Cara Cepat Mengubah Bahasa Dashboard Admin WordPress Secara Manual

by on 2012/02/22. Updated 2012/05/04 · 15 comments

Dasboard WordPress 3.3.1Saat pertama kali versi wordpress terbaru dirilis Bahasa atau Language yang digunakan pada Dashboard Admin WordPress-Self Hosting defaultnya adalah Bahasa Inggris atau English-Native. Untuk memilih atau customize bahasa-bahasa yang lain biasanya harus menunggu terjemahan-translate dari kontributor atau developer. Tapi ada kalanya saat terjemahan-translate diluncurkan atau dirilis (disebut ‘localization’>> maaf red: lokalisasi bahasa), sering terjadi ketidak sinkron-an atau ketidak pas-an/cocok pada arti dari kata-kata yang dimaksud (tapi rasanya kurang enak-lah kalo diterjemahkan serta terlanjur terbiasa dengan kata-kata Bahasa Inggris). Berikut akan saya berikan sedikit trik cepat dan mudah bagi rekan-rekan yang belum tahu, bagaimana cara merubah secara manual Bahasa Dashboard Admin WordPress ke Bahasa default-nya/Native yaitu Bahasa Inggris.

Kronologis Update Bahasa


Pada awal kasus atau permasalahnnya begini ; Setelah anda berhasil install wordpress rilis terbaru dan sukses, bahasa bawaan-nya Bahasa Inggris (jika paket lokalisasi belum dirilis) . Kemudian selang beberapa waktu (minggu,bulan…), pada dashboard anda akan muncul pemberitahuan untuk Update WordPress dengan Paket Berkas Bahasa setempat (country language). Karena anda tidak ingin bermasalah dan tidak ada alternatif lain (karena kebijakan umum WordPress adalah harus selalu update-upgrade  Theme,Plugin,Core Engine,Security issue dan sebagainya), maka anda akan memilih Update. Itu berlaku untuk Automatic Update ataupun Update secara Manual (download dahulu).

Update Dashboard English-Indonesian

Sebagai contoh, jika yang sudah terlanjur diubah adalah Bahasa Indonesia. Dan perlu diketahui juga bahwa Bahasa Indonesia dalam Codex WordPress mempunyai Code Language id_ID. Untuk itu mari kita mulai dengan mengubah Code Language id_ID tersebut menjadi default/English Language :

  1. Download file wp-config.php pada root direktori WordPress Selfhosting anda ( asumsi : wordpress terletak pada root direktori public_html Hosting). Anda bisa download lewat Cpanel langsung ataupun menggunakan software Filezilla Client.
  2. Edit file wp-config.php tersebut menggunakan Notepad Windows atau Software Notepad++. Cari baris  define (‘WPLANG’, ‘id_ID’); , kemudian hapus code id_ID dan biarkan menjadi kosong, atau jelasnya seperti gambar berikut :
wp config

Jangan lupa menyimpan perubahan pada file wp-config.php tersebut!


  1. Setelah itu file wp-config.php tersebut bisa di Upload kembali ke root direktori hosting anda.
  2. Anda sekarang bisa masuk kembali ke Dashboard Admin WordPress dan lihatlah kata-kata pada Menu Dashboard-nya sudah kembali ke Bahasa Inggris atau English Language!
  3. Untuk berikutnya jika, ingin merubah kembali ke Bahasa Indonesia, dengan cara yang hampir sama anda dapat menambahkan kembali ‘id_ID’ pada baris tersebut.

Selesai.

Catatan dan Tautan Penting :

4 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 15 comments… read them below or add one }

susan February 24, 2012 at 11:03 PM

Like the blog

Reply

Bloge Wonk Cerbon July 4, 2012 at 3:42 PM

saya ikut mereferensikan artikel sobat tentang Cara Cepat Mengubah Bahasa Dashboard Admin Wordpress Secara Manual, moga berkenan

Reply

Ade Setijo K July 6, 2012 at 8:04 PM

Ok, apapun itu…terimakasih banget…

Reply

zhanaz48 August 19, 2012 at 9:06 AM

Saya coba dulu yachhh…

Reply

Gestamalucas September 27, 2012 at 5:17 PM

Om plugin WP Native Dashbordnya kok gak ada Bahasa Indonesianya… Gimana caranya tambahinnya Om…hehehe
Maklum pemula..

Reply

Ade Setijo K September 28, 2012 at 1:13 AM

Malu ya pakai link blog kamu…No problem deh,…masuk di Link codex wordpres language di atas > copy-kan code ID untuk Bahasa Indonesia ke > directory Plugin WP Native kamu lewat Filezilla Client atau langsung upload lewat cpanel.Beres!…hehehe.

Reply

ace maxs December 24, 2012 at 3:05 AM

susah juga ya,,ane dah cobaa

Reply

Ade Setijo K December 24, 2012 at 9:35 AM

Kadang memang harus kerja keras kalo ingin mengerti…terimakasih sudah membaca.

Reply

Rizkyzone.com January 28, 2013 at 12:04 PM

di blog saya bahasanya sudah bahasa linggis mas, selain itu saya dah terbiasa dengan bahasa linggis, pakai bhasa indonesia malah bingung

Reply

Ade Setijo K January 28, 2013 at 11:34 PM

Memang kadang terjemahan Indonesia dari Bahasa Inggris terdengar n terlihat rancu…Tapi apapun kalo menjadi kebiasaan juga sulit dihilangkan, malah jadi acuan.

Reply

jamal March 30, 2013 at 1:29 PM

saya biasanya merubah bahasa sebelum waktu penginstalan bagaimana gak apa apa kan!

Reply

Ade Setijo K April 2, 2013 at 6:55 PM

No problem, yang penting hasil akhir sesuai yang diharapkan….semua orang punya cara beda.

Reply

jamal April 2, 2013 at 3:58 PM

jika blognya sudah lama dan pageranknya tinggi apa tidak akan merubah posisi di search google

Reply

Ade Setijo K April 2, 2013 at 7:07 PM

Lama-nya umur Blog juga punya pengaruh di SE, tapi yang lebih diperhitungkan di SERP adalah kekuatan artikel (SEO on Page)…cari artikel-ku bagaimana ‘cara bikin artikel yang benar’.

Reply

cholict May 7, 2015 at 3:16 PM

Gan kalau mau merubah bahasa menu di dashboard admin yang awalnya bahasa indonesiake bahasa inggris gimana yah??

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: