Cara Cerdas Memilih Laptop Terbaik | Sebuah Wacana Bijak

by on 2012/08/05. Updated 2012/10/10 · 1 comment

Merk Laptop NotebookJangan salah, bahwa Laptop terbaik adalah laptop dengan Merk Terkenal! Kalau masih berpikiran seperti itu, nantinya hanya akan buang-buang duit saja pada akhirnya. Mulailah berpikir Ekonomis bahwa Laptop Terbaik atau Bagus adalah Laptop dengan Fitur Lengkap, tidak gampang rusak dan yang pasti Murah!…Ada yang sependapat dengan hal ini?…Syukurlah. Tetapi untuk mendapatkan (membeli) Laptop dengan spesifik dan karakteristik seperti itu, tidaklah semudah yang dibayangkan. Untuk itu, agar tidak terjadi kesalahan membeli atau salah memilih Laptop, berikut saya berikan sedikit wacana dan beberapa cara cerdas bagaimana memilih Laptop yang benar.

Mohon diperhatikan, dalam Artikel ini istilah ‘Laptop’ samakan saja dengan ‘Notebook’. Anda juga bisa memanfaatkan Wacana dan beberapa Panduan dalam Artikel ini untuk Jenis Gadget yang lain seperti Netbook, Ipad, Tablet, Mediapad, Thinkpad dan lain-lain.

Ide Dasar

Seringkali kali rekan-rekan bertanya pada saya begini “Mas, Laptop opo tho sing apik? (red-Indonesia : Laptop apa sih yang bagus?). Saya jawab “Tidak ada Laptop yang bagus atau terbaik. Semua barang dengan komponen eletronik tidak pernah bisa diprediksi kapan rusak-nya!”. Bahkan berdasarkan beberapa kali pengalaman dan pengaduan rekan, ada yang membeli Laptop Baru seminggu dipakai langsung rusak pada bagian hardware-nya.

Isue seperti ini memang harus ada penyelesaian serta solusi-nya, supaya konsumen tidak lagi Panik Teknologi, dimana orang takut menggunakan barang elektronik (red: Laptop) lantaran takut rusak atau sudah membeli cuma sehari-hari diletakkan dalam lemari tanpa pernah digunakan sama sekali. Ironis sekali, ternyata masih banyak saudara-saudara kita yang bertahun-tahun menabung supaya cukup duit untuk membeli sebuah Laptop sudah lama diimpikannya. Setelah cukup dana mereka membeli laptop, dimana masih belum mengerti “Apa itu Laptop?”,…Ironis dan Mengharukan!

Cara Memilih Dan Membeli Laptop Yang Benar

Tentukan dahulu fungsi Laptop. Untuk keperluan apa sih nantinya membeli Laptop; apa cuman untuk ngetik doang, Game, Video Editing,  Audio Editing, Pengolah Grafis , Internet-an atau Full Multimedia (Sejujurnya, kalo tidak ada kepentingan untuk itu, mending tidak perlu beli Laptop). Beberapa Panduan atau tips-tips berikut akan memberi solusi cerdas, setidaknya modal dasar, jika suatu ketika anda baru akan atau saat ini berkeinginan membeli Laptop :


  • Budget atau Anggaran Dana. Ini sangat penting sekali jika anda telah mengatur sebelumnya Biaya yang harus dibelanjakan untuk membeli Laptop. Karena saat ini ratusan Laptop Terbaru dengan Merk, Jenis, Spesifikasi dan Harga bersaing yang beredar di pasaran. Sesuaikan antara budget dengan fungsional Laptop.
  • Merk Laptop Yang Banyak Dijual. Dapatkan Informasi  sebanyak mungkin lewat teman (berapa banyak diantara mereka yang menggunakan Merk-Seri tertentu dan bertahan sampai sekarang > Kuat) atau Informasi lewat Majalah-Buletin Bulanan Khusus tentang Gadget-Laptop. Laptop Merk dan Jenis-Seri apa yang saat ini banyak beredar atau dijual di pasaran. Apa itu Merk Acer, Toshiba, Dell, Sony, Axioo, Hewlett-Packard Hp, Compaq dan lain-lain. Cari yang jenis-seri -merk tersebut di pasaran yang juga sudah menyediakan sparepart serta accessories pendukungnya (ini isue lama, tapi ada benarnya juga).
  • Yang Sedang Booming!.  Saya tidak menganjurkan membeli SECEPATNYA Jenis-seri Laptop Merk tertentu yang lagi Booming, Ngetren, Lagi Musim-nya. Biasanya iming-iming Marketing sering mengaburkan Spesifikasi Asli hardware yang dibenamkan dalam Laptop! Hanya didasari Emosi ingin segera beli karena mumpung punya uang serta kurangnya pengetahuan tehnik untuk itu, akan berakhir dengan sebuah kekecewaan-penyesalan. Hendaknya dipelajari dahulu kebenaran detail spesifikasinya.
  • Tentang Garansi. Pembelian Laptop Baru (new) secara umum ada 2  macam jenis Garansi yaitu Garansi Toko dan Garansi Dealer. Tanyakan langsung Ke Toko Komputer yang bersangkutan, mengenai Kebijakan Kedua macam jenis Garansi ini. Karena tiap toko mempunyai aturan yang berbeda. Tips dari saya, cari toko yang mau memberi Garansi paling lama.
  • Sekilas Laptop Made In China. Saat ini Vendor-verdor atau produsen Besar Laptop Amerika-Eropa hampir semua menyerahkan dan mempercayakan Lisensi perakitan-assembly bahkan pembuatan di Negara Tirai Bambu ini. Tapi masih banyak diantara kita  Alergi dengan produk China. Kenyataan-nya tidak semua barang/produk China cepat rusak atau gampang bermasalah. Ternyata semua juga masih tergantung pilihan Dealer Local saat mereka memilih dan menentukan Kualitas barang yang di diimpor dari Cina, apa KW1, KW2 atau KW3 (KW=kuailitas). Celakanya lagi, dealer lokal adalah pendengar yang baik, tahu…kita suka barang yang murah meriah! Sebuah Hegemoni dimana akhirnya Oknum-nya adalah kita sendiri…
  • Laptop Original Built-up Dan Black Market-BM. Kalo pernah dikirimi Laptop Merk tertentu oleh saudara kita yang bekerja di luar negeri, lihat di back casing-nya (bawah laptop) ada Stiker OEM Software dari Microsoft dan tampilan huruf di keybordnya juga ditambahkan huruf asing serta sistem sudah berisi OS Windows, itulah Laptop yang Original (istilah di ponsel IMEI-nya tembus!). Keuntungannya, kita memilki hak akses khusus, pertama ke Microsoft dan yang kedua ke service center vendor pembuat Laptop  tersebut. Untuk Laptop BM kebalikannya, dengan Merk dan Spesifikasi sama, pasti harga lebih murah. Kadang istilah ini juga masih kabur dan perlu dicermati secara baik. Di sisi lain belum tentu juga Laptop BM lebih jelek performance dari Laptop Ori, penilaiannya sangat Relatif karena banyak faktor.
Contoh Stiker OEM Laptop Notebook
  • Kelengkapan Laptop Baru. Saat membeli (transaksi) tanyakan juga di toko-nya, apa sudah sesuai kelengkapan bawaannya seperti Charge, Driver Source, Dos Book, Tas dan yang lainnya.
  • Membeli Laptop Seken atau Second. Jangan tergiur oleh murahnya, pastikan Laptop dengan kondisi fisik body-casing minimal 80% tidak cacat, LCD Monitornya tidak Dead Pixel (saat dinyalakan, ada titik kecil terang yang tidak bisa hilang), perangkat Wifi-Bluetooth serta DVDRW-ROM masih bekerja dengan baik, sistem Laptop sudah ada OS-nya (Windows-Macintosh-Linux, jadi kita bisa Cek kemampuannya lebih leluasa),   beruntung anda bisa mendapatkan laptop seken yang Garansi-nya masih berlaku. Dan yang terpenting adalah Baterai Laptop masih kuat minimal 1-1,5 jam saat di lepas dari Charge, karena Laptop adalah perangkat Mobiling!

Kesimpulan

Teliti dan Cerdas sebelum membeli,  sedikitnya harus mempunyai pengetahuan tehnik tentang hardware komputer, sering mengunjungi forum-forum tentang perkembangan Laptop. Itulah beberapa poin penting yang harus anda miliki supaya anda tidak salah memilih untuk kemudian membeli sebuah Laptop. Dan kalau bisa Idealis saja, bahwa Laptop pilihan Anda nantinya adalah sebuah Laptop pribadi dan terbaik menurut anda sendiri, sehingga berkewajiban merawatnya dengan baik untuk menunjang pekerjaan anda sehari-hari.

Semoga Berguna  dan Bermanfaat.

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 1 comment… read it below or add one }

dedswand December 18, 2012 at 10:06 PM

artikel yang sangat bagus.. menambah wawasan dan pengetahuan.. trima-kasih pak..

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: