Cara Mencegah Duplikat Konten Artikel Blog di Hasil Pencarian Search Engine

by on 2012/03/06. Updated 2012/09/13 · 23 comments

Duplikat KontenKebijakan search engine atau SE terutama Google akhir-akhir ini membuat kita lebih berusaha untuk meningkatkan kualitas konten artikel postingan blog, itu kalo ingin ter-index baik. Baik itu judul postingan, keyword, sampai optimasi gambar. Tetapi kalo struktur konten postingan sudah ditata rapi sedemikian rupa kemudian kita tahu artikel tersebut ‘just copy paste’ oleh pengunjung yang cuma mampir…lalu menghilang tanpa jejak, serta berpotensi menghasilkan Duplikat Konten atau Bahasa Inggris-nya duplicate content!? Tidak hanya Copy Paste yang mampu memicu duplikasi konten sebuah artikel di hasil pencarian search engine, beberapa hal lain termasuk SEO ON Page yang berlebihan bisa menjadi penyebabnya. Berikut penjelasan lengkap serta bagaimana cara mengatasi atau menghindari-nya…

Hal-Hal Yang Bisa Menyebabkan Duplikat Konten Dan Cara Mencegah Serta Mengatasinya :

  • Copas atau Copy Paste Memicu Duplikasi Konten : Menjengkelkan lagi jika artikel-full content yang di copas itu kemudian di jadikan sebuah Artikel dengan judul yang sama, tanpa secuilpun melampirkan sumber asli-nya (artikel kembar). Atau mungkin ada modifikasi sedikit pada judul postingan, keyword, tag sampai Meta Deskripsi-nya. Alangkah lebih pedih lagi jika artikel hasil copas tersebut ter-index di halaman 1 hasil pencarian, sedangkan artikel asli kita cuma di halaman ke 2 atau 3 bahkan hilang lenyap sama sekali (susah memang kalo lawan blogger-bloger ber-muka tembok). Untuk mengatasinya, silahkan lihat di Cara Mencegah Dan Menghindari Copy Paste Konten Artikel.
  • Duplikat Konten Vs Situs Iklan Baris Gratis : Saya sering melihat para pemilik atau webmaster berupaya untuk mempromosikan situs/blog-nya dengan menyebar promosi melalui Situs Iklan Baris Gratis. Tidak masalah kalo konten promosi yang digunakan adalah deskripsi singkat dari produk yang dihasilkan/ditawarkan, tapi parahnya mereka sering menggunakan total konten artikel untuk itu. Anda bisa membayangkan kalo promosi (beriklan) dengan cara tersebut disebar di puluhan bahkan ratusan Situs yang serupa! Untuk itu, baiknya mulai sekarang memahami kasus seperti ini, lalu belajar cara bikin diskripsi singkat (ini termasuk SEO OFF Page).
  • Duplikat Internal : Ini lebih mengarah pada Search Engine Optimization SEO ON Page dimana : Terlalu berlebihan menggunakan tag dalam konten merupakan duplikasi internal di mata search engine. Sebuah Tag adalah kata atau kalimat singkat penanda-label yang mewakili sebuah artikel. Jika tag yang di pasang terlalu banyak dan tidak ada korelasi untuk artikel tersebut, percuma! Karena semua tag-tag tersebut hanya menuju pada Satu Artikel itu-itu saja! Atau…anda kurang yakin sama skrip  search engine SE yang didesain khusus untuk nge-Bot Crawl Meta Tag ini? Mau diukur panjangnya…hehehe? …Beberapa Plugin yang ter-install untuk SEO ON Page juga berpotensi menimbulkan duplicate content, terutama pada Meta Tag (baik title, description, keyword). Hal ini menyebabkan kebingungan pada Bot Crawl search engine, skrip bot bisa random memilih mana yang harus di utamakan. Untuk menghindari silahkan gunakan pernyataan canonical Meta Tag tiap URL pada Header…Kurangi juga menggunakan Link Keluar (outbound link) yang menuju situs yang sama, karena search engine terutama Yahoo! Menyukai sedikit tautan situs atau link yang mengarah keluar.
  • Kontes SEO : Uji kemampuan seperti ini sangat bagus untuk melatih dan menguji seberapa TAJAM fokus kita pada Konten Artikel yang kita tulis (SEO ON Page..mungkin juga OFF Page…hehehe). Yang pasti JURI UTAMA-nya adalah search engine! Bisa kita lihat bahwa artikel mereka bertumpuk-tumpuk di halaman pertama juga kedua di hasil pencarian. Hayoo siapa yang bisa menemukan Konten yang asli-orisinil dan mana yang duplikast konten-nya? Pemenang-nya? Relatif bukan! Monggo berpikir lebih Logis…

Tidak ada yang sempurna untuk semua ini, semua catatan-catatan pengalaman cara me-manajemen blog/situs sudah dipraktekkan, semua rumus bahkan jurus juga dikeluarkan agar lebih Layak di mata search engine, tapi mengapa yang namanya Duplikat Konten masih saja ada dan muncul di hasil pencarian search engine…?

Mudah-mudahan untuk kedepan nanti, Duplikat Konten atau duplicate content sudah jarang kita temui, sehingga memudahkan kita mencari informasi yang dibutuhkan sesuai keinginan

Silahkan rekan-rekan sedikit share, jika punya pengalaman yang berbeda dari saya.

Terimakasih sebelumnya, jika sudah membaca dan komentar…

 

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 20 comments… read them below or add one }

Trading Forex March 9, 2012 at 4:07 PM

umpama konten kita itu hasil dari web lain..

Reply

mazdodot March 9, 2012 at 8:14 PM

copy paste konten dong namanya…

Reply

CaraJualPulsa March 15, 2012 at 11:07 AM

Gan judulnya cara mencegah, tp kok isinya adalah penyebabnya.

Reply

mazdodot March 15, 2012 at 11:19 AM

Silahkan dibaca lagi lebih teliti dan nggak usah terburu-buru…tuh aku sertakan solusi-nya di tiap opsi!

Reply

Badru March 17, 2012 at 9:36 PM

mantep

Reply

File Education March 21, 2012 at 11:03 PM

mas mengatasi duplikat konten versi hp di blogspot gimana yah, saya googling gak ada mas

Reply

mazdodot March 22, 2012 at 2:08 AM

kurang detail Wan pertannyaanmu,…Yang pasti di posting-ku ini fokus pada hasil pencarian di Search Engine, kalo perangkat seperti hp/ponsel (mungkin support engine wp atau support blogspot di dalamnya)…aku belum coba. Tapi penerapannya gak jauh beda…kayaknya,hehehe.

Reply

zetiawan March 27, 2012 at 9:21 AM

gan kalo duplikat konten contoh seperti ini../nama.com/postingan.html dan /nama.com/postingan.html?m=0..gimana ya cara ngatasinnya, postingan saya terjadi duplikat konten seperti itu, memang setelah saya cek postingan saya ada yang meng copy paste , tapi di translate manggunakkan bahasa inggris, apa mungkin di situ gara2nya hingga terjadi duplikat konten, mhon pencerahannya, txh sebelumnya.

Reply

mazdodot March 27, 2012 at 9:55 AM

1. Nih duplikat Internal,Wan…coba pake ‘canonical’, contoh: link rel=”canonical” href=”URL Postingan”/ tutup pake ‘<>‘ , taruh di antara elemen Head, injectx pake plugin atau manual boleh (googling ajha).
2. Hebat dong (kalo orang bule) yang translate artikel-mu,..tuh duplikasi eksternal, biarkan saja, selama sudah pake “canonical”, tinggal nunggu google nge-Bot Crawl atau Resubmit Sitemap di Webmaster Tool. OK?

Reply

zetiawan April 10, 2012 at 11:30 PM

Terimakasih mas dodot info dan sarannya,, udah saya coba, semoga hasilnya memuaskan dan duplikat konten blog saya gak nongol lagi di hasil pencarian..he he

Reply

javaindo April 14, 2012 at 2:05 PM

terimakaish om infonya, cocok ni buat yang ahli copas..heheh tapi asalkan kita copas tapi pada paragraf awal dan ahir kit abuat sendiri insyaalah juga sdah gak dianggap copas ma guugle..

Reply

eflianda August 4, 2012 at 2:47 AM

terus cara mencegahnya bagaimana.?
aq sebenarnya paham sih,,
tp karna sobat menyatukan dengan penyebab ,
akan menjadikan pembaca bingung tu, yang mana inti dari pembahasan ini..

Reply

Ade Setijo K August 4, 2012 at 11:32 AM

Kalo sudah paham ya syukurlah…biar yang lain berusaha memahami-nya sendiri. Cara paham tiap individu akan sesuatu, beda!

Reply

andri November 10, 2012 at 2:07 PM

bos, saya baaru belajar buat blog, saya coba di mesin pencari google, setelah muncul,kok blog saya di situ ada beberapa(duplikasi blog), gimana, caranya, agar blog tersebut, waktu kita seacrh di mesin pencari, muncul satu saja…tidak banyak

Reply

Ade Setijo K November 10, 2012 at 9:36 PM

Yang pertama, coba cek di Google Webmaster Tool ada kesalahan pengindex-an nggak?…sitemap ataupun crawl, dll.

Reply

indiecomnet December 7, 2012 at 4:03 PM

kalo cara membuat robots.txt yang benar gmana ya gan? maksudnya
yang keindex itu hanya konten saya, untuk wordpress gan

Reply

Ade Setijo K December 8, 2012 at 1:34 AM

Sampai saat ini saya-pun juga masih agak rancu dengam bagaimana cara membuat robots.txt yang benar. Tapi selama saya menggunakan robots.txt (untuk blog ini, bisa anda cek), tidak pernah ada masalah dengan pengindekan. Kalo hanya ingin postingan saja, bisa anda gunakan Plugin Google XML Sitemaps, untuk pembatasan/fokus index (mf,..wp anda self hosting khan).

Reply

tips wisata murah December 22, 2012 at 10:35 AM

maksut pemasangan canonical Meta Tag tiap URL pada Header itu gemanan ya. umumnya untuk blogspot kan di berikan hanya pada data:blog.pageType atau data:blog.title.. (Home page)

apakah tidak resiko kalau kita kasih meta tag tersebut pada tiap URL atau di data:blog.pageName yang diantara dibatase dengan kode “if” atau “else”

ane ragu, walau logika berpikir nyambung. karena duplikat memang terjadi pada url posting.. njuk piye ki mas. hehe

Reply

Ade Setijo K December 22, 2012 at 10:17 PM

Masalahnya aku pake wp dan selama ini nggak ada ruginya kok. Nggak usah ragulah, namanya ajha canonical yang artinya penegasan bahwa artikel yang bersangkutan URL aslinya adalah itu…

Reply

husni March 6, 2014 at 11:09 AM

bermanfaat bgt mas soalnya saya baru tahu bisa duplikat diwebmasterwebnya

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: