Cara Mencegah Dan Menghindari Copy Paste Konten Artikel Blog Menggunakan Plugin WP-CopyProtect

by on 2012/03/06. Updated 2012/05/04 · 14 comments

Anti Copy PasteApa itu Copy Paste? Copas atau Copy Paste adalah salah satu cara tertua dalam dunia Komputer yang fungsinya untuk menggandakan suatu dokumen (text, gambar, video, dan lain-lain). Media seperti Internet sebagai sumber informasi dan pengetahuan lebih memungkinkan banyak orang untuk leluasa mencari, lalu membaca-melihat terus mengambil-mengunduh-download apa yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah. Harus diakui bahwa hampir semua pengguna Internet (terutama dari negeri kita sendiri) yang namanya Etika Ber-Internet, penghargaan akan sebuah karya, apalagi berbentuk Tulisan , masih sangat kurang…Saya sering Blokwalking di blog-blog/situs sahabat, dan padahal disana tidak sedikit yang Artikel yang Konten-nya Berkualitas (ber-Page Rank dan Alexa Rank tinggi). Tapi saya perhatikan yang namanya interaksi pengunjung terlebih komentar, kadang cuma 1 atau 2 ekor! Bahkan kadang tidak ada sama sekali…menyedihkan. Dimana Interaksi? Kemana pengunjung? Jawabannya : SMP-Setelah Makan Pulang…,setelah copy paste pergi! Bagaimana menyikapi serta cara mencegah Copy Paste Artikel, terutama di blog wordpress  menggunakan Plugin WP-CopyProtect, ikuti dahulu ulasan berikut.

Copy Paste Artikel Dan Tingkat Bounce Rate

Wacana copy paste di atas juga menginpirasi saya untuk segera ‘mengamankan konten artikel’ dari para copaster. Alasannya, ternyata itu juga sudah terjadi pada Blog saya ini…hehehe. Selain kuatir terjadi Duplikat Konten, terlihat jelas juga saat memperhatikan dan mempelajari Informasi dalam Akun Histat Meter saya sendiri beberapa waktu yang lalu, dimana terlihat tingkat Bounce Rate yang tinggi! Dan itu terjadi hampir di tiap kunjungan dan darimanapun kunjungan itu berasal!  Yang jelas dan pasti, salah satu penyebabnya adalah perlakuan Copy Paste Artikel, karena untuk menghitung Bounce Rate, lama waktu kunjungan dari sebuah IP Address merupakan salah satu faktor penentu. Ini baru copy paste, bayangkan jika pengunjung datang, halaman belum selesai loading langsung di Klik Close (x)….Yah mungkin, kalo anda mau melihat-lihat, konten dalam artikel-artikel saya bukanlah terbaik dan paling berkualitas diantara konten artikel yang lain, tapi kalau boleh jujur, siapa yang mau Blog kita hanya dijadikan Jalan Pintas atau Sekedar Lewat-Bypass saja. Lagipula apa sih susahnya tinggal baca dan sedikit komen…(nggak sedikit yang cuman  ‘thanks gan’, meskipun nggak baca konten artikelnya….hahaha).

Install Plugin WP-CopyProtect Untuk Mencegah Copy Paste Artikel

Jika anda pengguna WordPress Self Hosting anda bisa mulai memasang Plugin WP-CopyProtect sebagai anjing Doberman atau Herder untuk menjaga artikel anda (untuk blog yang menggunakan core engine blogspot silahkan Googling sendiri ya). Nantinya setelah plugin ini terpasang, alhasil pengunjung harus sedikit melotot membaca artikel kita sampai TAMAT! Kalo artikel berupa sebuah Tutorial yang notabene biasanya panjang…weik! Yah semua tergantung MINAT dan NIAT baca pengunjung!

Berikut sekilas installasi Plugin WP-CopyProtect ( ya memang opsinya sedikit ) :


  • Setelah download, langsung saja pasang atau install Plugin WP-CopyProtect seperti biasa anda lakukan pada plugin-plugin wordpress yang lain.
  • Selesai install, klik Menu Setting pada Dashboar Admin, lalu pilih WP-CopyProtect 
  • Atur pengaturan sesuai keinginan pada Setting Page Plungin WP-CopyProtect. Untuk Opsi Disable right mouse klik ada 3 pilihan dan bisa memilih salah satu, contohnya dengan membatasi Klik Kanan oleh pegunjung,  anda bisa mengisi sebuah pesan singkat jika ada pengunjung yang mencoba klik kanan.
  • Opsi Disable text selection : beri cawang jika ingin menghindari blok text (atau Ctrl+A) dari pengunjung.
  • Display protection information : jika opsi ini diaktifkan, maka pada Footer WordPress akan muncul Informasi mengenai  status Plugin WP-CopyProtect.
  • Save Setting : Langkah akhir untuk menyimpan semua perubahan pengaturan pada Plugin WP-CopyProtect, kemudian silahkan dicoba pada salah satu artikel anda sebagai test apakah Plugin ini sudah bekerja dengan benar apa tidak.

Setting WP-CopyProtect

Ada perubahan yang cukup berarti setelah saya memasang Plugin WP-CopyProtect ini, terlihat pada Laporan di Dashboard Akun Histat bahwa lama kunjungan mengalami kenaikan yang diikuti Bounce Rate mengalami Kenaikan juga.

Info Bounce Rate

 Sebenarnya di luar sana masih banyak juga skrip-skrip kode bahkan plugin lain yang fungsinya hampir sama dengan Plugin WP-CopyProtect, yang intinya berguna untuk memproteksi konten artikel blog kita atau Anti Copy Paste. Selain itu tidak sedikit skrip-kode, tips trik yang dibuat malah untuk menghindari Copy Paste tersebut…Akan tetapi saya kira kita tidak usah terlalu kuatir mengenai itu…Setidaknya dengan menulis artikel (apapun tema-nya) kita sudah berusaha memberi yang terbaik buat pengunjung blog-situs kita. Terserah-lah bagi pengunjung apa ‘Bisa Menghargai Karya Orang Lain Apa Tidak…?!’

3.5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 12 comments… read them below or add one }

Amanda March 28, 2012 at 7:46 AM

ini kalau copassernya secara manual kan Mas? Apa plugin ini juga efektif untuk menangkal scrapper auto blog?

Reply

mazdodot March 28, 2012 at 2:08 PM

Nggak ada yang terbaik dan yang paling efektif, tapi setidaknya Plugin WP-CopyProtect bikin copaster mikir… Scrapper auto blog?…disable saja Rss Feed-nya (karena kadang blog directory langsung ambil rss feed blog kita secara otomatis, meski nggak kita kasih path Rss kita)

Reply

togel fans club March 31, 2012 at 10:59 AM

trims mas atas info tips nya. sudah sy coba dan berhasil silahkan cek di http://www.angkajitu.net
jika tida ada info ini mungkin blog sy jadi sarana empuk copas para penjahat..

Reply

mazdodot March 31, 2012 at 8:58 PM

Bukan penjahat…Kurang Etika Saja!, mungkin.

Reply

Bloge Wonk Cerbon July 4, 2012 at 1:15 AM

biar belum sempat posting, tapi saya mau coba pasang Plugin WP-CopyProtect gan. mudah-mudahan dengan memasang Plugin WP-CopyProtect, blog saya aman dari copaster.

Reply

Daniel September 22, 2012 at 8:16 PM

Biar aman, tulis di header…..

” Yang Mengcopas Blog Saya Semoga Di Laknat Allah ! “

Reply

Ade Setijo K September 22, 2012 at 9:07 PM

Hahaha..nggak setragis gitu bro. Malah itu memicu mereka2, sehingga malah penasaran pingin copas. Biar ajha kalo niat copy…Wong korupsi ajha tinggal copas, apalagi cuman artikel doang!?

Reply

roni September 30, 2013 at 3:36 AM

mantap banget…

Reply

kumpulan artikel pendidikan May 6, 2014 at 9:44 PM

Awesome things here. I’m very happy to peer your post.

Thank you so much and I am having a look ahead to touch you.

Will you please drop me a e-mail?

Reply

Rajajitu January 12, 2015 at 11:04 PM

Tapi apakah memang copas bisa merugikan kita?

Reply

Ade Setijo K January 13, 2015 at 2:12 PM

“Copas Artikel”…selama ada link ke sumber asli-nya tidaklah terlalu rugi.

Reply

info-menarik.NET February 17, 2015 at 1:20 PM

Sip mas artikelnya sangat membantu nih …

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: