Cara Optimasi Gambar Untuk Memaksimalkan SEO On Page Artikel Blog-Situs

by on 2012/04/13. Updated 2012/10/24 · 10 comments

Memaksimalkan SEOJangan sepelekan sebuah image-gambar jika kamu ingin memaksimalkan SEO On Page dalam Artikel Blog. Ada kalanya dan sering, gambar menjadi rujukan bahkan keyword utama bagi visitor atau pengunjung  untuk menuju blog kamu dan bukan lewat judul Artikel maupun kata kunci tertentu…yang selama ini kita andalkan, betulkan? Sekali lagi kita bicara tentang list di SERP bukan?…Bisa dibayangkan alangkah senangnya jika semua gambar-gambar pada artikel kita ter-index dengan dahsyat di hasil pencarian Search Engine, kunjungan ke blog kita bertambah dan …memang inilah tujuan kita. Berikut ikuti  penjelasan mengenai Ide Dasar, Pengalaman Dan Pengamatan serta Bagaimana Cara Optimasi Gambar tersebut.

Ide Dasar Optimasi Gambar


Search Engine , kita ambil contoh Google, sudah dari dulu membuat direktori untuk gambar (ini bisa berupa sebuah foto hasil kamera ataupun gambar buatan).  Kamu bisa ketikkan apa saja di kolom pencarian untuk gambar. Hasil yang didapat adalah berupa list thumbnail gambar yang mempunyai korelasi dengan kata pencarian yang kamu ketik. Dan gambar-gambar tersebut tentunya berasal dari situs ataupun blog di mana gambar itu berada/dipasang!…Dari sini tentunya kita bisa berpikir bahwa sebenarnya Google telah membuat skrip-skrip yang didesain khusus untuk melayani pengindekan sebuah gambar. Bot Crawl Google yang ditugaskan secara khusus akan menangkap semua gambar yang ada pada situs atau blog di Internet, kemudian mem-filter/memilih berdasarkan informasi yang ada pada Gambar tersebut, yaitu Nama Gambar dan Judul Gambar.  Yang pasti jika Gambar tersebut dibuat berdasar Kaidah Search Engine Optimization Starter Guide, nantinya akan mempunyai prioritas untuk terindex lebih baik.

Pengalaman Dan pengamatan

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan, terutama melihat daftar kata kunci masuk ke blog , saya teliti ada beberapa Gambar dalam blog saya yang mempunyai  karakter posisi yang kuat di SERP Google, yaitu : gambar processor, gambar monitor, gambar ups, gambar power supply (silahkan kamu cek di kotak search-nya Google >> di penelusuran semua, bukan direktori gambar). Ini membuktikan bahwa optimasi gambar yang selama ini saya terapkan lumayan berhasil.

Jika Artikel kamu belum mempunyai gambar-gambar yang belum optimal, silahkan ikuti cara sederhana yang selanjutnya akan saya berikan…Sebagai catatan khusus, Tips Trik ini untuk kamu yang baru mulai bikin artikel bergambar ataupun Artikel lama yang belum ada gambarnya. Untuk Artikel yang sudah ada gambar-nya, tapi kamu “nggak yakin” sudah terindex Search Engine atau belum! Silahkan di rename alias edit saja!

Cara Optimasi Gambar

Kebetulan yang saya berikan adalah untuk blog wordpress, untuk blogspot atau core engine yang lain setidaknya caranya hampir sama. Dan asumsi-nya kita akan membuat sebuah artikel, langsung di beri gambar. Image gambar bisa berupa foto atau gambar buatan sendiri yang bisa kamu edit melalui Software Editor seperti Adobe Photoshop atau yang sejenisnya, dengan output format jpg, gif, png, dan lain-lain. Dan beri nama sesuai tema dari artikel, contohnya seperti ini : gambar-memaksimalkan-seo-on-page.png

 Gambar Untuk SEO

Masuk pada Dasboard Admin >> Add New Post (lebih baik gambar kamu pasang gambar setelah semua teks telah tersusun rapi) >> letakkan cursor dimana gambar akan di pasang >> klik Upload/InsertAdd Media >> Add media files from your computer >> Pilih Berkas >> contoh : gambar-memaksimalkan-seo-on-page.png >> Upload >> Tulis pada Title dan Alternate Text “gambar-memaksimalkan-seo-on-page” atau anda ketik “Memaksimalkan SEO On Page” agar nampak lebih rapi. Sementara abaikan opsi Caption dan Deskripsi >> Atur Alignment dan Size sesuai keinginan, kemudian Insert into Post, dan hasilnya seperti berikut, serta jangan lupa Publish. Kursor jika diarahkan ke Gambar akan muncul Judul/Title dari gambar.

 Judul Gambar Untuk Seo

Secara sederhana bisa dijelaskan seperti berikut : Judul Gambar “Memaksimalkan SEO On Page” menjelaskan keberadaan Nama Gambar “gambar-memaksimalkan-seo-on-page.png”. Sehingga dengan informasi Judul Gambar yang benar serta ditambah AlternateText dari gambar akan memudahkan Bot Search Engine mengenali gambar “gambar-memaksimalkan-seo-on-page.png”. Akhirnya pengindekan gambar dalam Artikel oleh tersebut lebih cepat terjadi dan tersimpan dengan baik dalam database library Search Engine  itu sendiri untuk kemudian siap dipanggil.

Sudahkah kamu meng-Optimasi gambar-gambar dalam Artikel Blog kamu, kalo belum segeralah dicoba…tunggulah indeksasi beberapa hari dan Rasakan hasilnya!

4 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 9 comments… read them below or add one }

nyata dan unik April 17, 2012 at 10:42 AM

terima kasih banyak mas infonya kebetulan situs saya juga penuh dengan gambar

Reply

mazdodot April 17, 2012 at 4:02 PM

Ok, langsung saja praktek…nggak ada ruginya kok!

Reply

jeli gamat luxor May 2, 2012 at 2:21 AM

seandainya nama gambar yang saya gunakan persis dengan keyword yang sedang saya target ? apa tidak akan terjadi terlalu banyak keyword di dalam postingan ?

Reply

mazdodot May 2, 2012 at 8:43 AM

Begini, Tiap gambar khan ada nama dan ceritanya sendiri2…Teknik SEO ON Page yang efektif biasanya hanya menyertakan 1(satu) nama gambar yang persis dengan ‘keyword konversi’ (nih jika gambar banyak). Crawl SE khan sudah pinter memilah2 itu artikel atau gambar. Ya kalo kalo karakter GAMBAR kamu kuat (termasuk didlmnya, banyak dicari!), yang jelas visitor khan tetap masuk ke BLOG kamu, meskipun gak lewat Title,keyword,tag,deskripsi dari ARTIKEL itu sendiri.

Reply

irwan efendi May 17, 2012 at 9:34 PM

Nice info sobat, thank atas infonya

Reply

Angga October 18, 2012 at 1:00 PM

wah ternyata penggunaan nama untuk gambar sangat berpengaruh ya,,
bisa langsung dippraktekkan nih..
misalnya penamaan gambar satu dengan yang lainnya sama apa bisa teroptimasi juga??

Reply

Ade Setijo K October 20, 2012 at 3:25 PM

pakai sedikit trik,…beri tambahan variabel 1,2,3 dan seterusnya!

Reply

Alamseru February 1, 2013 at 1:38 PM

makasi infonya gan..baru tau ane cara memaksimalkan gambar…

Reply

irsyad aquino May 19, 2013 at 7:50 AM

Terima kasih Mas, Tips yang sangat bermanfaat

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: