Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Benar Di Mata Search Engine Google

by on 2013/02/01 · 15 comments

Good Article Ingin mengerti cara membuat artikel atau menulis postingan Blog yang baik dan benar serta berkualitas di mata search engine seperti Google? Berikut akan saya berikan tips-nya, disertai  contoh salah satu artikel terbaik saya yang sudah mendapat Rekomendasi dari Google sendiri, sebagai bukti pelengkap tentunya. Untuk itu, silahkan kamu simak dengan baik juga apa yang menjadi dasar pembuatan Artikel tersebut, sehingga mampu mendatangkan traffic dan respon yang luar biasa di Internet.

Ide Dasar

Harus dipahami dahulu, bahwa Konsekuensi punya blog mau nggak mau adalah untuk saling berbagi ilmu pengetahuan dan informasi, terserah itu berbentuk Tutorial, Tips Trik atau sekedar kabar terbaru yang lagi booming/ ngetren. Dan tentunya metode penyampaian semua itu lewat sebuah Artikel atau Postingan. Dengan dibuatnya sebuah Artikel, diharapkan terjadi komunikasi  sekaligus interaksi yang positif antara pemilik Blog dan visitor/ pengunjung Blog.

Di sisi lain. siapa yang nggak ingin memiliki artikel blog yang baik dan benar, serta berkualitas di mata visitor/pengunjung web, apalagi search engine seperti Google.  Terlebih,  Artikel atau postingan tersebut disukai serta banyak pengunjung-nya (ber-traffic tinggi). Dari wacana tersebut, salah satunya muncullah Kontes-Kontes SEO sebagai ajang menjajal kemampuan sejauh mana Kehandalan serta bertahannya posisi sebuah Artikel di list Search Engine. Tapi apa Search Engine memberi score tertentu atau memberi standard penilaian Kontes SEO tersebut?..Jawabnya TIDAK!

Setahu saya tidak ada standar khusus (pakem) cara menulis artikel yang benar (sebenarnya untuk apa dan siapa sih?)…Search Engine seperti Google, Yahoo, Bing dipandang dari sisi Tehnik SEO, secara umum lebih menyukai “Sebuah Artikel” jika mempunyai panjang atau jumlah kata berkisar 400-600 kata, bukan artikel copy paste/ kopas, content spamarticle spinningkeyword suffinglink farms atau semacamnya ( lihat spamdexing)…

Yaah, memang banyak syarat yang harus dipahami dan yang perlu dilakukan agar Artikel kamu bisa SEO! Tapi berdasarkan pengalaman-analisa saya sendiri, semua itu bukanlah syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk membuat sebuah artikel. Karena kita tahu kan Algoritma Search Engine selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu. Kesimpulan sementara bisa dikatakan Relatif bukan? Dan ini seringkali membuat rancu serta bikin ragu bagi rekan-rekan yang masih Newbie atau pemula di dunia Blogging, saat mau bikin Artikel?! Untuk itu memang diperlukan sebuah gambaran “Bentuk Artikel atau postingan yang bagaimana, yang bisa menjadi acuan jika ingin membuat Postingan yang baik dan benar saat Blogging“.

Start making Good Article, How to?

Jangan kuatir, kalau kamu memang NIAT Blogging (berbagi) dan serius di dunia Internet, terutama Bisnis Online dan Marketing, kamu bisa memulai dengan mempelajari Tips-tips dari beberapa Artikel saya berikut :

Tips-tips atau cara-cara di atas selalu menjadi pegangan saya selama ini , sebelum dan saat akan membuat sebuah postingan atau artikel. Dan bersyukur banget, karena metode yang saya terapkan di dalamnya, salah satu Artikel mendapat respon luar biasa dari Google Webmaster Tool melalui sebuah Warning-pesan singkat. Berikut cuplikannya :

Search results clicks for http://dotcomcell.com/kumpulan-artikel/2012/07/solusi-dan-cara-cepat-install-driver-laptop-pc-menggunakan-drp.html have increased significantly.

This message is not indicative of any problem in your site. It is simply to inform you that the number of clicks that one of your pages receives has increased recently. If you have just added new content, this may indicate that it has become more popular on Google. The number of clicks that your site receives from Google can change from day to day for a variety of factors, including automatic algorithm updates.

Check the Search Queries page in Webmaster Tools . If this page is becoming more popular, you may use that as an indication to develop similar content in the future .

Gambarnya sebagai berikut :

Warning Big Traffic Webmaster ToolKueri PenelusuranLaporan Google Analytics

Juga gambar tingkat kepopuleran artikel tersebut di histats.com :

Popular Page Di histats.com

Secara singkat pesan bisa diartikan sebagai berikut : Artikel anda mempunyai Traffic yang Tinggi, jika nantinya ingin membuat Artikel lagi, buatlah konten semacam itu. Cukup jelas khan?! Agar lebih jelas lagi silahkan kunjungi, teliti dan pelajari format penulisan dari artikel tersebut di link :



Cara Menggunakan DRP

Add-On

Konten serta kualitasnya bukanlah segala-galanya di mata search engine, untuk lebih mengenalkan serta mempopulerkan Artikel silahkan anda baca juga Rich Snippet Tanda Bintang dan Cara Pasang Foto Profil Google+. Selain sebagai Cara Meningkatkan Traffic Blog, juga sebagai upaya mempertahankan posisi artikel di hasil pencarian search engine-TOP TEN di SERP melalui Fenomena Eye Catching!

Kesimpulan

Perubahan Algoritma Search Engine terutama Google yang tidak dapat diprediksi kadang bikin juengkel! Kadang-kadang artikel yang kita buat sudah di-SEO setengah mati dan digadang-gadang masuk TOP TEN malah lenyap! …Lagi, ketambahan harus mencari artikel yang hilang!… Ya seperti itulah Algoritma Search Engine. Tapi setidaknya dengan apa yang telah saya sampaikan rekan-rekan punya Gambaran jelas, bagaimana sih sebenarnya menulis atau membuat artikel yang baik, benar dan berkualitas!

Jika anda punya artikel seperti milik saya, silahkan di share di sini, agar rekan blogger lain lebih banyak memiliki Alternatif yang bisa dibuat Acuan.

Semoga Berguna…

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 15 comments… read them below or add one }

OmGue.Com February 21, 2013 at 10:28 PM

Makasih banyak mas tipsnya, ini bener-bener sangat berguna bagi pemula seperti ane

Reply

Ade Setijo K February 22, 2013 at 6:59 AM

Ok Rino, lanjut, met ngeblog ya…

Reply

jempot2 mempawah March 15, 2013 at 11:10 PM

mantap artikelnya dan menjadi pelajaran berharga, patut untuk dipraktekkan. Saya harus lihat ulang posting saya nih, maunya bisa seperti contoh diatas.

Reply

Ade Setijo K March 16, 2013 at 2:35 AM

Sumberku juga dari internet. Referensi apapun bisa menjadi pokok ide…Aku cuman berusaha memberi yang terbaik buat semua. Thanks.

Reply

Dunia Internet June 19, 2013 at 8:49 AM

Thanks mas, ane balik lagi ni ke artikelnya mas, cos nemu ini terus sih 😀

Reply

Ade Setijo K June 20, 2013 at 4:07 AM

Hahaha…berarti kita ada jodo…lanjut. Txs.

Reply

seo sutopo November 16, 2013 at 9:35 AM

mkasih mas , bgaus juga ini tulisan artikelnya..
salam kenal mas..

Reply

Panji Wildan Ahadi December 2, 2013 at 6:37 PM

Mantep banget info nya jadi mau coba nih.

thanks banget yah infonya : )

Reply

Rinjani Tambora December 9, 2013 at 6:08 PM

Mantap bang ulasannya akan di coba di tulisan berikutnya di blog ane….

Reply

Aplikasi PC January 16, 2014 at 11:20 PM

Penjelasannya padat dan jelas, jadi mudah dipahami, saya suka dengan template blog ini.

Reply

Ade Setijo K January 22, 2014 at 2:06 AM

Terimakasih sob, atas kunjungan dan pujiannya.

Reply

itraining November 17, 2014 at 11:14 AM

Terimaksih buat informasinya , sangat membantu sekali

Reply

Rinjani Trek company January 30, 2015 at 11:27 PM

Terima kasih untuk informasinya tentang, Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Benar Di Mata Search Engine Google, sukses selalu

Reply

Toko Online June 15, 2015 at 4:32 PM

Emang ga mudah membuat artikel yang sesuai :)
Thanks mas buat sarannya :)

Reply

Contoh Surat April 10, 2016 at 10:52 PM

Wah, bisa diterapin di web saya ini mah. coba ah mungin aja nnti banyak trefiknya.

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: