Cara Meningkatkan Page View Blog Dengan Memasang Attribute Target Blank

by on 2012/06/09 · 4 comments

Berusaha mempertahankan lamanya pengunjung blog/situs untuk melihat satu halaman blog (red: artikel) serta page view adalah sangat penting. Ini berguna untuk menghitung jumlah Bounce Rate yang terjadi. Kalo hanya satu biji Artikel saja yang kamu andalkan untuk itu, secara umum tetap saja mustahil Target/Konversi tercapai. Apapun itu konversi-nya, untuk Online Marketing, Page Rank ataupun Alexa Rank. Jadi optimalkan pengunjung agar mau membuka semua halaman Blog kamu!

Ide Dasar

Titik! Salah satu cara mudah dan sederhana  mengatasi semua itu adalah meningkatkan Page View dengan memasang  attribute  target=”_blank”  untuk semua link yang ada. Sehingga, jika saat pengunjung blog mengeksekusi salah satu link yang ada, maka akan diarahkan ke halaman yang baru atau New Window di Browser, tetapi  mereka tetap bisa menikmati  halaman blog sebelumnya.  Meskipun cara ini bisa dilakukan dengan ‘Click Back’ tombol kiri atas pada browser seperti Mozilla, Chrome dan mengatur opsi  ‘Open link in a new window’ di TinyMCE (khusus konten)…sangat tidak efektif untuk pengunjung, jika saat itu pandangan/keinginan  mereka  ingin Klik link-link di widget sidebar, menu navigasi , footer!

Plugin  dan Non Plugin WordPress

Untuk cara manual atau Non Plugin  anda bisa menyisipkan salah satu kode berikut melalui Editor di dashboard admin atau anda edit dulu function.php di localdisk :

Kode 1 

Cari kode berikut : <a href=”<?php the_permalink(); ?>”  php the_title(); ?></a>


<a href=”<?php the_permalink(); ?>”  target=”blank”><?php the_title(); ?></a>

Yang berwarna oranye, adalah kode yang harus anda sisipkan.

Kode 2

function autoblank($text) {
$return = str_replace(‘<a href = ‘, ‘<a target = “_blank” href = ‘, $text);
$return = str_replace(‘<a target = “_blank” href = “http://domain.com’, ‘<a href = “http://domain.com’, $return);
$return = str_replace(‘<a target = “_blank” href = “#’, ‘<a href = “#’, $return);
$return = str_replace(‘ target = “_blank”>’, ‘>’, $return);
return $return;
}
add_filter(‘the_content’, ‘autoblank’);
add_filter(‘comment_text’, ‘autoblank’);

Sumber Kode : making all external links

Atau jika tidak ingin susah-susah edit, bisa menggunakan Plugin WordPress untuk men-aplikasikan target blank atau open new windows, silahkan langsung download >>>>  Plugin Active Target Blank. Plugin ini berukuran kecil  dan instalasinya tidak butuh resource yang besar. Sudah support sampai WordPress versi 3.3 , instalasi atau cara memasangnya  sangat gampang, ekstrak file hasil download, copy-kan ke direktori /wp-content/plugins/  ,  bisa lewat cpanel atau software FTP Client. Setelah itu masuk dasboard admin lagi, kemudian aktifkan Plugin Active Target Blank. Akhiri dengan reload/refresh halaman dan silahkan coba klik tiap link yang ada, lihat perubahan yang terjadi.

Kesimpulan

Banyak cara sebenarnya untuk penerapan target blank pada blog, baik untuk core engine WordPress atau Blogspot. Sejatinya hanya merubah default rule dari eksekusi target link tiap engine tersebut. Yang penting dan hasil akhirnya pengunjung blog melihat ada halaman baru di browser mereka, setelah link di Klik tentunya!

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 4 comments… read them below or add one }

Cincin Batu Akik June 17, 2012 at 12:29 PM

thanks buat info nya kang..sangat super sekali..sangat bermanfaat

Reply

Ade Setijo K June 17, 2012 at 6:58 PM

Ok, terimakasih juga, sudah mau berkunjung.

Reply

Kompi Ajaib May 4, 2013 at 10:15 AM

Iya mas… blog (blogspot) saya juga untuk semua linknya saya pakai trik ini agar bounce rate-nya tidak semakin gendut… hehehehe soalnya ada di ambang batas (74%) lumayan tinggi ya…

Makasih sharingnya nih… hehehehe

Reply

Ade Setijo K May 4, 2013 at 10:28 AM

Betul brow, setidaknya bounce dapat point maksimal 60% lumayan…kalo diatas 70-75 bahkan 100% wajib optimasi deh…txs dah kontribusi.

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: