Rich Snippet Rating Bintang Meningkatkan Target Internet Marketing | Blog WordPress

by on 2012/06/18 · 44 comments

Rich SnippetJangan sebut diri anda Internet Marketer kalo saat ini masih belum memasang apalagi mengenal Apa itu Rich Snippet. Kedahsyatan dan banjir-nya Traffic-kunjungan menuju Blog melalui Artikel akan Anda dapatkan dengan cepat dan mudah, sehingga Target Marketing yang anda terapkan segera tercapai. Belum terlambat jika sekarang berpikir untuk mulai mengintegrasikan Rich Snippet dalam core engine Blog atau situs anda sebagai sarana mengoptimalkan SEO – Internet Marketing. Sebelumnya ikuti penjelaskan pemahaman tentang Arti Rich Snippet, kemudian Cara memasang Rich Snippet di Blog WordPress.

Apa itu Rich Snippet?

Istilah Snippet sendiri bisa di-artikan penggalan/potongan beberapa baris text yang muncul dibawah setiap daftar hasil pencarian mesin pencari SERP ( search engine ) sesuai dengan keyword tertentu yang di tulis user/pengunjung Internet pada kolom search-pencarian. Sedangkan kata Rich, harafiahnya adalah Kaya – dalam Bahasa Indonesia dan bisa diartikan Mempunyai Nilai Lebih/Tambahan. Jadi secara keseluruhan, pemahaman dari definisi dan arti Rich Snippet adalah potongan beberapa baris text yang mempunyai nilai lebih (Informasi Tambahan) yang ditampilkan di setiap hasil pencarian mesin pencari SERP berdasarkan permintaan pengunjung, serta sesuai dan masih Relevan/berhubungan dengan apa yang mereka tulis pada kolom pencarian. Sedangkan Informasi Tambahan yang dimaksud bisa tentang (review) rating, tanggal, author, produk, file audio, video dan lain-lain.

Jadi, agar Informasi Tambahan tentang Blog-Situs bisa ditampilkan di hasil pencarian search engine, kita harus Membuat atau Memasang Rich Snippet dalam halaman web Blog (HTML). Selanjutnya istilah ’Membuat’ dan ‘Memasang’ Rich Snippet dalam Artikel ini diartikan sama, supaya tidak terjadi kerancuan istilah!

Format Penulisan Rich Snippet

Karena hanya ditampilkan berupa potongan beberapa baris text, dan juga karena merupakan salah satu produk Google, penulisan Rich Snippet bisa memakai Format Microdata, Microformat atau RDFa. Agar bisa dibaca dan ditampilkan oleh Google, Yahoo dan Bing (konvensi 2011-2012), pada umumnya Protokol Standard yang digunakan untuk pembacaan struktur data web (HTML) adalah schema.org , kalau Facebook menggunakan opengraph sebagai protokol.

Berikut salah satu contoh penulisan Rich Snippet menggunakan Microformat dengan Protokol schema.org dalam HTML :


<div itemscope itemtype=”http://schema.org/Review”><div itemprop=”reviewBody”>…isi konten…</div></div>

Scope ‘Review’ bisa ada ganti sesuai relevansi isi konten anda. Google mengijinkan tipe scope untuk konten yang lain seperti, People, Products, Businesses and organizations, RecipesEvents, Music termasuk markup/penandaan untuk konten video (video content). Sub/item dari tiap scope tersebut dapat anda baca detailnya di situs schema.org.

Tujuan Utama Memasang Rich Snippet

Terutama, agar nantinya pengunjung/visitor saat Googling untuk mencari Artikel, tertarik mengunjungi blog anda karena di daftar/list SERP Google terlihat mencolok sekali di atas deskripsi artikel anda ditampilkan Rating ber-tanda Bintang. Benar, Rating Bintang atau Star Rating inilah yang merupakan Informasi Tambahan untuk artikel anda di SERP!

Cara Membuat Dan Memasang Rich Snippet Rating Bintang

Karena masih masuk dalam jajaran produk Google, untuk menggunaaan Rich Snippet wajib hukumnya harus daftar Google Plus (Google+) dahulu . Untuk langkah selanjutnya ikuti petunjuk-petunjuk berikut :

  • Pertama, setelah anda selesai daftar langsung masuk plus google dan dapatkan Profil ID dengan meng-copy Kode yang terdapat di Address Bar. Simpan Kode ID tersebut. ID Google+ tersebut adalah modal utama untuk kebehasilan memasang Rich Snippet.

Kode ID Google+

  • Kedua, agar lebih mudah, gunakan Plugin WordPress seperti Plugin Google Rich Snippets , Plugin Author hReview atau Plugin GD Star Rating untuk membuat Rating Bintang Rich Snippet pada Blog, serta masukkan ID Google Plus yang telah diperoleh tadi, sebagai verifikasi owner. Kemudian atur atau customize rating tanda bintang untuk tiap postingan blog seperlunya saja ( bisa untuk postingan lama atau posting-an baru/yang akan di-publish ).
  • Buatlah skrip kode seperti berikut :

<link href=”https://plus.google.com/116285896834598119654” rel=”publisher”/><link rel=”canonical” href=”http://dotcomcell.com/kumpulan-artikel/” />

  • Ganti kode ID Google plus dengan milik anda ( warna oranye ). Letakkan di header.php didalam tag melalui Dashboard Admin WordPress >> Appearance >> pilih Editor ( sesuaikan dengan Theme WordPress anda ). Akhiri dengan Update File. Logikanya, kode tersebut akan dipanggil di tiap halaman ( home home/front page, pages ataupun single page/post ) karena berada di atas kode <?php wp_head(); ?>.
  • Lakukan pengujian apakah Rating ber-Tanda Bintang sudah berhasil anda pasang, untuk ini silahkan kunjungi Google Rich Snippet Tool. Masukkan salah satu URL postingan Blog, kemudian klik tombol Preview. Kalo memang semua setting Plugin dan cara pasang sudah benar, akan terlihat seperti gambar berikut :

Hasil Rich Snippet Tools

Ya setidaknya ada tanda bintang berarti anda sudah berhasil memasang Rich Snippet Rating Bintang. Untuk bisa ditampilkan pada daftar /list SERP, silahkan tunggu beberapa hari, biar Google memverifikasi serta memperbarui data-data blog anda yang akan ditampilkan. Dan kali ini, itu cukup-lah untuk pemahaman Anda tentang Rich Snippet serta memasang salah satu jenis Review dari Rich Snippet. Yaitu Rating Bintang! Untuk artikel berikutnya akan saya bahas cara memasang scope Rich Snippet yang lain, seperti Authorship atau Author Highlight. (koneksi Author Blog dengan Profil Google+).

Tampilan Rich Snippet di SERP

Kesimpulan Pemasangan Rich Snippet

Rich Snippet (item scope atau review apapun) akan memberi nilai lebih untuk Internet Marketing, karena memberi warna beda pada tampilan hasil pencarian di SERP. Karena perilaku pengguna akhir-akhir ini – tahun 2012 (mungkin sudah pada pinter semua/sudah jenuh?) lebih menyukai sesuatu yang lain. Tapi perlu diingat meskipun anda sudah memasang Rich Snippet, kekuatan posisi Artikel di SERP tetap tergantung pada SEO On Page Artikel itu sendiri. Kalo tidak mempunyai pengetahuan tentang SEO, tetap saja Artikel (Blog) anda berada di posisi yang tidak diharapkan.

4.5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 44 comments… read them below or add one }

Enrico February 15, 2017 at 7:11 PM

Apa ini masih berlaku buat wordpress selfhosted sekarang? Saya mau pasang juga nih hehe lumayan nambah kepercayaan calon visitor blog

Reply

Ade Setijo K August 4, 2017 at 11:04 AM

Anda coba baca dulu tentang kebijakan google (algoritma) yang terbaru. Saya sendiri kurang bisa jamin masih bisa apa nggak. Soalnya beberapa situs web masih ter-index Snippet-nya di search google.

Reply

3D Media Advertising March 9, 2017 at 5:24 PM

Makasih Infonya gan.

Reply

Rubber Art May 28, 2017 at 4:53 PM

Mantap… Ijin praktek om :)

Reply

Adies August 5, 2017 at 8:47 PM

Begitu pentingkah rating ini.
saya juga iktan pasang kalau begitu gan.

Reply

Ade Setijo K November 4, 2017 at 1:10 PM

Cek update terbaru aturan penggunaan Rich Snippet…

Reply

Supplier Kosmetik Murah August 8, 2017 at 2:13 AM

Fungsinya samakah dengan WP Post Rating? mana yang lebih baik digunakan gan?

Reply

Ade Setijo K November 4, 2017 at 1:09 PM

Cari yang user friendly sama theme wp kamu…

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: