Cara Menampilkan Jumlah Teman Dalam Lingkaran Google+ di Search Engine

by on 2012/09/08. Updated 2013/02/21 · 30 comments

Gambar Jumlah Teman di Lingkaran Google+ SEUntuk menampilkan  berapa banyak jumlah teman atau kenalan dalam lingkaran di Google+  atau Google Plus Circles yang menyertai Rich Snippets Authorship di daftar hasil pencarian search engine Google ternyata tidak seperti cara memasang dan menampilkan Foto Profil Google Plus dan Rich Snippet Tanda Bintang (gambar di atas). Selain adanya syarat minimal jumlah teman dalam lingkaran yang wajib kita miliki, juga adanya kebijakan tentang Kekuatan konten artikel blog kita (red: keyword) dalam Search Engine itu sendiri.

Ide Dasar

Cara kerja jalinan pertemanan di Google+ mirip dengan social network yang lain, contohnya seperti Facebook. Singkat-nya, saat kita menambahkan seseorang untuk dijadikan teman, kita masih harus menunggu persetujuan dari mereka!  Inilah yang menjadi masalah utama untuk Google plus, jumlah teman/kenalan yang kita miliki, sangatlah menentukan kapan ditampilkannya di daftar hasil pencarian Google itu sendiri. Di lain sisi tidak semua orang yang kita tambahkan,…MAU! menambahkan kita ke lingkaran mereka…Berlagak tidak tahu, memang tidak mengerti, mengabaikan atau dasar PELIT!

Jumlah Orang-Teman di Lingkaran Google+

Gambar ilustrasi di atas membuktikan, angka 3.782 adalah jumlah teman atau kenalan yang telah saya masukkan ke lingkaran, sedangkan angka 402 adalah jumlah mereka yang dengan ikhlas menambahkan saya di lingkaran Google plus-nya!

Cara memperbanyak teman dalam lingkaran Google+

Dari hasil percobaan dan analisa yang saya terapkan selama ini, jumlah minimal teman dalam lingkaran  atau circle google+ kita harus  > 50 (lebih besar dari limapuluh) orang untuk bisa ditampilkan di search engine Google. Berbeda dengan aturan beberapa waktu yang lalu, yang sebelumnya yang harus  minimal 1000 orang, >500 dan >100 orang (An In-depth Analysis of Authorship, Google+ and Snippets).

Dalam 51 Lingkaran Google+

Berdasar ketentuan tersebut dan target utama kita adalah banyaknya teman, beberapa tips trik berikut akan membantu anda menambah dan memperbanyak jumlah jalinan teman di lingkaran Google+ anda :

  • Dengan memasang Plugin Google+ Circles  Badge di sidebar ataupun before-after content artikel . Ini bisa diaplikasikan pada blog Blogspot, WordPress (bisa memakai Plugin Google Plus Badge atau Google+ Page Badge), Joomla bahkan situs statis. Yang penting, letakkan Badge di tempat yang strategis  pada struktur desain blog/situs , agar mudah dilihat pengunjung blog.

  • Mempromosikan dengan publikasi Profil Google+ kita lewat akun Social Media/Social Network yang lain seperti Facebook, Twitter, Friendster dan lain-lain. Caranya cukup mudah, dapatkan ID Profil Google Plus seperti ini : https://plus.google.com/116285896834598119654 dari Address Bar Browser saat Login , kemudian letakkan Url Link tersebut di form social network yang telah disediakan.
Publikasi Google+ Social Network
  • Force Metode, dengan cara menambahkan teman sebanyak-banyaknya sesuai keinginan saat kita Login dalam akun Google+ (Spekulasi). Bisa dari kolom pencarian Google+ ataupun menambahkan teman dari teman. Tapi, harap diketahui Google+ mempunyai circle limit, yaitu batasan jumlah maksimal teman yang dapat ditambahkan dalam 1 (satu) hari-nya. Tunggu satu hari, dan lihatlah pada akun Gmail atau Google+ ada Notifikasi penambahan teman di lingkaran atau tidak.
Pencarian Google+
Tambahkan Teman
  • Aktif di akun Google+ dalam komentar, update status dengan upload video-gambar-foto (streaming-aliran) serta update status blog anda lewat link URL. Dengan komentar dan  update status tersebut dimungkinkan pengguna Google+ lain akan tertarik menambahkan anda dalam lingkarannya.
  • Ganti foto profil dengan foto diri yang menarik.  Banyak diantara pengguna Google+ menggunakan foto profil yang bukan asli identitas diri. Tujuannya hanya agar segera dapat teman sebanyak-banyaknya, kemudian pada jumlah tertentu akan diganti foto asli. Ini tidak saya anjurkan, termasuk sering gonta-ganti foto profil, karena Google akan memberi  evaluasi setiap aktivitas kita di Google+ Page. Juga sebagai tindakan preventif jika suatu saat Google mengeluarkan larangan keras untuk mengatasi masalah ini.

Otomatis Ditampilkan Dan Kekuatan Konten Blog

Kalau anda sudah mempunyai jalinan teman sebanyak yang diharapkan, jaminan-nya 80% bahwa jumlah lingkaran akan otomatis ditampilkan di daftar hasil pencarian. Sedangkan 20% -nya resiko tidak tampilnya angka tersebut,  karena dipastikan pengunjung mendapatkan Artikel Blog/postingan anda dari keyword-keyword yang  kurang ‘Beruntung”. Memang dibutuhkan tehnik khusus bagaimana cara menembak keyword dan optimalisasi keyword saat anda membuat sebuah artikel atau postingan, agar menghasilkan korelasi yang kuat antara apa yang  dicari pengunjung, dengan konten artikel Blog kita ( SEO On Page ).

Kesimpulan

Tidak logis-lah jika di lingkaran Google+ cuman ada 1 kenalan/teman serta tidak pernah melakukan aktivitas sama sekali akhirnya snippets-nya tampil dihasil pencarian Google, bersanding dengan tampilnya Foto Profil Google Plus dan Rich Snippet Tanda Bintang. Dengan tampilnya jumlah teman/kenalan dalam Rich Snippets Authorship  di search google, orang tambah lebih penasaran dan tertarik untuk mengunjungi blog kita, karena mempunyai nilai lebih.

Yang pasti, Google+ memberi solusi yang luar biasa agar kita bisa lebih leluasa melakukan promosi  produk ( baik barang, jasa, bahkan blog/situs kita sendiri) didukung kemampuannya yang sudah Full Multimedia. Go Trik Internet Marketing-Bisnis Online!

Kalau ingin mencoba menggunakan Google+ dan jika anda seseorang yang tidak pelit menambahkan teman/kenalan, silahkan mulailah dengan menambahkan saya ke lingkaran anda melalui Google+.

Terimakasih. Semoga Artikel ini berguna.

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 30 comments… read them below or add one }

Faisal Rachmadin September 28, 2012 at 6:46 PM

Oh pantesan punya gak muncul-muncul mas, saya kira ada yang salah dengan script yang saya pasang, gak taunya memang ada batas minimal teman di akun Google+ kita supaya bisa tampil di Rich Snippets. Terima kasih mas saya jadi tahu ini. Kalau begitu, saya tambahin ya mas akun Google+ mas Ade di akun Google+ saya :)

Reply

Ade Setijo K September 29, 2012 at 1:14 AM

Ya, malah update terbaru dari Google kemarin syarat minimum-nya di dalam 50 lingkaran teman (bukan >50). Thanks sudah menambahkan saya (anda juga sudah saya tambahkan di lingkaran kok) dan kunjungan balik-nya.

Reply

Waisy Al Qorni December 27, 2013 at 6:54 AM

mas, aku mau tanya …….. kan pengikutku uda lebih dari 2 nah kok di pemebritahuannya cuma tertulis 2 mas ?

Reply

Ade Setijo K December 30, 2013 at 10:24 PM

Biasanya nggak langsung tertulis 2 hari itu, kemungkinan database di server google masih counting, nunggu proses! Coba cek besok atau lusa , ada perubahan nggak. Kalo seminggu masih tetep 2, berarti ada opsi tertentu yang belum diaktifkan. Tapi secara default no problem sih untuk penambahan jumlah teman/pengikut.

Reply

Blogger Nusantara September 28, 2012 at 9:54 PM

owh gitu.. mangkanya koq gak mncul2 ya.. ternyata ada syarat.. Qrain nambah kode.. ok, makasi.. 😉

Reply

Ade Setijo K September 29, 2012 at 1:17 AM

Ok sama-sama thxs, maka dari itu segera saja bikin akun di Google+ dan tambah teman sebanyak-banyaknya.

Reply

Hendra Hacc November 13, 2012 at 10:54 PM

Saya sudah menambahkan anda di circle saya. Mohon di folback. Tks.

Reply

hienzo November 20, 2012 at 10:01 AM

akan saya coba terapkan tips diatas..
good job mas !!

Reply

Ade Setijo K November 20, 2012 at 5:56 PM

Ok, ini cara-nya mudah kok, pasti berhasil…thanks.

Reply

blog bisnis online November 29, 2012 at 10:52 PM

Saya sudah tau ada batasan minimal cuma tidak tahu diangka berapa, sekarang jadi tahu…50 ya.. saya sudah tambahkan di circle, mohon di add balik jika berkenan. thanks.

Reply

Ade Setijo K November 30, 2012 at 9:34 AM

Ok bro sabar ya, nanti pasti akan aku approve. Sekarang masih ngurangi fren2 yang nggak begitu aktif (jarang uppdate), sebab kenalan-ku sudah full, 5000 butir…hehehhe.

Reply

Azwar Suaib December 27, 2012 at 9:10 AM

akhirnya.. dapat juga informasi menarik. thanks :)

Reply

Ade Setijo K December 27, 2012 at 1:58 PM

Malah kemarin aku lihat ada yang cuman punya 30-an teman sudah bisa ditampilkan…Google update terus…hehehe.

Reply

eko January 12, 2013 at 1:05 AM

makasih mas,,,, bermanfaat sekali

Reply

hengki kristianto January 21, 2013 at 9:40 AM

betul sekali mas, memang kebanyakan agak sulit menambahkan kita ke dalam lingkarannya, mungkin takut minta jatah kali .. he he

Reply

Ade Setijo K January 21, 2013 at 9:20 PM

80% seperti itu bro, yang 20% saja kebanyakan nambah teman (5000 >), jadi teman yang add kita harus nunggu kita blokir teman-teman lain yang nggak terlalu aktif atau kadang di kasik tanda seru sama si mbah!(hapus teman tertentu, biar teman lain bisa masuk di lingkaran)…hehehe

Reply

liandharaa February 3, 2013 at 7:34 AM

Mantap sekali ulasannya,sangat mendalam,dan menginpirasi saya untuk menjalin pertemanan yang lebih luas lagi,

oh yah,g+nya dah aku tambahkan,dan blognya dah aku follow.
followback yah.

Reply

Ade Setijo K February 4, 2013 at 12:05 AM

Makasih atas support-nya, mudah2an aku bisa secepatnya add balik kamu di lingkaran-ku, cz antriiii msh bejubel hihihi,hehehe.

Reply

Muhammad Husin Nafarin February 8, 2013 at 1:57 PM

mantap nih artikelnya, jangan lupa tambahkan google plus saya ke lingkaran gan ! Thanks ya..

Reply

Melilea Organic September 16, 2013 at 9:16 PM

Mas Ade.. MAs Ade kan pinter Blogging .. Ikut bisnis real Melilea doong.. terus Mas Onlinein deh.. Insya Allah laku dee
karena pangsa pasar organik teramat luas di indonesia.. dan produknya joss banget

Reply

Ade Setijo K September 20, 2013 at 1:51 AM

Gitu ya…ok deh aku pelajari dulu sistemnya…kalo cocok, hajar deh.

Reply

Heriyanto Saputra Mandala October 19, 2013 at 11:02 PM

wah ulasan yang sangat menarik mas. mantap , update terbaru mas sekarang kayaknya batasnya 20 lingkaran mas untuk ditampilkan di search enginge google, soalnya saya baru dapat followers yg ke-20, langsung tampil di google jumah lingkaran saya mas

sukses selalu mas, di tunggu follbacknya , terima kasih

Reply

Ade Setijo K October 21, 2013 at 7:29 AM

Okey Her…txs update infonya…yg jelas tiap hari/minggu/bulan…kebijakan Google sering gak bisa diprediksi…setidaknya Google menilai aktifitas n kontribusi kita di G+…Peace…

Reply

arif hidayat November 22, 2013 at 10:34 AM

ternyata, anggapan saya salah, saya hanya pasang widget di bawah artikel aja, dan sampai saat ini belum ada folback,
terima kasih informasinya

Reply

bljg March 11, 2014 at 1:30 PM

dalam sehari maksimalboleh nambah brp banyak circle yah?

Reply

Ade Setijo K March 21, 2014 at 1:55 AM

bukan sehari, saya add rekan max 5000 orang menthok!

Reply

L Irwan March 11, 2014 at 7:51 PM

Langsung berhasil..artikel yang bagus, maksih sukses selalu

Reply

doni June 5, 2015 at 4:05 PM

mantap
makasih infonya

Reply

Daniel July 16, 2015 at 1:42 PM

Mantap penjelasannya lengkap dan menarik.

Saat ini saya mengalami masalah tidak bisa menambah jumlah lingkaran karena meleibihi kuota…gimana cara mengatasinya?

Reply

Daniel January 28, 2016 at 12:19 PM

Saya punya nggak tampil jumlan follower di widget google + blog nggak muncul, gimana cara mngatasinya?

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: