Cara Extreme Menaikkan Alexa Rank | The Xtreme Side

by on 2011/07/22. Updated 2012/05/06 · 93 comments

Gambar Alexa Rank Extreme SideSaya kira semua sudah mengenal cara memasang Alexa Toolbar ,Alexa Sparky, Alexa Traffic Widgets dengan tujuan menaikkan-meningkatkan Alexa Rank sebuah blog-situs. Bahkan ‘mungkin’ juga sudah melakukan redirect alexa (contoh :  http://redirect.alexa.com/redirect?dotcomcell.com) untuk melengkapinya. Meskipun belum ada data statistik yang jelas atau valid untuk membuktikannya. Ingin cara lain dan lebih extrem untuk menaikkan Alexa Rank? Silahkan ikuti beberapa Tips Trik berikut (berdasarkan analisa dari ekperimen dan pengalaman beberapa bulan ini) :


  1. Renew Artikel Postingan Blog/Situs dengan menambahkan hyperlink,gambar,video di tiap artikel lama anda, kemudian republish – lihat cara menembak keyword artikel blog.
  2. Perbanyak Artikel di blog dengan tulisan yang bermutu (terutama tentang Alexa Rank) – lihat konsekuensi logis menulis artikel di blog.
  3. Perbanyak Komentar di blog-blog yang setidaknya bertema sama dengan blog anda. Jika ingin mendapat ‘perhatian khusus’ dari pemilik blog atau para komentator lain, usahakan komentar anda ‘unik’ ( contoh : tidak setuju dengan bahasan artikel yang lagi di-postingkan ; jika box komentar menyediakan fungsi untuk linking-tambahkan link ke salah satu artikel anda ; dan lain-lain tergantung kreasi anda). Semakin menarik dan bermutu sebuah komentar , semakin banyak juga yang penasaran dan pasti akan menuju blog anda, . Tapi konsekuensi-nya ,untuk komentar tetap memakai etika dan setidaknya relevan dengan topik yang dibahas. karena logaritma Alexa Rank basic-nya menghitung jumlah traffic kunjungan
  4. Find Your Own Article  : Mungkin ini yang jarang dilakukan oleh rekan-rekan blogger ( setelah fisnishing nulis artikel langsung duduk manis? ). Yuuk kita sedikit kerjakeras, coba cari salah satu artikel blog anda melalui search engine , dengan keyword-keyword penting yang anda tanam dalam artikel tersebut. (contoh : jika artikel anda tentang seni-budaya banyuwangi, coba ketik budaya banyuwangi atau seni banyuwangi). Jangan putus asa mencari jika link judul artikel tersebut meskipun anda harus mencari sampai di halaman ke 10 hasil pencarian search engine, lalu klik menuju halaman artikel anda sendiri. Jika anda anda pengguna wordpress dan memakai Plugin SEO SearchTerms Tagging 2 (STT2), ini sangat berguna banget menambah inbound link. Lakukan ini sesering mungkin pada artikel-artikel yang lain ( jangan lupa non-aktifkan “Save popular search terms as post tags” dan “Convert search terms into links to search page” untuk menghindari Google Panda atau pinalti dari Google.
  5. Cara Paling Xtreme ! Ini menurut saya lhoo : Kalau anda pernah melakukan tukar link ( untuk menambah backlink di blog dofollow ), kali ini coba saling bertukar review Alexa dengan memasang di blog sebuah Review Widget Alexa atau langsung menuju dasboard review Alexa. Terserah bagaimana caranya pengunjung mau menulis review buat blog/situs kita. Logika-nya meskipun Alexa sebuah mesin seperti Google,Yahoo,Bing, tetapi pada dasarnya kesimpulan sebuah statistik kunjungan adalah ‘Pertimbangan sejauh mana situs banyak diminati. Masuk! Gambar Write Review Alexa

Kalau anda perhatikan semua tips trik extrem tersebut tidak jauh beda dengan Teknik SEO dan cara meningkatkan Google Page Rank… Ya seperti itulah yang telah saya terapkan pada situs web-ku,terutama blog kumpulan artikel ini selama beberapa bulan terakhir. Seingat saya, setelah renew-republish beberapa artikel dan terakhir review di Alexa (kemudian dilanjutkan promosi dan kampanye lewat twitter-facebook), kestabilan serta kenaikan Alexa Rank situs dotcomcell.com tidak mengecewakan!


Berdasarkan eksperimen dan pengalaman itu juga, ada hal yang juga cukup menjadi  perhatian saya, Alexa Rank situs dotcomcell.com sempat ‘bertahan’- ‘turun naik’ kayak jomplangan sepur. Well, ternyata itu terjadi karena Alexa Amazone sebagai situs yang gede juga tetep butuh proses dalam mengolah data – informasi dari ratusan juta situs web yang ada. ‘Sing Sabar’ kata orang Jawa, menunggu stabil-nya kenaikan Alexa Rank merupakan tantangan yang menyenangkan buat saya. Menurut blog-blog purba (senior), Google Page Rank perhitungan mereka 3 bulan baru stabil, kalo Alexa Rank perkiraan 1 bulan-an . Selain itu ‘katanya’ selama proses tersebut kita jangan sampai sering-sering ganti theme atau template blog ( ada apa ya? Sulit menjelaskan-nya…mungkin struktur html?). Yang jelas, kalo desain theme blog sudah mapan, kenapa harus di gonta-ganti, apa tidak ada kerjaan…Saya pernah membahas ini dalam Pre Web Design.

Tiap orang punya pengalaman berbeda dalam mengerjakan satu masalah, jika anda mempunyai pengalaman lain tentang cara menaikkan Alexa Rank, silahkan share saja pada komentar.

Mau praktek langsung dan antusias dengan artikel ini? Silahkan klik gambar review widget alexa dibawah ,kemudian beri poin pada situs dotcomcell.com , jika telah selesai me-review beri konfirmasi melalui komentar, saya akan memberi review balik, tunggu dan lihat perkembangan hasilnya.

Review www.dotcomcell.com on alexa.com

Semoga Berguna

4.5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 90 comments… read them below or add one }

Berita21 July 2, 2012 at 10:32 PM

Mantap Infonya.. Thanks Bro..

Reply

Berita21 July 2, 2012 at 10:38 PM

Sudah Saya review Pak.. Thanks

Reply

teknisipanggilan July 24, 2012 at 8:29 PM

thanks gan sangat bermanfaat infonya

Reply

teknisipanggilan August 10, 2012 at 4:59 PM

sangat membantu gan infonya

Reply

Adira March 14, 2013 at 9:26 AM

Makasih infonya gan, sangat membantu..

Reply

tempatnya belajar blog gratis February 7, 2014 at 5:23 PM

gan kalau buat memperbanyak sites linking in di alexa bagaimana ya caranya? terimakasih sebelumnya

Reply

Ade Setijo K February 10, 2014 at 2:44 AM

Dulu aku sering mainan sitelink, cara sederhana coba sering ikutan forum atau berkomentar dalam sebuah blog/weblog. Sertakan link di tiap komentarmu dengan “wajar”. Usahakan berkomentar di blog2 yang aktif dan banyak pengunjungnya…serta ber-PR tinggi (baik di alexa ataupun di search engine). Alexa memberi sitelink otomatis, kita hanya berusaha memperkuat “jalinan” link itu. Penjelasan ini adalah salah satu contoh.

Reply

sahil February 2, 2015 at 7:54 AM

Terimaakasih mas infonya. Namun ini mau tanya. Bagiamana caraanya memasang review widget alexa?

Reply

sahil February 2, 2015 at 7:55 AM

Bagaimana cara memmasanga review alexa mas

Reply

sitoha May 3, 2015 at 12:04 PM

nice info gan…
dicoba dulu.

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: