Cara Ber-Komentar di Blog Untuk Internet Marketing

by on 2012/07/19 · 7 comments

Ayo KomentarMembaca judul artikel ini, mungkin anda belum tahu dan tidak menyadari atau pura-pura tidak tahu (bahkan tidak ingin tahu) bahwa tehnik ber-komentar di blog lain memberi kontribusi yang besar bagi blog anda sendiri. Komentar yang disetujui/di-aprove, berarti anda telah meninggalkan jejak yang setidaknya dibaca oleh pengunjung lain. Dengan mengunjungi/klik link yang anda tinggalkan berarti target anda untuk Internet Marketing Blog/Promosi Blog akan tercapai dengan mudah…Bayangkan jika dari sebuah blog saja, komentar anda dilihat serta dianggap urgen oleh 3 atau lebih visitor, belum dari blog-blog yang lain? Well, selamat datang giant traffic…

Saya tidak akan mengajari anda bagaimana ‘cara menulis komentar‘, tapi dengan beberapa penjelasan berikut, ke depan-nya akan memberikan anda ide-ide untuk berkomentar yang lebih ber-kualitas dan bukan dianggap sebuah SPAM oleh yang empunya Blog!

Berkomentar , perlukah?

Kalo anda mengunjungi sebuah situs atau blog ( hasil dari SERP-pencarian search engine ), tentunya itu lebih sering diarahkan menuju pada sebuah artikel di halaman single post/single page dan jarang ke halaman depan/front page/home page! Betul kan?…dan yang jelas itu sebuah artikel yang dicari (atau mungkin anda kesasar..hehehe),…ya! Dari sinilah awal dimana kita harus memberi komentar atau tidak, tentunya setelah membaca dan memahami konten dari artikel tersebut.

Tips Berkomentar

Beberapa Tips berikut mampu menjadikan komentar anda di- approve oleh pemilik blog yang anda kunjungi  ( abaikan tips, jika anda tidak ingin berkomentar ) :


  • Yakinlah anda mengunjungi Blog yang mempunyai tema atau bahasan yang mirip ( misalnya : minimal sama untuk kategori ;  Teknologi, Edukasi, Travel, Blog dan lain-lain ). Ini penting untuk menguatkan Rank blog/situs anda di lingkungan situs-situs direktori atau site meter, seperti Alexa bahkan Google.
  •  Komentar yang benar berbentuk Argumentasi dan bisa menjadi sebuah ‘Artikel Singkat‘ jika bermakna serta memberi sumbangan pada artikel yang dibahas. Apalagi terjadi interaksi sesama pengunjung bahkan pemilik blog, dikarenakan komentar anda dianggap penting oleh ‘mereka’. ( tidak harus dengan kalimat yang panjang ).
  • Pahami betul isi dari Artikel yang anda baca, sehingga anda lebih mudah saat menuangkan ide saat ingin komentar.
  • Saat akan berkomentar baca dahulu TOS ( Term Of Service ), jika ada. Pemilik blog biasanya menyertakan ini pada Menu Navigasi di atas. Meskipun tamu adalah raja ( visitor-pengunjung blog ), sebaiknya anda juga mengerti/adaptasi dengan aturan-aturan yang berlaku pada sebuah website/blog. Dengan memahami TOS, berarti anda juga paham keinginan pemilik Blog tersebut. Ini merupakan penghargaan tersendiri buat pemilik blog ( pernah baca TOS sebelumnya? ).
  • Ingatlah, hampir semua blog menggunakan Mode Moderasi untuk Komentar yang masuk ( terutama Blog dengan Engine WordPress). Jadi Administrator Blog berhak menyetujui atau tidak sebuah komentar. Intinya itu.
Moderasi Komentar Blog
  • Jika ingin menambahkan link hidup (bisa di-klik) usahakan tidak lebih dari 2(dua), itupun setidaknya masih berhubungan dengan artikel yang sedang dibahas. Mengapa 2(dua) link? Untuk itu sebaiknya anda lihat gambar dari Default opsi Komentar di dashboard Admin WordPresss berikut Default engine wordpress, pada option….Dashboard Admin > Setting > Discussion > Comment Moderation …. misalnya seperti gambar berikut :
Comment Moderation Links
  • Lupakan mengetikkan hanya kata-kata klasik seperti  ‘thanks gan’, ‘makasih gan’ dan sejenisnya serta menggunakan kata-kata kotor bahkan berbau SARA (ini etika yang sudah umum, dan tidak tertulis)…Saya yakin anda mempunyai kemampuan lebih dari sekedar menulis dan berpikir seperti itu! Dilain sisi, kadang pemilik blog juga menggunakan filter-Blacklist kata-kata/words. Blog WordPress Dashboard Admin > Setting > Discussion > Comment Blacklist …misalnya seperti gambar berikut :
Comments Blacklist Words
  • Sebelum Submit Komentar anda, jangan lupakan untuk Nama, Alamat Email serta Alamat Blog/Situs atau kalo tidak semuanya ini akan sia-sia.

Kesimpulan Umum

Sebenarnya aturan-aturan Berkomentar hampir mirip baik itu pada Blog WordPress, Blogspot ataupun Social Network (jika pemilik blog memasang Facebook Comment Box). Yang pasti, dengan mengetahui aturan berkomentar pada sebuah blog, kemungkinan besar Komentar kita disetujui/di-approve kemudian secara otomatis akan ditampilkan. Kalo anda yakin komentar anda menarik ( gunakan cara terbaik menurut anda, bagaimana menulis artikel —- tiap orang punya cara beda ), yachh tinggal tunggu saja Taffic menuju Blog anda…Tercapailah sudah apa itu yang dinamakan Konversi/target Internet Marketing. Berkomentar sekaligus Promosi Blog

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 7 comments… read them below or add one }

pranamoelya July 21, 2012 at 2:03 AM

Berkomentar pada sebuah blog, Jika Komentar kita disetujui/di-approve kemudian secara otomatis akan ditampilkan. Ini bukan hanya, Ber-Komentar Untuk Internet Marketing. Tapi juga berguna dan terbukti dapat melangsingkan alexa rank. Karena dengan banyaknya Komentar kita yang disetujui/di-approve, maka makin tinggilah pula popularitas blog kita.

Reply

Ade Setijo K July 21, 2012 at 2:16 AM

Benar…itu memang otomatis untuk kepopuleran blog juga. Sepertinya sudah aku jelaskan dalam artikel, jika dipahami betul. Tapi terimakasih sudah menambahkan. Salam sukses bro.

Reply

Chep September 28, 2012 at 3:27 PM

Betul Sekali

Reply

hot-update.com September 28, 2013 at 4:39 PM

saya coba terapin dah!!

Reply

Kompi Ajaib December 14, 2012 at 9:25 PM

Khususnya bagi saya, saya tidak bisa mentolelir komentar yang menyertakan link hidup. Komentar yang numpang eksis ini sepertinya masih banyak dipakai, padahal Admin blog sudah menyediaan profil Name/URL maupun OpenID untuk mencantumkan linknya pada profil komentar….

Reply

Ade Setijo K December 14, 2012 at 9:55 PM

Tidak semua pengunjung yang datang mahir dalam “menulis” komentar, apalagi di form komentar blog…Semua tetep kembali pada kebijakan pemilik blog yang bisa men-delete atau mengedit sebuah komentar masuk…atau bisa membuat sebuah komentar untuk artikel-nya sendiri…bebas.

Reply

juhaeri December 15, 2012 at 3:11 AM

thanks admin tuk infonya…

trims jg tuk yg pada comment… bisa buat masukan ane… hehehe…

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: