Apa itu Custom ROMs Android?

by on 2011/09/26. Updated 2013/05/01 · 72 comments

Custom Rom AndroidAndroid Mod atau yang lebih dikenal dengan istilah Custom ROMs Android adalah file sistem firmware perangkat seperti ponsel/handphone atau tablet pc, yang berbasiskan operating sistem Android yang dimodifikasi serta dikustomisasi sesuai keinginan (Custom Developer), dengan mengubah firmware resmi-asli (Stock ROM ) bawaan vendor perangkat tersebut. Tujuan pembuatan Custom ROM adalah untuk mengubah dan atau menambah fitur dari firmware perangkat Android sehingga mempunyai kemampuan, keandalan serta kinerja-performance melebihi dari apa yang sudah ditawarkan oleh firmware asli-nya. Kemampuan atau ability tersebut dapat berupa perbaikan fitur : Wi-Fi, Bluetooth, USB, Audio, Display, Reboot, Rooted, Network,3G Modem, Kemudahan Install Aplikasi-apps (.apk) dan lain-lain, bahkan  Over Clock Processor perangkat Android tersebut!

Sekilas Arti Dan Penjelasan Istilah Custom ROM

ROMRead Only Memory adalah tempat penyimpanan data (dalam bahasan ini file sistem) yang berbentuk Chip-IC. Jadi secara umum Kustom ROM atau Custom ROM bisa diartikan  sebuah file sistem yang berbentuk software-firmware (ukuran/kapasitas dalam KiloByte-MegaByte) yang letaknya di IC ROM perangkat (fungsinya seperti IC BIOS pada Komputer-mengatur semua peripheral pada mainboard dengan menggunakan Kernel sebagai akses utama ) yang kemudian dimodifikasi sedemikian rupa agar lebih bisa apa saja sesuai keinginan, tentunya tetap berbasis versi firmware asli/Stock ROM dari perangkat keluaran pabrik atau vendor tersebut. Secara teknis file sistem dalam Stock ROM perangkat diambil-download oleh Custom Developer (pihak ketiga) untuk dimodifikasi mereka sesuai keinginan, selanjutnya ditanamkan lagi keperangkat tersebut atau keperangkat lain yang support-cocok  (salah satunya melalui metode flashing).

Sejarah Perkembangan Custom ROM Android

Cikal bakal mulai dibuatnya Custom ROM Android  tidak lepas dari tangan-tangan jahil para hacker dan Unlocker perangkat (sebelum ada Custom Developer). Alasan mereka cukup kuat dan wajar untuk melakukan hacking, karena mereka hidup dalam tantangan, apalagi ingin mencoba sesuatu yang bikin penasaran. Merasa ada yang bermasalah ( bug ) dalam sistem perangkat Android keluaran pabrik tersebut, lalu ingin memperbaikinya (Stand Alone Version). Tapi saat itu karya mereka masih belum banyak dan semaksimal seperti sekarang, karena komunitas untuk itu belum banyak serta adanya isu Hak Cipta Perangkat.

Baru setelah Kantor Hak Cipta Amerka Serikat mengumumkan pembebasan mengenai Root perangkat, dan memang pada dasar-nya Operating Sistem Android  berbasis Linux yang Open Source memberi kebebasan para developer pihak ketiga untuk meracik Custom ROM sebaik-baiknya berdasarkan selera dan kemampuan mereka. Maka muncullah berbagai macam jenis bahkan ribuan Custom ROM, yang masing-masing menawarkan serta memiliki fitur-fitur menarik yang bermacam-macam pula. Custom ROM dengan jenis yang sama berkembang menjadi macam-macam versi juga, yang tentunya versi tertinggi atau terbaru adalah penyempurnaan dari versi firmware yang terdahulu (tiap versi Custom ROM juga tergantung dari basic Versi Android OS).

Keuntungan Custom ROM Android :

  • Ada banyak pilihan Custom ROM yang bisa dipilih sesuai perangkat Android anda. Contoh Jenis dan Macam Custom ROM yang bisa anda download dengan gratis di forum atau official website-nya pada link-link berikut :


Kerugian Custom ROM Android :

  • Adanya kesulitan-kesulitan yang muncul saat Installasi salah satu Custom ROM , data hilang, file-file sistem korup, beberapa perangkat bahkan tidak bisa booting sama sekali.
  • Beberapa Custom ROM malah dapat menjadi masalah pada perangkat anda (bug), maka masuklah forum untuk memperdalam ini.
  • Fungsi beberapa bagian perngkat akan hilang atau tidak bisa digunakan setelah anda menginstall beberapa jenis ROM yang dimodifikasi tersebut, tidak sebelum anda menggunakan firmware asli atau Stock ROM.
  • Garansi ponsel/tablet pc akan hilang/batal sejak saat setelah installasi Custom ROM.

Cara Memilih Custom ROM Android Yang Benar

Sebenarnya mudah untuk memilih Custom ROM yang benar, setidaknya anda harus sesering mungkin masuk forum atau browsing di Internet. Anda bisa memilih Custom ROM yang sesuai dengan handphone atau perangkat anda saat ini. Perhatikan perangkat Android merk atau jenis apa serta menggunakan Andoid OS yang mana dan versi berapa. Pakailah Custom ROM stabil rilis, yang telah mendapat rekomendasi dari pengguna lain dan kontributor serta mempunyai fitur-fitur yang sebagian besar mensupport ponsel/perangkat anda.

Flash Back

Saya masih ingat, dulu saat saya sering Modding Handphone Motorola E398Motorola Rockr E1 , memakai file firmware modding yang hasilnya bisa bikin suara sistem audio-nya lebih menggelegar, space memori ponsel jadi lebih gede, tampilan theme bagus dan costumize, pilihan bahasa lebih banyak (ada yang berbahasa Jawa juga lho…) dan sebagainya, yang jelas keren abis dan powerful banget seingat saya. Tidak jauh berbeda dengan Modding ponsel motorola ataupun Sony Ericsson (kalo Nokia di-flash pakai versi firmware yang tinggi,untuk kestabilan sistem), secara umum install Custom ROM perangkat atau Gadget Android pada akhirnya bertujuan memberi efisiensi, kemudahan dan kenyamanan tersendiri bagi pengguna-memberi rasa beda.

Semoga Berguna.

Forum bantuan seputar Android : Forum XDA Developers – Android

Review www.dotcomcell.com on alexa.com

4.5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 67 comments… read them below or add one }

Leave a Comment

{ 5 trackbacks }

Previous post:

Next post: