Cara Mengaktifkan Tombol Function Fn Keyboard Laptop Asus A44H | OS Win7

by on 2012/06/25. Updated 2013/04/21 · 38 comments

Tombol Function Fn AsusKhusus Laptop atau Netbook Asus A44H selesai installasi OS Win7, sering terjadi kendala saat mulai menggunakan tombol fn + F1-12 ( yang ada brigthness, contrast, sleep, atau volume). Penyebab utamanya yang pasti karena  adanya crash driver pada pointing device. Memang, dvd source driver bawaan Laptop cukup ini membantu untuk mengurangi tanda tanya dan tanda seru yang biasanya muncul di device manager, tapi tidak semua! Sepertinya source driver dalam dvd-nya masih perlu di update, salah satunya VGA driver yang nampak belum menunjukkan tampilan yang maksimal.

Daripada ribet dan nggak selesai-selesai akhirnya aku gunakan DRP (Driver Pack Solution) versi terbaru 12.3 untuk mengatasi itu. Dengan menggunakan DRP terlihat beberapa driver memang harus diupdate ( tapi khan Laptop ini lumayan baru, kok masih perlu pembaruan driver?). Semua terselesaikan, tidak ada warning di device manager and clean, sistem Windows 7 berjalan normal. Aku masukkan lagi dvd DRP ke DVD drive untuk memastikan lagi apakah masih ada yang ketinggalan, hasilnya, tidak ada driver yang perlu di-update ataupun problem yang lain. Selesai.

Laptop aku restart lagi rencananya untuk mulai menambah aplikasi seperti Microsoft Office dan program-program pendukung lainnya. Setelah masuk desktop Windows masalah terjadi, saat aku mulai pencet tombol fn + F5 , untuk mengaktifkan brightness contrast ( saat posisi charging umumnya terjadi peningkatan brightness ). Ini terjadi juga pada tombol-tombol keyboard yang lain, yang terhubung dengan tombol fn.

Karena sudah aku pastikan crash driver aku coba masukkan driver dvd bawaan, karena aku yakin di sana ada manual book untuk memecahkan masalah ini. Ternyata disana ada petunjuk kalo aku harus Install ATKPackage for Win7 untuk melengkapi driver pointing device, agar lebih sempuna. Benar setelah install ATKPackage dan restart system, semua tombol function fn + bisa active semua. Dan ditambah, tiap kali kita mengaktifkan tombol-tombol tersebut ditampilkan pula pop-up indikator, berupa animasi yang atraktif sesuai tombol fn apa yang kita tekan. Untuk itu, bagi  yang belum mempunyai driver ATKPackage silahkan download di link berikut :


Download Driver ATKPackage Laptop Asus A44H-VX073D

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 38 comments… read them below or add one }

Leave a Comment

Previous post:

Next post: