Cara Update Offline Avira Free Antivirus 2012 | Free Download File vdf_fusebundle

by on 2012/04/24. Updated 2012/05/04 · 0 comments

Update vdf_fusebundleDalam dunia Antivirus, Update Offline adalah cara melakukan pembaharuan secara Manual file definisi virus ke komputer yang lain tanpa tersambung dengan Internet (offline), dengan catatan kita sudah mempunyai file definisi pengenalan virus terbaru tersebut. Tentunya file itu adalah hasil download dari Server Antivirus yang bersangkutan. Untuk kasus Avira Antivir Free Antivirus, sudah lama server Avira menghilangkan link download file vdf_fusebundle, sehingga user atau pengguna Antivirus gratis ini kesulitan dimana dan bagaimana cara untuk mendapatkannya. Bukan masalah jika anda hanya menggunakan 1(satu) komputer/Laptop, bisa Update Online dengan cara Start Update, selesai. Lain masalah lagi jika ada 2(dua) komputer atau lebih, apalagi jika untuk topologi jaringan semacam warnet/Intranet. Berikut ini penjelasan lengkap, jika anda ingin memahami, lalu mengaplikasikan untuk mengatasi masalah ini.

Avira Fusebundle Generator

Tidak ada alasan yang jelas mengapa pihak Avira menghapus begitu saja link langsung Download file definisi vdf_fusebundle tersebut. Saya sendiri juga tidak ingat mulai tanggal dan bulan berapa hal ini berlangsung, menurut pengamatan setelah beberapa waktu kemunculan Avira versi 12 tahun 2012. Mungkin,  untuk kemudahan menurut mereka, alasan keamanan-security atau bisnis internet marketing semata. Apapun alasannya, sampai sekarang hal ini masih membuat banyak pengguna setia Avira Antivir Free Antivirus sedikit bingung, akhirnya kecewa.


Meskipun di sana telah disediakan Avira Fusebundle Generator sebagai pengganti file vdf_fusebundle, ternyata semua ini masih belum begitu membantu, fusebundle.exe hasil dari ekstrak download-an file avira_fusebundlegen-win32-en.zip, malah sering error saat di-open (red: buka/eksekusi)! Ditambah lagi petunjuk manual (How to Avira Fusebundle Generator) untuk pengaturan-setting dalam menjalankan Avira Fusebundle Generator agak rumit, terutama bagi pemula.

Fusebundle.exe failed

Link Download File VDF Terbaru – Cara Download

Dari referensi gambar di internet yang saya peroleh serta dari manual penggunaan Avira Fusebundle Generator, ternyata dari dulu alamat URL untuk halaman download “Our latest Virus Definition File“ serta link download, hingga saat ini belum berubah.

Lifecycle Page

Last Page vdf_fusebundle

Download vdf_fusebundle

Dari gambar terlihat, bahwa tim/pihak Avira sendiri masih meletakkan File Update Terbaru vdf_fusebundle mereka di tempat yang sama sampai saat ini (berharap tidak berubah/diganti). URL download http://dl.antivir.de/package/fusebundle/win32/int/vdf_fusebundle.zip , anda bisa ketik di address bar browser atau download langsung file vdf_fusebundle terbaru di link berikut :


Download vdf_fusebundle terbaru

Hasil download file vdf_fusebundle.zip berisi file engine seperti ; fusebundle-win32-int.info.gz, specvir-win32-int.info.gz , ave2-win32-int.info.gz, vdf.info.gz, master.idx, avpack32.dll, vbase000 sampai vbase031.vdf dan lain-lain sudah komplit disana. Sekarang anda tinggal buka software Avira Free lagi dan klik Menu > Update > Manual update > cari file  vdf_fusebundle.zip dimana tersimpan > Open, tunggu beberapa saat sampai proses update selesai.

Isi file vdf_fusebundle

Untuk meyakinkan apakah file vdf_fusebundle.zip sudah ter-integrasi dengan benar, silahkan buka Menu > Help > About Avira Free Antivirus > Version information. Anda bisa membandingkan pada gambar-gambar berikut.

vdf sebelum di update

vdf setelah di update

Kalo sudah benar, anda bisa menggunakan virus definition file vdf_fusebundle tersebut pada komputer-komputer yang lain untuk Update Offline. Lakukan dengan cara yang sama, jika memang  vdf minta di-update lagi.

Referensi Tambahan

Jika anda masih kesulitan memahami cara kerja Avira Antivirus Free, silahkan lihat artikel saya sebelumnya mengenai : cara menggunakan avira,  cara mendapatkan license key avira, atau cara upgrade avira.

Thanks to Avira

Sebagai feedback setidaknya kita bersyukur bahwa pihak Avira sampai detik ini masih memberikan solusi gratis bagi semua, dengan diberikannya Avira Free dan update vdf gratis, yang rasanya sudah cukup untuk melindungi PC dari virus-virus yang hampir tiap hari menyebar di Internet.

Semoga berguna.

4.5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment

Previous post:

Next post: