Cara Memasang Dan Menguji Kualitas Meta Tag Secara Online Agar SEO Friendly

by on 2012/05/03. Updated 2012/05/04 · 11 comments

Apa itu Meta Tag?

Meta atau elemen-tag atau sering disebut Meta Tag adalah bagian elemen halaman web yang paling penting dan biasanya terdapat diantara <head>…</head> dalam Html. Fungsi Meta Tag secara umum adalah untuk menjelaskan/menerangkan isi atau konten dari halaman web tesebut. Tujuan akhir pembuatan meta tag adalah agar lebih mudah dikenali oleh search engine-SEO Friendly. Arti-nya, Search Engine tidak kesulitan mendeteksi dan meng-indeksasi halaman web karena sudah di-kategorikan dengan benar dalam struktur metadata-nya. Untuk lebih memahami berikut ulasan mengenai pengenalan meta tag, lalu menguji kelayakan meta tag. Penjelasan difokuskan pada Meta tag dengan perintah-attribut title, description, keyword , dengan alasan lebih sering dibicarakan sehubungan dengan Search Engine Optimization-SEO.

Melihat Meta Tag di Browser

Cara mengetahui posisi atau letak Meta Tag dalam struktur Html, detailnya sebagai berikut : Buka Browser Anda jika IE (Internet Explorer) > View > Source ; Mozilla Firefox > Tools > Web Developer > Page Source ; Google Chrome > Gambar Engkol/wrench > Alat > Lihat Sumber. Tampilannya seperti dalam gambar berikut,

Manual is Better than?

Sampai sekarang masih banyak software untuk desain web (web maker atau editor web), yang di dalam pembuatan atau pemasangan Meta tag-nya harus  dengan cara Manual, karena  memang core engine dari software (red: meta tag generator) tidak mendukung otomatisasi Meta Tag. Itu rasanya tidak masalah, dan nantinya akan menjadi pengalaman berharga untuk membiasakan diri membuat sendiri meta tag! (sabar menentukan dan menemukan title,deskripsi, keyword yang cocok).

Plugin Dan Theme supaya SEO Friendly

Beruntung jika anda telah mengenal banyak mengenai meta tag ini, apalagi sudah banyak plugin-plugin untuk Blog WordPress (selfhosting) beredar dan tersedia di internet. Contohnya seperti All in One SEO   Pack, Yoast, Platinum SEO Pack dan banyak lagi yang lain. Semua tinggal download dan gratis tersedia di server wordpress.org. Keuntungan dari plugin-plugin tersebut,  anda tidak perlu membuat secara manual dan berpikir keras menentukan Title, description serta keyword Konten Artikel blog kamu. Semua tinggal setting di pengaturan panel-nya atau bisa di tiap postingan…Otomatis semua jalan deh.

Tidak mau kalah, Developer Theme WordPress melengkapi juga arsitektur desain untuk tema mereka dengan agar lebih SEO, contohnya seperti Thesis Theme, Genesis , tidak kalah juga Tema WordPress buatan anak negeri seperti Kakileema Lite WordPress Ecommerce Themes.

Kelemahan Dasar

Yang jadi pertanyaan, apakah kualitas dari title, deskripsi dan keyword yang dihasilkan manual maupun secara otomatis tersebut sudah layak dan sesuai standard?…Belum tentu! Okey, untuk itulah diperlukan semacam software atau program tertentu untuk menganalisa kualitas dan potensi meta tag itu. Banyak juga tool-tool/softawre yang digunakan untuk melakukan hal itu (analyzer).

Menguji Meta Tag Secara Online

Sekarang saatnya, saya akan mengajak anda ber-eksperimen menggunakan analizer meta tag secara online  yaitu Meta Tag Analyzer dari Seo Centro. Caranya gampang sekali, pertama > masuk ke seocentro.com > lalu masukkan alamat web atau URL halaman Artikel blog/situs anda > pilih User Agent;  GoogleBot, Yahoo! Slurp atau MSNBot  > masukkan Access code untuk verifikasi > kemudian Submit. Setelah itu akan terlihat hasil yang menunjukkan kondisi Halaman Web/Artikel Blog anda, mulai dari Title, Description, Keyword, ukuran/kapasitas halaman, kecepatan loading halaman, bahkan sampai kwantitas-density keyword juga terlihat di sana. Sebagai indikator meta tag analyzer ini menggunakan color-warna : merah (red) untuk error-ada kesalahan ; oranye (orange) untuk peringatan-warning ; hijau (green) apabila kondisi normal.

 

Anda bisa mencoba beberapa kali (edit) kemungkinan mulai dari Title, Deskripsi, Keyword yang mempunyai Korelasi bagus dengan Isi Artikel, sampai laporan data tidak ada yang berwarna merah atau oranye. Biasanya kalo dengan hasil 80% masing-masing meta tag, sudah cukup baik.

Blog SEO vs SERP

Sebenarnya banyak sekali Meta Tag Analyzer Online tersedia di Internet, hasil analisa yang diperoleh tidak akan mempunyai selisih banyak, meskipun mereka menggunakan tampilan berbeda.  Pengggunaan Analyser meta tag dalam bentuk apapun tidak menjamin halaman web tertentu berada diposisi TOP TEN SERP, namun yakinlah adanya Meta Tag yang layak, SEO ON PAGE yang anda lakukan dengan benar, setidaknya memudahkan Search Engine mengenali keberadaan serta potensi Halaman Web dari Blog atau situs kamu…Sekali lagi SEO Friendly-lah

Tips Penting

Harap selektif dan berhati-hati dalam menggunakan Plugin SEO, usahakan hanya 1(satu) atau maksimal 2(dua) Plugin yang terinstall di Blog WordPress anda. Terlebih anda menggunakan Theme WordPress yang sudah dibekali opsi untuk mengatur meta tag agar lebih SEO. Optimasi berlebihan dalam menggunakan Plugin SEO berakibat duplikasi konten.

Semoga Bermanfaat.

4 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 11 comments… read them below or add one }

Tumenggung 666 May 30, 2012 at 1:11 AM

kalo cara kluar dari google sandbox gimana kang? ni artikel saya http://tumenggung666.heck.in/how-mywapblog-are-you.xhtml kena sandbox wktu iseng2 ikut kontes seo…mohon petunjukknya master, ditunggu kehadiran di padepokan saya..salam damai

Reply

Ade Setijo K May 30, 2012 at 9:30 AM

Emmm, sandbox, siapa yang tahu bro? Logika-nya artikel kamu dianggap nggak terlalu penting-ngeyel n nakal di-mata Google, jadi “Beliau” umpetin layaknya mbah2 ke cucunya! Suatu ketika dimunculkan kembali. Jadi Mode-nya kita wajib nunggu! Yang penting bukan Situs kamu yang di-banned. Kalo cuman Artikel yang ke-Sanbox, coba diperbaiki. Aku pernah kasik tutorial kayak gini…googling ajha “7 Cara Ampuh Mengatasi Artikel Yang Hilang di Search Engine”,…ok Met berjuang n Salam Damai juga.

Reply

zam2 September 6, 2012 at 5:04 PM

gan saya punya masalah dengan meta tag yang di hasilkan plugin platinum seo, saya udah cek ternyata pas di lihat di source kodenya meta tag nya double jadi ada 2, dan keduanya di hasilkan oleh platinum seo, bagaimana cara megatasinya, saya takut di anggap spam oleh google.

Reply

Ade Setijo K September 7, 2012 at 7:52 AM

Ya, aku cek blog site kamu memang ada double description,keyword dan script…Langkah Pertama, coba Masuk Admin dan non aktifkan sementara plugin yang berbakat crash. Coba buka blog kamu pakai Browser yang lain > page source/source kode…ada perubahan nggak?

Reply

Artabez.Cam December 4, 2012 at 12:09 AM

saya coba cek dulu punya saya mas.

terimakasih mas sudah berbagi.

Reply

percetakan February 13, 2013 at 6:22 PM

ijin nyimak bos untuk mempelajari kualitas meta tag saya…

Reply

Android Game Review January 27, 2014 at 6:57 AM

hasil analisa yang diperoleh tidak akan mempunyai selisih banyak, meskipun mereka menggunakan tampilan berbeda….

Reply

Ade Setijo K January 28, 2014 at 12:15 AM

Setidaknya ada sedikit pembelajaran baru di sana, daripada kopas tag dan tidak tahu sama sekali.

Reply

mp3 minang November 30, 2014 at 8:00 PM

mas untuk blog saya,, tentang mp3 daerah minang ,, itu yang baik penulisan meta keywordnya seperti apa mas,, mohon bantuannya mas.. makasih sebelumnya

Reply

Ade Setijo K January 13, 2015 at 2:31 PM

Lebih spesifik saja frasenya…contoh, mp3 minang, lagu minang, musik minang dll…gitu.

Reply

percetakan October 10, 2015 at 9:24 AM

meta tag website saya juga mesti diperbaiki. sudah tidak update lagi…

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: