FILOSOFI : Merawat dan Memperlakukan Blog atau Situs Seperti Kekasih

by on 2012/01/24. Updated 2012/09/14 · 9 comments

Gandengan TanganTernyata banyak juga blogger dan pemilik website-situs web setelah Blog dan Situs-nya jadi, duduk manis selesai sudah! Dibiarkan tidak terawat! Itu salah…berarti itu sudah menyia-nyiakan apa yang sebelumnya sudah direncanakan dengan matang. Apalagi kalau blog-situs web nya adalah sebuah share blog yang wajib-nya harus update artikel-posting dengan frekuensi tertentu…Nah, berikut sedikit aku jelaskan bagaimana cara merawat dan memperlakukan blog/situs kita dengan benar, agar mampu menjadi sebuah blog/situs yang diharapkan…

Mengapa Blog harus selalu di-update (posting artikel) secara berkala? Ini pertanyaan umum yang harus dimiliki dan itu memang konsekuensinya, jawabannya seperti ini: Konsep Penciptaan sebuah BLOG di dasarkan pada keinginan untuk berbagi atau sharing (sesuatu, red: ilmu pengetahuan). Maka engineer-engineer programer web yang punya ‘kebaikan hati’ itu meracik core engine sedemikian rupa, sehingga saat kita menulis artikel lalu posting-publish menandakan ada aktifitas Blog kita (kegiatan ini terbaca oleh seach engine melalui kunjungan automatis bot crawl-nya). Dan tentunya core engine seperti Blogspot, WordPress, Joomla dan yang lainnya dibuat dengan karakter update yang hampir mirip.

Setidaknya pernah kan membaca kasus sebuah website atau blog yang ‘kepanasan’ melihat Ranking-nya di search engine atau situs site meter turun. Kalau yang empunya blog/situs sendiri sudah menganalisa dengan teliti, pasti mereka menyadari dan mengakui bahwa mereka jarang update/publish postingan, dan sialnya, hal itu memang BENAR! Jadi, jangan sepelekan posting artikel, komentar, bahkan templete atau theme sebuah blog…harus paham banget semua itu adalah senjata ampuh agar blog kamu lebih dikenal di Internet. Yang pasti dan nomer 1 dari semua itu adalah posting artikel secara berkala. Bisa harian, minimal mingguan (untuk blog atau situs yang baru). Jangan sampai menulis artikel terbaru terlalu lama dari artikel yang terakhir…berani dan sudah mencoba? Hasilnya?

Bagaimana harus menulis artikel yang benar, itu relatif tergantung kemampuan  mengekspresikan ide-ide ke dalam sebuah tulisan atau text bisa juga dalam bentuk video atau bahkan gambar-gambar. Jika semua betul-betul tidak mampu dilakukan – masak kebangeten (mosok kenemenen, red : Jawa) sewa saja Jasa Writer/Penulisan Artikel untuk update artikel Blog/situs kamu…beres deh! Sebagai alternatif  bisa saja bikin situs forum atau iklan baris gratis tanpa daftar, sehingga kita tinggal duduk manis dan menikmati automatic update dari pengunjung situs yang komentar maupun yang beriklan pada situs tersebut.

Tidak salah juga ‘blog’ kita jadikan tempat berbagi dan curhat, anggap saja pasangan kedua…hahaha. Tapi ingat jangan terlalu egois pada blog yang kita miliki tersebut, karena semata-mata milik kita lalu desain web/template/theme sengaja atau tidak bikin orang lain susah mengakses! ‘Tamu adalah Raja’ ya ungkapan seperti diperuntukkan juga bagi pengunjung situs. Apalagi saat memilih desain web dan taksonomi, kita harus usahakan tampilan blog atau situs mudah untuk di-navigasi…Ingat, kata ‘Bagus’ di Internet sangatlah Relatif juga….

Sangat menyenangkan bila suatu ketika kita lihat keharmonisan sepasang kekasih berjalan bergandengan (dunia bukan hanya milik berdua)…Yang lihat juga seneng. Seperti itulah filosofi-nya, jika anda memperlakukan blog-situs anda seperti kekasih tercinta anda, yakinlah anda sudah memberikan sesuatu yang menyenangkan juga bagi pengunjung situs yang melihat…

Waah saya pribadi yakin, kalau anda-anda sekalian memberi perlakuan blog masing-masing seperti yang saya maksud,…search engine bakalan sibuk untuk memberi nilai-Rank tinggi pada blog-situs tersebut dan tidak sibuk untuk nge-Banned.

Semoga berguna.

4 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 6 comments… read them below or add one }

kang joyo February 11, 2012 at 12:31 PM

tulisan anda menginpirasi para blogger untuk lebih kreaif dalam mengelola web/blog terima kasih Kang! dan salute dengan empat jempol buat anda semua!

Reply

mazdodot February 11, 2012 at 10:20 PM

Thanks juga atas jempol-nya kang,…happy blogging n keep share.

Reply

Nila March 6, 2012 at 7:25 AM

Sejak website saya serahkan ke Skydivo, pengunjung kami meningkat drastis. Kami juga dapat laporan kunjungan bulanan. 😀

Reply

Badru March 14, 2012 at 8:17 AM

terima kasih infonya, artikel yang menarik

Reply

mazdodot March 14, 2012 at 10:02 AM

Terimakasih juga atas kontribusi-nya…

Reply

vegasis info July 4, 2015 at 9:20 PM

Artikel ini udah lama tapi masih sangat bermanfaat buat nyubi seperti saya
Terima kasih atas pencerahannya Mas.

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: