Cara Menambah Author Link di Bawah Judul Postingan Tanpa Plugin

by on 2013/01/21. Updated 2013/01/30 · 11 comments

Author AdminYa, memasang Author Link atau Link Admin pada Blog sangat penting dan perlu. Selain sebagai salah satu  kelengkapan desain halaman postingan sebuah blog, Author Link turut menyatakan siapa sebenarnya pengarang dari  postingan atau Artikel dalam Blog tersebut.  Terlebih, saat ini search engine seperti Google, lagi gencar-gencarnya mengumumkan betapa pentingnya penggunaan Authorship (Hak Kepengarangan) pada Situs atau Blog.

Sayang-nya, dari pengalaman saya saat blogwalking, ternyata banyak rekan blogger yang tidak menampilkan nama Author di artikel-postingan blog mereka. Jadi, siapa author yang sebenarnya? Siluman, robot atau nn alias noname saja?! Bisa juga bawaan dari Theme WordPress yang tidak menyediakannya…Apapun itu, postingan kali ini akan saya berikan Tutorial singkat bagaimana Cara menambah Author Link di Blog WordPress, tanpa menggunakan Plugin WordPress. Untuk ikuti dahulu sedikit penjelasan mengenai apa dan siapa  Author pada Blog.

Apa Dan Siapa Author Blog itu?

Blog Author atau bisa diartikan pengarang artikel blog adalah seorang pembuat artikel serta mempunyai hak untuk mengelola, mengedit serta memplublikasikan-nya (publisher) . Pada posisi seperti ini seorang Author bisa disebut Administrator atau Admin (tentunya bukan WP-MU atau WordPress Multiuser khan?).

Database, blog, khususnya di sini Blog WordPress, secara default menggunakan nama Administrator Blog dengan kata “Admin“. Anda juga dengan mudah mengganti nama “Admin” tersebut dengan Nama Anda sendiri sebagai penegasan bahwa anda adalah Author dari blog tersebut. Lebih lengkap tentang cara mengganti Nama Author dan cara membuat Link-nya ada di penjelasan selanjutnya.

Cara Membuat Dan Menambahkan Author di Bawah Postingan

Setelah anda memahami tentang tentang siapa sebenarnya Author Blog, silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk memulai membuat sekaligus memasang-nya :

Mulailah dengan mengedit atau mengubah dahulu nama Admin di Dasboard Admin WordPress (harap diperhatikan, kita mengubah tulisan Admin, dan bukan Username Login!). Caranya Login  > Panel Dashboard > Users > Your Profil > Rename atau ganti First Name/Last name dengan Nama Asli anda (Rule Google menyarankan setidaknya ada 1-satu atau lebih kata yang sesuai dengan Nama Asli anda —> KTP, jangan menggunakan alias, nama lain atau nama samaran!). Setelah mengganti nama, silahkan simpan melalui Save. Pilih salah satu potongan dari nama Anda menurut selera pada Display name publicly as, lalu Save lagi untuk finishing-nya.

Mengganti Nama Author Admin

Masih di Dasboard Admin, klik Appearance > Editor > Sidebar Panel sebelah kanan cari file post.php dan post-single.php (di beberapa template theme, function ini menggunakan nama berbeda) yang penting cari kode <div>. Ini lebih mudah dilakukan jika anda download dahulu file-file tersebut di cPanel Hosting (jika menggunakan Selfhosting) via Filezilla dan edit menggunakan Notepad++. Atau sekalian menggunakan XAMPP  untuk mencobanya di Localhost.

 <div>             

            &nbsp; <span class=”date update”><?php echo get_the_date(); ?></span>

            &nbsp; <span class=”meta_categories”><?php the_category(‘, ‘); ?></span>

…</div>

Di Bawah Judul Postingan Belum Ada Author

Sisipkan kode berikut di function tersebut sebelum function get_the_dateby&nbsp;&nbsp;<span class=”author”><?php echo get_the_author(); ?></span>&nbsp; . Karakter Non-breaking space ( NBSP ) &nbsp; ini digunakan  untuk memberi spasi diantara text pada hasil tampilan. Anda juga bisa mengatur letak tampilan Author diantara fungsi-fungsi tersebut sesuai keinginan. Setelah anda benar cara memasangnya akan terlihat tampilan seperti berikut :


<div class=”postmeta-primary”>

by&nbsp;&nbsp;<span class=”author”><?php echo get_the_author(); ?></span>

&nbsp; <span class=”date update”><?php echo get_the_date(); ?></span>

            &nbsp; <span class=”meta_categories”><?php the_category(‘, ‘); ?></span>

…</div>

Simpan perubahan yang anda lakukan, kemudian Reload browser anda atau tekan F5 pada keyboard (coba juga di tiap halaman postingan atau single post).  Jika berhasil tampilan elemen postmeta di bawah postingan akan seperti gambar berikut :

Di Bawah Judul Postingan Sudah Ada Author

Menambahkan Link pada Author dan Koneksi  Profil G+

Sekarang anda sudah berhasil menambahkan author di bawah postingan blog. Untuk menambahkan Link (tautan) sehingga bisa di klik (diarahkan ke URL lain), anda  harus memodifikasi kode tersebut. Dan inilah inti dari artikel ini Author Link yang dimaksud! Tautan atau linking Author tersebut bisa tersebut bisa diarahkan ke halaman About-me, Kontak atau halaman yang lain di dalam blog anda sendiri. Tapi agar efektif dan lebih SEO, anda bisa mengarahkan ke Halaman Profil Google Plus (G+). Untuk itu, bisa anda copy paste-kan kode modifikasi berikut sebagai ganti kode sebelumnya. Gantilah Google+ Profile ID , text yang berwarna hijau dengan milik anda sendiri.

<div class=”postmeta-primary”>              

by&nbsp;&nbsp;<span class=”vcard author”><span><a href=”https://plus.google.com/ 116285896834598119654” rel=”author”  target=”_blank” style=”font-size: 12px; color:#000000; text-shadow: 0.5px 0.5px 2px rgba(255,255,255,0.6); text-decoration: none;”><?php echo get_the_author(); ?></a></span></span>&nbsp;

&nbsp; <span class=”date update”><?php echo get_the_date(); ?></span>

…</div>

Sebagai contoh hasil atau demo anda bisa mencoba langsung dengan klik Author Admin saya di bawah postingan di atas. Untuk contoh penerapan yang lebih pasti, silahkan mengunjungi web blog Gili Islands Paradise, yang menggunakan Nextpro Themes WordPress, theme gratis bikinan saya sendiri.

Add-on : Google Rich Snippets

Setelah anda berhasil menghubungkan antara Author Blog dan Profil Google+, silahkan mengatur Profil Google Plus agar terjadi umpan balik/ feedback diantara-nya (Blog dan Google). Agar lebih jelas, silahkan kunjungi artikel saya tentang Cara Menampilkan Foto Profil di SE Google dan Rich Snippets Tanda Bintang.

Kesimpulan

Sekarang anda sudah mempunyai dan menambahkan Author Link aktif di bawah Judul Postingan yang bukan sekedar hiasan untuk meramaikan desain blog, tapi mempunyai potensi serta berkarakter  SEO! Berarti semakin jelas saja fungsi dan kegunaan Author Link, selain agar visitor mengetahui siapa pengarang dari sebuah artikel, pengakuan search engine seperti Google juga diperlukan sebagai salah satu upaya kita memperkuat posisi Postingan Blog di daftar-list SERP, yaitu di TOP TEN!

Jika anda mempunyai masalah dalam pemasangan Author Link, silahkan share di komentar dengan menyebutkan Theme WordPress serta url blog anda.

Semoga Berguna

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 11 comments… read them below or add one }

Cak Em March 7, 2013 at 9:04 AM

Lah, Malah Punyaku tak hidden. Tampilin Lagi aja yah..

Reply

Ade Setijo K March 9, 2013 at 9:59 AM

Ojo di sembunyikan Cak…berguna banget lho. Beberapa klien website ku (terutama yg weblog) karena tidak menampilkan Author link (yg konek G+) dapat hadiah peringatan…terus ku pasang…skrg, AMAN deh!

Reply

Walter Pinem March 27, 2013 at 2:24 AM

mas, tips ini bisa juga dipake untuk menambahkan kolom iklan di bawah postingan ga? Maksudnya penempatan kode yang mas kasih trus dimanfaatkan untuk menambahkan iklan

Reply

Ade Setijo K March 27, 2013 at 10:02 AM

Bisa saja, ganti ajha semua kode yang ada di dalam div dengan skrip iklan/ads kamu…

Reply

muklis May 8, 2013 at 8:07 AM

mas kok punyak ku gambar nya gak keluar mas, cuman nama sama deskripsi nya aja yang keluar, kenapa ya ??? foto yg tampil itu pake google plus apa yang di email mas ???

Reply

Ade Setijo K May 9, 2013 at 1:05 PM

Foto di email dan foto profil G+ sama. Kalau yang dimaksud nggak keluar di list SE, berarti kmgkinan masih direview sama si mbah. Untuk test nantinya bisa keluar atau nggak gunakan Rich Snippets Tool.

Reply

internetpositif.com May 19, 2013 at 10:54 PM

mas..saya mau tanya theme yang saya pakai kan udah ada author dan date post di bawah judul…klo blog mas kan apabila kita klik nama authornya (by ADE SETIJO K) langsung nge link ke G+, nah blog saya juga mau saya alihkan link author nya yang awal nya linknya mengaraha ke http://internetpositif.com/author/internetpositif/, gmna caranya mas….trim’s

Reply

Ade Setijo K May 19, 2013 at 11:36 PM

Halo Kaka, kamu pakai theme publisher khan? tuh penerapannya sama dengan cara yang aku berikan di atas….lebih baik gunakan WP-Offline untuk coba-coba…baca lagi ya.

Reply

ikram July 25, 2013 at 6:49 AM

Gan, template ane nggak aada file author.php gimana nih ?

Reply

Ade Setijo K July 25, 2013 at 7:47 PM

Pakai theme apa Ikram?

Reply

Chord kunci gitar December 21, 2016 at 11:06 AM

terima kasih

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: