahan Koneksi Nirkabel. Sehingga dari banyaknya FAQ yang di atas dapat disimpulkan kalau tidak ada masalah diperangkat Bluetooth itu sendiri (kecuali secara Elektronis, Bluetooth Device tersebut Rusak!). Dan vonis bisa kita berikan pada Software Driver-Utilities ataupun Aplikasi yang ada!

Cara Yang Benar Install Driver Dan Utilities Bluetooth Laptop Toshiba

Berdasar FAQ dan Penjelasan serta Informasi Hardware sebagai acuan, simak dengan baik step by step Pengalaman saya saat melakukan instalasi Software driver utiliti Bluetooth berikut :

- Komponen terpenting yang dibutuhkan dalam proses instalasi Bluetooth ini sebenarnya cuma ada dua yaitu : Atheros Bluetooth Filter Driver dan Bluetooth Stack for Windows (Tooshiba Satellite L700 series seperti Satellite L735 L740 L750 L755 menggunakan chip Atheros, sedangkan L800 series seperti Satellite L830, L840 L840D L850 menggunakan chip Realtek untuk Bluetooth Filter Driver ). Software driver tersebut dapat anda temukan di DVD Driver bawaan laptop, atau anda bisa Download di link-link berikut ini :


Atheros Bluetooth Filter Driver Package v1.0.4 | Bluetooth Stack for Windows by Toshiba v8.00.04(T)

- Setelah anda berhasil download, langsung saja jalankan file self extract tersebut dengan terlebih dahulu : Pertama, Atheros Bluetooth Filter Driver yang di Install, biarkan proses ini selesai. Kedua, kemudian install Bluetooth Stack for Windows ( ingat jangan sampai terbalik proses installnya! ). Saat proses instalasi Bluetooth Stack sistem secara otomatis memanggil driver yang tadi telah terinstall (Bluetooth Filter Driver), biarkan proses sampai selesai. Ditandai munculnya hardware baru yang terinstall seperti : Bluetooth RFBUS, Bluetooth RFCOMM, Bluetooth RFHID, Bluetooth USB Controller,  dimana hardware-hardware tersebut merupakan komponen aktivasi dari Perangkat Bluetooth itu sendiri.

Installing Bluetooth Driver

- Akhiri dengan klik tombol Finish > lalu klik Yes untuk Restart System.

Restart System Bluetooth Stack

- Setelah masuk Windows lagi, jiika berhasil dan sukses anda akan mendapatkan tampilan Searching….di Desktop (cawang/centang Don’t show this windows next time > lalu klik Cancel) dan Icon Bluetooth di Taskbar > silahkan atur Setting-nya sesuai keinginan melalui klik kanan icon tersebut. 4gambar-bluetooth-setting.png Bluetooth Setting

Bluetooth Setting

- Proses selesai, Bluetooth Device sekarang sudah Aktif dan bisa anda gunakan sebagaimana mestinya. Dan untuk lebih memastikan Integrasinya, silahkan buka di Device Manager, Unknown Device bertanda seru sudah hilang dan komponen-komponen Bluetooth telah terinstall semua. 5gambar-komponen-bluetooth-di-device manager.png Komponen Bluetooth di Device Manager

Komponen Bluetooth di Device Manager

 Add-On

Untuk driver komplit support Win 7 anda bisa download di Driver Laptop Toshiba, dengan cara Pilih sendiri di masing-masing opsi Produk > Seri > Model > Operating System > Category. Jika anda pengguna Win 8 bisa memanfaatkan link  Toshiba Satellite L735 L740 L750 L755 Win 8 Drivers.

Kesimpulan

Mudah khan? Ternyata kesalahan pemahaman dan ketidaktahuan spesifikasi hardware sebuah perangkat seperti Laptop, menjadikan masalah yang bisa menyulitkan diri sendiri. Berdasarkan pengalaman saya, lebih baik dibaca dahulu dengan teliti dan benar, apa saja sebenarnya opsi-opsi yang ditawarkan oleh sebuah perangkat seperti Laptop-Notebook Toshiba di atas. Kemudian kenali dan pilih Driver yang sesuai dengan jenis atau versi Laptop!

Mudah-mudahan tips trik-tutorial cara menginstall dan mengaktifkan Bluetooth yang saya berikan, bisa diaplikasikan juga pada Laptop Merk lain seperti Acer, Asus, Dell, Lenovo, Hp bahkan sebuah Netbook.

Semoga Berguna.

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 47 comments… read them below or add one }

Leave a Comment

Previous post:

Next post: