Cara Extreme Menaikkan Alexa Rank | The Xtreme Side

by on 2011/07/22. Updated 2012/05/06 · 93 comments

Gambar Alexa Rank Extreme SideSaya kira semua sudah mengenal cara memasang Alexa Toolbar ,Alexa Sparky, Alexa Traffic Widgets dengan tujuan menaikkan-meningkatkan Alexa Rank sebuah blog-situs. Bahkan ‘mungkin’ juga sudah melakukan redirect alexa (contoh :  http://redirect.alexa.com/redirect?dotcomcell.com) untuk melengkapinya. Meskipun belum ada data statistik yang jelas atau valid untuk membuktikannya. Ingin cara lain dan lebih extrem untuk menaikkan Alexa Rank? Silahkan ikuti beberapa Tips Trik berikut (berdasarkan analisa dari ekperimen dan pengalaman beberapa bulan ini) :


  1. Renew Artikel Postingan Blog/Situs dengan menambahkan hyperlink,gambar,video di tiap artikel lama anda, kemudian republish – lihat cara menembak keyword artikel blog.
  2. Perbanyak Artikel di blog dengan tulisan yang bermutu (terutama tentang Alexa Rank) – lihat konsekuensi logis menulis artikel di blog.
  3. Perbanyak Komentar di blog-blog yang setidaknya bertema sama dengan blog anda. Jika ingin mendapat ‘perhatian khusus’ dari pemilik blog atau para komentator lain, usahakan komentar anda ‘unik’ ( contoh : tidak setuju dengan bahasan artikel yang lagi di-postingkan ; jika box komentar menyediakan fungsi untuk linking-tambahkan link ke salah satu artikel anda ; dan lain-lain tergantung kreasi anda). Semakin menarik dan bermutu sebuah komentar , semakin banyak juga yang penasaran dan pasti akan menuju blog anda, . Tapi konsekuensi-nya ,untuk komentar tetap memakai etika dan setidaknya relevan dengan topik yang dibahas. karena logaritma Alexa Rank basic-nya menghitung jumlah traffic kunjungan
  4. Find Your Own Article  : Mungkin ini yang jarang dilakukan oleh rekan-rekan blogger ( setelah fisnishing nulis artikel langsung duduk manis? ). Yuuk kita sedikit kerjakeras, coba cari salah satu artikel blog anda melalui search engine , dengan keyword-keyword penting yang anda tanam dalam artikel tersebut. (contoh : jika artikel anda tentang seni-budaya banyuwangi, coba ketik budaya banyuwangi atau seni banyuwangi). Jangan putus asa mencari jika link judul artikel tersebut meskipun anda harus mencari sampai di halaman ke 10 hasil pencarian search engine, lalu klik menuju halaman artikel anda sendiri. Jika anda anda pengguna wordpress dan memakai Plugin SEO SearchTerms Tagging 2 (STT2), ini sangat berguna banget menambah inbound link. Lakukan ini sesering mungkin pada artikel-artikel yang lain ( jangan lupa non-aktifkan “Save popular search terms as post tags” dan “Convert search terms into links to search page” untuk menghindari Google Panda atau pinalti dari Google.
  5. Cara Paling Xtreme ! Ini menurut saya lhoo : Kalau anda pernah melakukan tukar link ( untuk menambah backlink di blog dofollow ), kali ini coba saling bertukar review Alexa dengan memasang di blog sebuah Review Widget Alexa atau langsung menuju dasboard review Alexa. Terserah bagaimana caranya pengunjung mau menulis review buat blog/situs kita. Logika-nya meskipun Alexa sebuah mesin seperti Google,Yahoo,Bing, tetapi pada dasarnya kesimpulan sebuah statistik kunjungan adalah ‘Pertimbangan sejauh mana situs banyak diminati. Masuk! Gambar Write Review Alexa

Kalau anda perhatikan semua tips trik extrem tersebut tidak jauh beda dengan Teknik SEO dan cara meningkatkan Google Page Rank… Ya seperti itulah yang telah saya terapkan pada situs web-ku,terutama blog kumpulan artikel ini selama beberapa bulan terakhir. Seingat saya, setelah renew-republish beberapa artikel dan terakhir review di Alexa (kemudian dilanjutkan promosi dan kampanye lewat twitter-facebook), kestabilan serta kenaikan Alexa Rank situs dotcomcell.com tidak mengecewakan!


Berdasarkan eksperimen dan pengalaman itu juga, ada hal yang juga cukup menjadi  perhatian saya, Alexa Rank situs dotcomcell.com sempat ‘bertahan’- ‘turun naik’ kayak jomplangan sepur. Well, ternyata itu terjadi karena Alexa Amazone sebagai situs yang gede juga tetep butuh proses dalam mengolah data – informasi dari ratusan juta situs web yang ada. ‘Sing Sabar’ kata orang Jawa, menunggu stabil-nya kenaikan Alexa Rank merupakan tantangan yang menyenangkan buat saya. Menurut blog-blog purba (senior), Google Page Rank perhitungan mereka 3 bulan baru stabil, kalo Alexa Rank perkiraan 1 bulan-an . Selain itu ‘katanya’ selama proses tersebut kita jangan sampai sering-sering ganti theme atau template blog ( ada apa ya? Sulit menjelaskan-nya…mungkin struktur html?). Yang jelas, kalo desain theme blog sudah mapan, kenapa harus di gonta-ganti, apa tidak ada kerjaan…Saya pernah membahas ini dalam Pre Web Design.

Tiap orang punya pengalaman berbeda dalam mengerjakan satu masalah, jika anda mempunyai pengalaman lain tentang cara menaikkan Alexa Rank, silahkan share saja pada komentar.

Mau praktek langsung dan antusias dengan artikel ini? Silahkan klik gambar review widget alexa dibawah ,kemudian beri poin pada situs dotcomcell.com , jika telah selesai me-review beri konfirmasi melalui komentar, saya akan memberi review balik, tunggu dan lihat perkembangan hasilnya.

Review www.dotcomcell.com on alexa.com

Semoga Berguna

4.5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 90 comments… read them below or add one }

ikilaptop January 6, 2012 at 4:06 PM

info yang menarik gan… trafik alexa sm link in berpengaruh gak gan…?

Reply

mazdodot January 7, 2012 at 5:14 AM

Alexa hampir 85% dipengaruhi oleh traffic kunjungan! kalo yang anda maksud Link-in pada Alexa, itu adalah hasil analisa alexa untuk situs anda, coba bandingkan dengan Webmaster Tool punya Google atau tool2 yang lain sebagai kompare, saya yakin tidak sama…atau anda ingin menghitung dgn cara anda sendiri…

Reply

Febri January 11, 2012 at 9:23 PM

Artikel yang bagus untuk newbie blogger

Reply

buku anak January 16, 2012 at 7:42 PM

ffuuhh.. susahnya menaikkan alexa, PR dan traffic untuk newbie seperti saya … :(
padahal traffic adalah nafas dari toko online saya …
kalau gak ada traffic yang datang, jualan saya ya gak ada yang beli donk …
ya, mudah2an usaha saya berhasil yaaa.. !

Reply

mazdodot January 16, 2012 at 11:50 PM

Makanya jangan bermalas-malasan, tabuh lagi tuh genderang promo…

Reply

cangkirkopi January 17, 2012 at 7:45 PM

mantep infonya sam.,. 😀
matur nuwun.,.

Reply

momongz January 19, 2012 at 11:19 AM

nice info gan…

mAju truz deh . .

Reply

andika January 20, 2012 at 7:37 AM

nice share gan..
semoga berguna buat blog saya yang newbie..
tapi sama kaya yang lainnya, alexa rank ane ga naik-naik gan..
he..he..

thank’s gan atas infonya..

Reply

mazdodot January 20, 2012 at 10:16 AM

Kalo boleh review langsung tentang BLOG kamu…Blog kamu berat alias loading-nya lama…Coba kurangi skrip/code2 yang tidak perlu, karena Alexa dalam kebijakan penilainnya juga mempertimbangkan kecepatan loading sebuah blog/situs! Yang lebih penting, Alexa adalah situs site meter di bawah Amazon.com dimana Internet Marketing jadi dasar utama (Internet Marketing/pemasaran analoginya lebih Target Produk dan Kecepatan Informasi yang di dapat user/pengunjung akan Konten)…Mudah2an paham ya.

Reply

putra bengawan January 30, 2012 at 3:41 AM

websete saya lambat naiknya,,

Reply

mazdodot January 30, 2012 at 8:53 AM

sepertinya desain sudah bagus, tapi kurang banyak artikel-nya, bikin blog dengan nambah subdomain atau folder…nama blog terserah! setidaknya pengunjung bisa berinteraksi dengan Anda!

Reply

uciha naruto February 9, 2012 at 1:13 AM

Good share gan keep posting artikel’a lumayan bgus mampir ke web blog ane gan di uciha-naruto.blogspot.com

Reply

mazdodot February 9, 2012 at 9:06 AM

Mau masuk ajha sudah dicepat sama iklan…polisi kali, males deh takut ke-tilang!

Reply

eddy February 22, 2012 at 8:33 AM

Ijin baca gan

Reply

jasa pernikahan dan rias pengantin February 24, 2012 at 5:43 PM

mantab mas infonya, kalo saya lagi banyakin blogwalking saja nih

mampir mas ke blog saya ,kalo mau nikah atau kalo sudah nikah, mau nikah lagi untuk kedua x……

salam kenal dan salam sukses…

Reply

mazdodot February 24, 2012 at 7:40 PM

Wah yang ketiga kalo nikah…kalo kawin?…hahaha,ternyata banyak juga ya peluang2 usaha yang bisa di-Internet-in….hihihi

Reply

Didi Prasetyo February 29, 2012 at 1:13 AM

keren artikelnya mas. makasih

Reply

mazdodot February 29, 2012 at 12:55 PM

Aku perhatikan, setelah pasang Anti Copy Paste, baru kamu saja yang berterimakasih…hahaha. Thanks banget atas Niat bacanya…Go go go Alexa.

Reply

Jasa Pembuatan Blog February 29, 2012 at 5:22 PM

mas tukeran review alexa yuk, contact saya di agung.purnomo305@gmail.com klw minat…

Makasih

Reply

mazdodot March 1, 2012 at 2:22 AM

Masih ada too tukeran link…lebih baik tukeran review ajha bro, biar lebih prof…hehehehe.

Reply

Nazar March 3, 2012 at 8:41 PM

Gag ngerti.

Reply

mazdodot March 3, 2012 at 10:11 PM

Kalo gak, berarti males atau gak mau belajar,…kalo belum ngerti masih ada niat…!

Reply

Yuyut Wahyudi March 12, 2012 at 8:06 PM

wah belum ngerti nih tentang review di alexa

Reply

mazdodot March 12, 2012 at 8:18 PM

kalo niat pasti bisa, sedikit berusaha untuk maju gak salah kok…

Reply

octh March 13, 2012 at 12:23 AM

Waduh… ilmu nih rugi gak blajar,, txk ya mas.. hehehee.. mohon pencerahan juga blog saya mas…:)

Reply

octh March 13, 2012 at 12:24 AM

Cara buat keywords ke artikel ini kayak yg di bawah tuh bagaimana mas… bisa bagi gak ? :)

Reply

mazdodot March 13, 2012 at 2:30 AM

Bisa!…apa yang kamu maksud Plugin SEO SearchTerms Tagging 2 atau STT2

Reply

Septia Mujizat March 21, 2012 at 12:12 PM

Mantaps cuy….
Salam damai…

Reply

Dwijayasblog March 27, 2012 at 10:17 AM

Buat aku, instruksi yang ada mudah dipahami dan memang bisa diterapkan. Nanti aku coba.

Reply

mazdodot March 27, 2012 at 1:04 PM

Yup, coba dulu.

Reply

dfn7 March 27, 2012 at 6:18 PM

ane coba…

Reply

togel fans club March 31, 2012 at 11:24 AM

izin tanya mas. kenapa yah klo sy perhatikan alexa sy sempat drop. sampai ke 2,5jt yg awal nya 700rb. dan stelah sy tulis artikel baru 2 hari sekali itu alexa naik turun.. skrg ke 1,8jt. apa ada alternatif lain mas agar menjadi stabil/ karena terkadang berbeda dari widget yg di blog dengan kita mengunjungi www alexa dot com. trims

Reply

mazdodot March 31, 2012 at 9:03 PM

Harus sabar nunggu, ada kalanya stabil n konstan,….kayak punyaku ini 180-200ribuan, gitu trussss selama hampir 1,5 bulan…hehehe.

Reply

zen April 7, 2012 at 11:23 PM

trimakasih gan infonya

Reply

ayayank April 16, 2012 at 6:44 AM

Semoga ini bisa membantu saya melangsingkan Alexa blog saya yang dari dulu gemuk terus…

Reply

mazdodot April 16, 2012 at 3:56 PM

ya…g perlu senam aerobik atau bl…hehehe

Reply

Rahul May 21, 2012 at 1:26 PM

Makasih infonya ya gan… Jadi tambah tahu nih.. Kemaren2 pas baru, rangkingnya 26 juta, Trus tak update terus tiap hari (walaupun cuma 1 postingan) skrang jadi 11jt.. (dlam waktu 20 hari)… Ya lumayan gan…

Reply

centro June 12, 2012 at 2:17 AM

belakangan ini perhitungan alexa agak aneh juga, traffic banyak teteapi alexa malah turun, apakah rekan2 juga mengalami hal yang sama?

Reply

Ade Setijo K June 12, 2012 at 8:23 AM

Nggak salah salah bro…nih blog aku lebih parah, traffic turun Alexa Rank juga turun (rule dasar memang gitu)…prediksi rekan2 karena Google Penguin (?)…agak bingung juga ngatasi ini. Selain cabut beberapa plugin yang rasanya jadi masalah, artikel terbaru berusaha ditata sedemikian rupa, agar nampak fresh n belum pernah di publish blogger lain…Tapi sementara ini kalo Target sudah tercapai (ads n marketing), aku tidak terlalu pusingkan Alexa…

Reply

yuki June 21, 2012 at 3:03 PM

makasih boz…..

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: