Sekilas Fenomena Serta Renungan Idul Fitri Dan Sholat Ied Dua Kali Tahun 2011

by on 2011/08/31. Updated 2012/05/05 · 0 comments

Ketupat Merah PutihSeminggu ini mulai Hari Raya Idul Fitri H-7 sampai hari ini nyamuk banyak banget berdatangan menyerang daerah kami saat malam tiba. Ada yang bilang memang musim nyamuk, apa juga karena pengaruh ledakan kembang api atau mercon yang disulut anak-anak bahkan orang dewasa menghasilkan dentuman-ledakan ber-frekuensi rendah plus asap-asap residu beracun membubung di angkasa terbawa angin berkecepatan sedang. Di dukung juga langit mendung cuaca berhawa lumayan gerah, sepertinya hujan malu-malu untuk turun. Apakah ini fenomena?

Rutinitas tahunan saat Lebaran dari pesan tiket lebih awal, calo tiket, antrian panjang saat beli tiket-karcis di stasiun, berdesakan saat naik kereta api, bus, kapal laut sampai arus mudik bahkan kemacetan kendaraan roda empat di Puncak Bogor dan titik-titik rawan di daerah tertentu merupakan  pemandangan yang sudah umum dan langganan.

Fenomena lain, wajah-wajah baru pendatang muncul bersama motor-motor dan mobil ber-plat nomor asing memenuhi jalan-jalan pelosok. Ditambah ada sedikit masalah dimana pemerintah mengumumkan bahwa Hari Raya Idul Fitri diundur, yang harusnya sesuai penanggalan tertulis jatuh tanggal 30 Agustus 2011, menjadi 31 Agustus 2011.

Meskipun sempat terjadi protes di beberapa daerah akibat pengunduran itu, tapi lihatlah di Televisi tidak mengendurkan semangat Masyarakat Indonesia untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriyah ini. Yah memang seperti inilah gambaran sekilas efek arus mudik lebaran tahun 2011 dan tahun-tahun sebelumnya.

Sholat Ied –Idul Fitri yang dilakukan dua kali tahun 2011 ini merupakan Prosesi Puncak Keagamaan Umat Muslim Indonesia yang tidak akan terlupakan sepanjang sejarah. Yang pagi ini dilakukan serentak di Masjid Istiqlal Jakarta dan daerah-daerah lain di Indonesia, diakhiri dengan bersalam-salaman saling memaafkan dan Silaturahmi antar para pejabat pemerintahan sampai masyarakat umum di pedesaan.

Dua kali Idul Fitri dalam setahun, Sholat Ied dua kali apapun itu menurut saya tidak jadi masalah, malahan apapun yang terjadi bisa dijadikan Hikmah serta Renungan yang sangat berharga dimana untuk tahun-tahun berikutnya bisa dijadikan tolok ukur dan pengalaman, bahwa seharusnya kita bisa lebih introspeksi serta mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Kuasa dan mempertajam kerukukunan seiman-sesama dalam perbedaan.

Sekali  lagi saya ucapkan ‘Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1432 Hijriah’. Semoga amal baik dan ibadah kita selama Ramadhan diterima oleh Allah SWT… Amin.

Review www.dotcomcell.com on alexa.com

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment

Previous post:

Next post: