Cara Mengisi Lagu Atau Musik di Ponsel Nokia Lumia 610 Lewat PC

by on 2012/07/23. Updated 2013/07/22 · 206 comments

Nokia Lumia 610Punya ponsel Nokia Lumia 610? Bingung mau mengisi lagu-lagu atau musik di Nokia Lumia 610, karena di komputer  karena Handphone tidak terdeteksi?  Untuk mengatasi itu, silahkan ikuti Panduan Dasar berikut ini sebagai solusi-nya. Tujuan saya bikin artikel ini , setidaknya jika bisa menguasai cara mengisi lagu atau music di hp ini dengan benar, untuk selanjutnya kamu tidak akan kesulitan untuk mengisi atau men-transfer  konten yang lain seperti Video, Picture (gambar), Podcast-nya, karena caranya memang tidak jauh beda!

Ide Dasar

Sebelumnya, tidaklah lengkap rasanya kalo tidak menyertakan sedikit gambaran tentang Spesifikasi Nokia Lumia 610 ini.

Spesifikasi Umum/singkat Handphone/Ponsel Nokia Lumia 610 :

Jaringan : 3G HSDPA 850/900/1900/2100,GPRS Class 10 (4+1/ 3+2 slot) 32 – 48kbbs, EDGE Class 10, 236.8 kbbs, HSDPA 7.2 Mbps; HSUPA 5.76 Mbps

Ukuran Dimensi : 119 x 62 x 12 mm, 77,6 cc, Berat 131,5 gram

Layar : TFT capacitive touchscreen, 56 ribu warna, 480 x800 piksel, 3,7 inci

Memori : Internal 8 GB, RAM 256 MB

Koneksi : Jack 3.3mm, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v2.1 dengan A2DP, EDR, microUSB v2.0

Kamera : 5MP, 2592 x 1944 piksel, Autofokus, LED Flash, Geo-Tagging, Deteksi wajah, Video VGA @30fps

Dengan spesifikasi yang hampir sempurna di atas terutama dengan teresedianya kapasitas Memori Internal sebesar 8 GB (Giga Byte lho, bukan bit), kita tidak akan kekurangan space jika ingin menyimpan file-file multimedia seperti lagu, film dan lain-lain dalam jumlah yang besar. Karena besarnya kapasitas memori internal tersebut, maka pabrikan Nokia tidak perlu lagi menyediakan Slot untuk Memori External, khusus HP ini

Kualitas audio tidak perlu diragukan lagi, berasa Full Stereo and Surround bok! Saat mengaktifkan Radio FM…Tapi, permasalahan mulai timbul saat pertama ingin mencoba playback music atau memainkan lagu yang hanya bawaan ponsel Lumia 610 atau bahkan tidak ada samasekali. Dengan alasan ini lagu bawaannya tentunya kamu ingin menambah atau transfer lagu-lagu koleksi kamu dari PC, bukan masalah kualitas audio yang perlu diragukan. Dan seperti perlakuan pada ponsel-ponsel sebelumnya, ambil Kabel Data tancapkan ke Komputer/Laptop, sebentar pengenalan hardware/device, drag and drop file mp3, siap didengar deh! Hehehe…untuk Nokia Lumia 610 yang ngalem ini nggak bisa seperti itu sob!…Pertama kali koneksi ke PC lewat kabel data, Nokia yang satu ini tidak TERDETEKSI sebagai New Device (saat Found New Hardware). Inilah yang jadi masalah utama di artikel ini, KONEKTIVITAS!

Cara Transfer Lagu Lewat PC

Dibenamkannya Sistem Operasi Windows Phone, seharusnya Nokia Lumia 610 menjadi pionir dalam kemudahan Teknologi Transfer Data melalui PC/komputer dan bukan sebuah kekurangan. Berdasar Lembar Panduan dari BOX ponsel mengenai cara transfer music dan sesuai pengalaman saya, berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini (Tips Penting : Mohon baca dengan teliti langkah-langkahnya, perhatikan dan pahami pemberitahuan/pesan/perubahan yang terjadi baik pada Ponsel/HP ataupun Komputer selama proses koneksi HP. Kerusakan hardware karena kekeliruan saat proses installasi bukan tanggung jawab saya) :

  • Putus dulu koneksi Ponsel ke PC dengan mencabut Data Kabel, kemudian silahkan download dulu Software Zune PC pada link berikut :


  • Download Software Zune PC atau Zune Music + Video (pastikan di ponsel Nokia Lumia 610 juga sudah terinstall Aplikasi Zune). Sedangkan spesifikasi hardware dan OS untuk Zune PC : Prosesor 1 gigahertz (GHz) atau 32-bit (x86) atau 64-bit (x64) yang lebih cepat, 1 gigabyte (GB) RAM (32-bit) atau 2 GB RAM (64-bit), Koneksi Internet Broadband ; Windows XP SP3, Windows Vista atau Windows 7.
  • Pastikan Koneksi Internet Broadband kamu stabil saat mulai membuka file ZuneSetupPkg.exe hasil dari download. Karena saat awal proses installasi sofware ini sudah sudah meminta sambungan ke Internet. Proses installasi akan berlangsung lumayan lama (100 MB), selain tergantung dari spesifikasi hardware komputer dan kecepatan koneksi Internet, di-background juga berlangsung Update Komponen Windows (ke server microsoft.com). Tunggu proses hingga selesai, kemudian Restart Komputer/laptop kamu (jangan putus koneksi Internet/modem).
  • Setelah muncul GUI Windows/Desktop, umumnya Zune PC akan langsung aktif saat Startup Windows (silahkan close dulu), hubungkan Ponsel Nokia Lumia 610 ke PC (dengan koneksi Internet masih tersambung). Saya sarankan kamu tancapkan dahulu Kabel Data pada port MicroUSB di Ponsel, baru ujung yang lainnya ke Port USB di PC/Laptop (untuk menghindari tegangan kejut grounded). Setelah terkoneksi, akan terlihat pesan/pemberitahuan di Tray Icon bahwa ada penambahan perangkat baru dan biarkan proses sampai selesai. Dan PONSEL SUDAH TERDETEKSI. Ada kalanya setelah proses ini selesai, Zune PC akan langsung aktif secara otomatis.
  • Dengan kondisi koneksi Internet dan Ponsel yang masih tersambung  Restart komputer. Adakalanya saat masuk langkah ini Ponsel (phone update) dan OS Windows juga minta UPDATE….manut/ikuti saja sampai proses selesai!
  • Setelah muncul GUI Windows/Desktop lagi dan muncul Zune PC (langsung saja diclosed dan lepas kabel data USB) berarti semua Installasi sudah selesai.
  • Lebih dulu buka Aplikasi Zune Music di Ponsel, kemudian hubungkan ponsel dengan PC, tunggu beberapa saat, Zune PC akan tampil secara otomatis (cek apakah pesan di ponsel tertulis ‘Terhubung’ dibarengi suara khas Message Warning). Kamu bisa melihat dipojok kiri bawah, bahwa icon ponsel sudah aktif dan siap transfer data. Pilh opsi/menu Collection > Music.
  • Untuk memulai mentransfer/mengisi lagu atau musik, jelasnya perhatikan urutan langkah melalui No-1 sampai No-4 pada gambar berikut :

Zune PC Music 

  • Kecilkan tampilan Zune PC, buka Windows Explorer dan pilih satu lagu MP3. Drag and drop/seret lagu pilihan tadi ke kolom ARTIST di kolom No-1. Setelah nama artis masuk dan ada, kamu lihat di Kolom SINGS No-2 apa judul lagu juga sudah tampil disana. Sampai di sini kamu bisa mencoba memainkan lagu dengan klik tombol Play (kanan bawah, tanda panah) untuk memastikannya. Kalo memang benar, stop dulu, seret judul lagu menuju ke No-3 (icon ponsel). Penambahan lagu akan ditunjukkan pada Bar No-4.
  • Lepas dulu koneksi ponsel dari PC, di Zune Music Ponsel carilah lagu yang tadi telah ditransfer. Jika belum nampak, kamu bisa geser-geser layar touchscreen ponsel ke kiri atau kanan untuk mencari lagu tersebut ada dilokasi Artists, GenresAlbums, Songs atau di Playlist. Kenyataannya, tidak semua lagu Mp3 (apalagi hasil convert, rename atau  copy dari sana-sini) mempunyai  data base yang lengkap! ..Jika sekali coba lagu sudah muncul di Zune Musik Ponsel, berarti anda SUDAH BERHASIL. Silahkan di play untuk mencobanya.
  • Ulangi beberapa kali proses mengisi lagu tersebut sampai kamu benar-benar terbiasa dengan proses ini.

Kesimpulan

Wuuaaah, kok ribet banget ya!  Memang harus seperti itu prosesnya…Tapi kalo mau bersabar dan mau memahami keruwetan tersebut , hikmah-nya, kamu tidak akan kesulitan lagi untuk mengisi-transfer konten Video, Picture (gambar), Podcast-nya. Sekali lagi, caranya hampir sama. Inipun sebagai modal kamu untuk mengisi atau mentransfer data-file di rumpun Nokia Lumia yang lain seperti Nokia Lumia 710, Nokia Lumia 800 ataupun Nokia Lumia 900 karena sama-sama masih mengusung OS Microsoft Windows Phone 7.5 Mango. Update : Nokia Lumia 920 yang bersenjatakan OS Windows Phone 8, juga masih menggunakan Aplikasi Zune Music.

Selamat Mencoba, Semoga Berhasil.

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 205 comments… read them below or add one }

agus setiawan April 2, 2014 at 4:52 PM

misi Gan mau nanya, hp ane nokia lumia 610, baru update OS WP 7.8, kalu ane kembalikan ke pengaturan pabrik, itu OS nya ikut balik lagi ga, ke OS sebelum di updatenay ga ???

terimakasih……

Reply

Ade Setijo K April 4, 2014 at 8:14 AM

Pengaturan pabrik atau pengaturan awal hanya sekedar mengatur setting default perangkat secara default/optimum (pokoknya bekerja sesuai aplikasi dan perangkat yang dibenamkan di dalam HP) bukan me-RESET OS-nya. Aman kok!

Reply

agus setiawan April 4, 2014 at 11:02 AM

oh,, makasih banget gan, semoga jadi amal kebaikan,,,

Reply

rano April 6, 2014 at 11:03 PM

ribet pake nokia lumia males…..

Reply

Ade Setijo K April 22, 2014 at 8:27 AM

Artikel ini untuk yg punya lumia ajha…haaa

Reply

Leave a Comment

{ 1 trackback }

Previous post:

Next post: