4 Tips Penting Untuk Membangun Blog Sukses

by on 2012/10/29 · 6 comments

Blog SuksesMembangun sebuah blog sukses merupakan sebuah impian bagi rekan-rekan blogger selama ini. Karena dengan memiliki sebuah blog yang sukses, apapun bisa segera diwujudkan melalui blog tersebut. Mungkin untuk kepopuleran semata, indeksasi search engine bahkan sampai penghasilan ribuan dolar sebulan, bukan hal yang sulit untuk diperoleh. Tertarik? Oke, mulai sekarang miliki niat dan keseriusan dalam merawat blog serta jangan pakai slogan “Blog gawe duwen-duwen!”. Cara membuat atau membuat blog sukses tidaklah mudah, untuk itu pahami uraian berikut sebagai wacana-nya.

Ide Dasar – Apa itu Blog Sukses?

Seperti halnya kita menilai wajah seseorang, mereka Cantik atau Ganteng, itu relatif juga untuk beberapa orang. Begitu juga penilaian untuk sebuah blog, desain template atau themes yang bagus serta elegan serta mudah dinavigasi menu-menunya belum tentu akan dipandang bagus bagi sebagian visitor. Mungkin karena kualitas konten artikelnya mereka anggap ‘kosong melompong’ alias nggak nggigit sama sekali. Tapi, pemilik blog bersangkutan rupanya sudah dan CUKUP PUAS dengan apa yang ada…Arkhirnya kembali ke ‘Ini blog-blog gue, mau gue inikan itukan, mau gue apain terserah gue deh!’. Jelas nampak, bahwa ada perbedaan cara pandang antara pemilik blog dan visitor blog …wajar, jadi relatif atau nggak mesti!

Kalau anda pernah membaca dan mau memahami artikel saya tentang Filosofi Merawat Blog serta Konsekuensi Logis Menulis Artikel Blog, disana jelas bahwa membangun blog konsekuensi-nya berbagi atau sharing. Berbagi yang dimaksud adalah berbagi Informasi, berbagi ilmu-lah apapun itu…Karena informasi diberikan untuk orang lain, setidaknya harus yang terbaik buat mereka (red: visitor). Sehingga mengesankan blog anda Ikhlas untuk berbagi dan sukses bisa menyenangkan orang lain.

Sering saya blogwalking di blog-blog expat yang sukses (beberapa termasuk blog lokal milik anak negeri), menurut saya yang menjadikan mereka sukses juga bermacam-macam. Salah satu dan terpenting adalah kualitas informasi yang diberikan. Mereka terkesan memang mengandalkan itu sebagai power of blog, disamping juga menawarkan jasa (bisa SEO, Web Design), produk (Plugin, Themes), Google Adsense, Ads Referral, Affiliate, beberapa produk gratis dan ekternal link terkait. Semua ditata dan diracik dalam sebuah desain blog yang apik , sehingga nampak lebih profesional, dipercaya dan meyakinkan. Yang pasti, mereka benar-benar memahami bagaimana cara menyenangkan dan bikin betah pengunjung blog. Yach…bisa anda bayangkan sendiri, kira-kira apa saja yang bisa mereka hasilkan dari blog seperti itu.

Menurut saya, secara singkat arti dari sebuah Blog Sukses adalah

Blog yang secara sadar memberikan Informasi yang terbaik, berguna, disukai oleh semua pengunjung blog serta menghasilkan keuntungan tertentu bagi Pemilik Blog itu sendiri.

4 Tips Membangun Blog Sukses


Ada 4 Tips penting  yang patut diperhatikan saat ini, dan merupakan faktor, syarat, kriteria yang berpengaruh bagi kesuksesan membangun sebuah Blog di Internet , yaitu : Google PageRank, fokus Target marketing, Monetizing dan menaikkan peringkat Alexa Rank , berikut detail uraiannya :

1. Google PageRank

-Google PageRank atau biasa disingkat Google PR, adalah sebuah metrik yang digunakan untuk mengukur sampai dimana kualitas konten dari sebuah Blog dibandingkan blog atau situs yang lain, lebih berguna atau tidak…Skala Google PageRank dihitung 1-10. Sebenarnya dengan memahami ini saja, anda akan menyadari betapa pentingnya membuat artikel blog yang benar. Karena kita tahu Google adalah situs  pencarian terbesar dimana hampir semua viistor mendapatkan artikel blog kita dari sana. Merupakan hal yang wajar sekaligus wajib, jika kita wajib menuruti rule-algoritma Google.

2. Target Marketing

Jika anda pelaku bisnis online, yaitu menggunakan blog sebagai tempat jualan jasa atau produk barang, slogan “Asal Cepat Laku” (red : jawa pokok e cepet payu) adalah fokus utama. Untuk meningkatkan Target Marketing, salah satu cara yang dapat dilakukan dengan mendaftar ke situs-situs direktori yang ada. Dijamin promosi jasa atau produk anda akan segera tercapai. Tapi ingat, anda tetap harus mengerti Apa itu SEO  (baik SEO On Page maupun SEO Off Page).

3. Monetizing

Tema Monetizing Blog mulai dulu sangatlah di-gandrungi para blogger sampai detik ini. Mencari dolar lewat internet adalah moto wajib. Banner iklan dari situs Ads, Affiliate Program untuk cari duit sebagai andalan utama. Dalam kriteria ini diharapkan Pemilik Blog sudah mengerti tentang cara menjadi Publisher yang benar dalam penempatan iklan dalam struktur desain Blog dan tidak berlebihan. Yang penting visitor tidak bilang “Mana ya Posting Artikel-nya?”.

4. Alexa Rank

Sangat Fenomenal. Kadang saya sendiri masih berpikir, sebegitu pentingkah peringkat di Alexa atau Alexa Rank?…Jika di lain sisi Target Marketing dan Monetizing sudah mencapai nilai yang diharapkan! Kebanggaan dan percaya diri saja rasanya yang ada untuk ajang pamer rangking semata. Memanfaatkan Alexa Info untuk Optimasi Keyword guna Konversi Marketing, rasanya lebih layak untuk di pikirkan, dari pada sibuk nge-bost atau genjot sana-sini sebagai Cara Menaikkan Alexa Rank… Ada yang setuju?

Add-On Google EMD

Google EMDExact Match Domain adalah algoritma Google yang terbaru/update dimana penekanannya pada pemilihan domain yang cocok dengan isi/content . Intinya konten artikel harus berkualitas. Misalnya, jika domain yang dipilih resepmasakan.com, ya setidaknya juga membahas tentang resep-resep masakan. Yang penting masih ada korelasi antara nama domain dan keyword-keyword dalam artikel. Untuk itu usahakan lebih memahami algoritma terbaru dari search engine, agar bisa mengantisipasi dampak yang mungkin terjadi pada Blog Anda.

Kesimpulan

Memang tidak mudah untuk membuat blog menjadi cepat sukses, sementara sekarang visitor sudah makin pinter dan cerdas. Apalagi banyak faktor-faktor yang perlu diperhatikan, dibutuhkan banyak sekali cara dan pemahaman tentang Dunia Blogging serta aturan-aturan ber-Internet yang ada. Ketekunan berlatih mengamati dan menganalisa hal-hal baru tentang blogging juga sangat dibutuhkan. Sebenarnya juga banyak faktor-tips lain di luar sana, tapi setidaknya untuk saat ini yang terpenting pahami tema Blog anda tentang apa, optimasikan untuk kepentingan anda dahulu!… Keep Focus, Go Blogging and Automatically will be successful.

Semoga Bermanfaat.

4 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 6 comments… read them below or add one }

RudhiMaya October 31, 2012 at 4:30 PM

Super sekali Pak Ade artikelnya,saya sangat antusias dengan beberapa point diatas bahkan menjadi pembelajaran utama bagi saya,

Reply

Ade Setijo K October 31, 2012 at 5:32 PM

Ok thanks banget antusiasnya Pak/mas Rudi…Saya sendiri juga masih tetep belajar nganalisa perkembangan2 baru yang “selalu berubah” itu. Ya itulah cara saya share tentang apa yang sudah saya peroleh selama ini. Semua yang saya sampaikan adalah sekedar wacana dan dari kenyataan. Dan yang perlu dimaklumi adalah cara pandang tiap orang memang beda. Tapi menemukan sesuatu yang baru dan layak kemudian dipelajari adalah suatu kemajuan tersendiri…Bravo salam sukses Bisnis Websitenya…

Reply

kredit November 8, 2012 at 7:53 AM

saya baru dapat “hadiah” pr 1 dari mbah google, gimana caranya jadi pr 2,3 dan seterusnya, mungking bisa dishare cara mempertahankan pr dan meningkatkannya … thanks

Reply

Ade Setijo K November 10, 2012 at 9:25 AM

Yang terpenting untuk sebuah sebuah Artikel adalah antara judul,deskripsi serta keyword-keyword di dalam konten, mempunyai korelasi yang baik. Dan kurangi eksternal link agar di mata si mbah artikel-mu nampak Ori! Logis khan…

Reply

muhammad suprayudi November 11, 2012 at 7:04 AM

salam kenal,untuk point 4 saya setuju2 saja cuma kalau untuk marketing sepertinya tidak ada batasan untuk meraih nilai alias kurang terus,trims.

Reply

Ade Setijo K November 11, 2012 at 5:53 PM

Seperti ke-3 point yang lain, bebas ajha deh kalo nentukan karakter blog. Saya punya contoh blog anak negeri (dirawat dah 2 tahunan lebih) yang sudah ratusan dollar omzet-nya perbulan! Tapi Alexa Rank-nya masih 2jutaan lebih. Dia cukup puas dengan itu…Relatif juga.

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: