Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog Website Hari Sabtu Malam Minggu

by on 2012/09/15. Updated 2012/09/30 · 18 comments

Grafik Traffic BlogMenaikkan trafik blog atau meningkatkan jumlah pengunjung pada Blog atau Website adalah hal yang wajib dilakukan pada sebuah blog atau website. Tujuannya adalah agar Blog kita bisa mempunyai posisi bagus terutama untuk Alexa Rank, dan yang kedua secara tidak langsung untuk menaikkan Google PageRank. Di lain sisi, untuk mempertahan posisi Ranking Blog kita, dibutuhkan juga kondisi traffic pengunjung yang tentunya stabil juga. Dari data satistik yang saya peroleh dari Blog saya sendiri dan beberapa blog teman, ternyata pada hari Sabtu dan Minggu jumlah pengunjung mengalami penurunan yang drastis. Well, dari sini-lah kita berusaha menghindari resiko sekecil apapun bagaimana situs-situs site meter tersebut mengevaluasi Blog atau Website kita. Untuk itu jika ingin mengetahui apa penyebab dan tips trik cara mengatasinya, ikuti dahulu pembahasan berikut.

Ide Dasar

Saking asyiknya atau hanya ber-Konsentrasi pada SEO On Page yang di dalamnya termasuk kualitas Konten Artikel dan memodifikasi desain blog, sering membuat  kita lupa memperhatikan sejauh mana  kondisi Traffic Pengunjung yang menuju blog kita sendiri selama ini. Meskipun pada blog atau situs kita sudah ada Widget seperti Histats ataupun Feedjit untuk mengetahui berapa jumlah visitor yang masuk ke blog kita, paling-paling fokus kita cuman “Berapa sih orang yang berkunjung hari ini?” atau “Berapa sih visitor yang sedang Online saat ini?”. Itupun hanya dengan melihat perubahan tampilan di Widget Meter Blog kita, bukan dari Main Site-nya. Sedang Informasi Global atau keseluruhan yang lebih penting jarang diperhatikan. Berikut, tampilan grafik statistik harian Blog Site saya di histats.com selama kurun waktu beberapa minggu di bulan Agustus 2012.

Traffic Blog Turun

Dari gambar grafik statistik di atas terlihat hari minggu tanggal 5 Agustus, 12 Agustus dan 19 Agustus ( bertepatan dengan hari Raya Idulfitri-Lebaran 1 Syawal 1433 Hijriyah) jumlah pengunjung blog mengalami penurunan besar-besaran. Untuk itu diperlukan upaya-upaya bagaimana cara-nya meningkatkan jumlah pengunjung blog, agar  traffic blog lebih stabil (setidaknya konstan).

Cara Menaikkan Traffic Blog

Dengan berasumsi bahwa Target Audien Blog atau situs web kita adalah :

  •  Para karyawan kantor atau instansi yang  Jumat sore-malam mereka pulang kampung, kesempatan ber-internet gratis di kantor sementara berhenti di hari Sabtu dan Minggu yang libur.
  • Sekolahan atau kampus  yang pada hari Minggu juga libur. Anak sekolah/pelajar atau mahasiswa biasanya memanfaatkan jaringan Wifi Hospot setempat untuk mengakses Internet secara gratis di hari-hari biasa. Hari Minggu mereka libur apalagi saat Hari Libur Sekolah.
  • Pemudik, saat Hari Libur Nasional, Cuti Bersama, Hari Libur Keagamaan (khususnya Idulfitri) otomatis semua orang sibuk untuk menyiapkan sesuatu yang berhubungan dengan Lebaran, banyak pekerja atau karyawan di kota besar mudik, sekolah libur, instansi libur. Saat itu kurang lebih 65% orang akan melupakan Internet untuk sementara.

Beberapa tips trik yang dapat dilakukan dan ini termasuk SEO Off Page Blog-Situs :

  • Saat hari Sabtu Malam Minggu sampai pagi, banyak remaja ABG sampai orang dewasa lebih banyak menggunakan Internet untuk Chatting-Ngobrol (contohnya Facebook-an). Pada kesempatan itu manfaatkan juga  untuk  Update Status di semua jejaring sosial atau social network yang lain seperti Google+, Twitter dan yang lainnya dengan memasang Link artikel atau postingan. Anda bisa menggunakan Artikel yang baru (Recent Post) ataupun Artikel-postingan lama (anggap saja Re-publish). Caranya dengan copy paste link postingan/artikel anda dari Address bar browser ke kolom Link yang disediakan Social Network. Cara ini optimal jika bagi mereka yang sudah memiliki banyak jalinan pertemanan di masing-masing social network tersebut. Untuk Google+, lihat cara cepat memperbanyak teman di lingkaran.

Update Status Facebook

Menambah Tautan Google+

Update Status Twitter

    • Backup Alamat Email masuk dari visitor-pegunjung yang berkomentar di Blog anda. Terserah bagaimana anda mendapatkan-nya. Kirim link URL postingan blog ke semua alamat email yang diperoleh.


  • Gunakan Traffic Exchange untuk mendongkrak traffic pengunjung seperti  EasyHits4U -luar negeri dan  AutoTrafik –Indonesia.  Selain mendapatkan pertukaran kunjungan blog dengan klik Start Surfing, anda-pun bisa mengirim pesan berupa link artikel lewat opsi My massage.

EasyHits4U Messages

Berikut gambar grafik hasil yang dapat diperoleh setelah meng-aplikasikan  tips trik yang ada, secara umum terlihat kenaikan jumlah kunjungan harian, kemudian puncak-nya tanggal 9 September 2012 mengalami peningkatan kunjungan yang luar biasa.

Traffic Blog Naik

Trik Add On atau Tambahan

Sebenarnya ada beberapa cara mendatangkan pengunjung blog-situs dalam waktu singkat, tapi kurang saya rekomendasikan (Mengapa? Silahkan dicari sendiri alasannya), diantaranya :

  • Membuka semua postingan kita sendiri dengan menggunakan software seperti Auto Hide IP, Easy-Hide-IP,  Hide IP Platinum dan lain-lain.
  • Cara yang agak nakal, bila dimungkinkan hubungi semua kenalan atau teman sejawat lewat Handphone dan media komunikasi lain untuk mengunjungi blog kita saat itu.
  • Menggunakan software atau skrip kode semacam Traffic Booster atau Auto Mass Traffic Generation Software.

Kesimpulan

Natural Traffic Pengunjung sebenarnya adalah hal terpenting di mata search engine ataupun situs site meter untuk mengevaluasi kualitas dan kekuatan  sebuah blog atau situs. Tips trik Cara Menaikkan Traffic Pengunjung Blog Website di atas juga merupakan salah satu upaya kita, bagaimana mempertahankan kualitas tersebut. Abaikan cara-cara yang tidak berguna atau curang, silahkan dicoba  yang terbaik menurut anda dan nikmati hasil nyatanya.

Semoga Berhasil.

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 17 comments… read them below or add one }

Oka October 17, 2012 at 10:58 PM

Thanks artikelnya menarik perlu di terapkan nih ,,,

Reply

Tetuko J Pamungkas October 26, 2012 at 10:30 PM

Sharenya Ok banget Dot…. hehehe…tak praktekne yo…

Reply

Ade Setijo K October 26, 2012 at 11:14 PM

Silahkan browww…

Reply

Kompi Ajaib October 27, 2012 at 8:19 AM

Trik menarik dan masuk diakal gan…makasih sharingnya…

Reply

Ade Setijo K October 27, 2012 at 9:35 AM

Ok, sama2 bro…Keep to Logic. Salam blogging.

Reply

Sri Redjeki November 4, 2012 at 4:56 PM

Terimakasih info”nya dab…saya pemula sekali, blog msh hanya sbg curahan hati saja…gaptek lagi… andai ada yg bisa bantu menata blog saya… 😀

Reply

Roman November 12, 2012 at 1:30 AM

Mantabz gan… siap di apply ilmunya. thx

Reply

deni a December 16, 2012 at 7:26 PM

analisa yang bagus kang, tambah masukan baru untuk mengetahui pengunjung blog

Reply

Berita Liga February 22, 2013 at 4:45 PM

Mantap Sob
Nice Share
Thx

Reply

Cari Tahu March 22, 2013 at 1:55 PM

Mw coba. thx bwt infonya

Reply

murah mebel December 12, 2013 at 1:42 AM

terima kasih informasinya gan,,, semoga bisa bermanfaat

Reply

Mebel Harga Murah December 31, 2013 at 3:04 AM

sip. manfaat.

Reply

jadwal bola December 9, 2014 at 3:09 PM

bisa juga .. dan sangat masuk akal. ane mau cbain dulu.. maksih info nya gan

Reply

Sepatu Nike Murah January 30, 2015 at 11:07 AM

Waooo, artikelnya mantap gan langsung saya praktekkan semoga bermamfaat terimakasih banyak salam sukses selalu buat agan.

Reply

Dhian March 17, 2015 at 2:01 AM

Malam mas. mau tanya, apakah aman untuk web dari banned adsense tips dr masnya??, mengingat emang penting sih histats. emmm,…akan saya coba deh.. thanks ya…

Reply

erik May 19, 2015 at 11:23 AM

thanks infonya gan :)

Reply

karimunjawa November 11, 2015 at 5:25 AM

wah mantap bro. makasih bnyak ya

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: