Android OS – Sistem Operasi Masa Depan

by on 2011/07/17. Updated 2013/04/28 · 32 comments

Gambar Logo Android

Sering mendengar kata “Android“, jika sudah tapi belum begitu tahu tentang Android, silahkan ikuti penjelasan lengkap berikut ini mengenai sejauh mana perkembangan Android sebagai Sistem Operasi (OS-Operating System), mulai dari pengertiansejarah-bahkan aplikasi sampai download cara install aplikasi handphoneponsel Android. Silahkan anda beri kesimpuan sendiri mampukah Android OS nantinya menjadi sistem operasi masa depan?

Apa itu Android?

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler-ponsel-handphone yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Sejarah Android

Kerjasama dengan Android Inc.

Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler. versi android terbaru yaitu versi 3.0. Android juga sudah bergabung dengan beberapa smart mobile seperti Nokia, Sony Ericsson, dan lainnya.

2007-2008: Produk awal

Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintarSmartphone GSM yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010).

Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat bergerak (mobile) yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.

Ponsel – Handphone pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

Android versi 1.1

Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android versi 1.5 ( Cupcake )

Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Android versi 1.6 ( Donut )

Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

Android versi 2.0/2.1 ( Éclair )

Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps – aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.

Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

Android versi 2.2 ( Froyo: Frozen Yoghurt )

Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan HOTSPOT-Wifi portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

Android versi 2.3 ( Gingerbread )

Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 – Gingerbread diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

Android versi 3.0/3.1 ( Honeycomb)

Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus. Rencana-nya, Android masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.

Android versi 4.0 ( Ice Cream Sandwich  )

Android versi 4.0 code name Ice Cream Sandwich atau Android ICS, dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka password dengan identifikasi wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan fitur Near Field CommunicationNFC.

Beberapa gadget baru yang telah mendukung sistem operasi Android versi 4.0 Ice Cream ini Sandwich adalah : Ainol NOVO7, Samsung Galaxy Note 10.1, Acer Iconia Tab A510 atau lihat di Gadget Android yang support atau mendukung versi 4.0.

Android versi 4.1 (Jelly Bean)

Android Jelly Bean yaang diluncurkan pada acara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Tak ketinggalan Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.

Android versi 4.2 (Jelly Bean)

Fitur photo sphere untuk panaroma, daydream sebagai screensaver, power control, lock screen widget, menjalankan banyak user (dalam tablet saja), widget terbaru.

Android 4.2 Pertama kali dikenalkan melalui LG, yakni Google Nexus 4.

Fitur Android

Fitur yang tersedia di Android sampai dengan Versi yang terbaru adalah:

  • Kerangka aplikasi : itu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
  • Dalvik mesin virtual : mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
  • Grafik : grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
  • SQLite : untuk penyimpanan data.
  • Mendukung media : audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3,AAC, AMR, JPG, PNG, GIF).
  • GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent).
  • Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware).
  • Integrasi penuh dengan Social Network.
  • Password Face Identification atau Pengenalan Wajah untuk membuka password.
  • Near Field Communication (NFC).
  • Network Control And Monitoring.
  • Dan banyak fitur lainnya.

Android – Open Source

Android memiliki berbagai keunggulan sebagai software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka – open source sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya. Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi seperti pushmail Gmail, Google Maps, dan Google Calendar.

Para penggemar open source kemudian membangun komunitas yang membangun dan berbagi Android berbasis firmware dengan sejumlah penyesuaian dan fitur-fitur tambahan, seperti FLAC lossless audio dan kemampuan untuk menyimpan download aplikasi pada microSD card. Mereka sering memperbaharui paket-paket firmware dan menggabungkan elemen-elemen fungsi Android yang belum resmi diluncurkan dalam suatu carrier-sanction firmware.

Download Aplikasi Ponsel Android


Download Cara Menginstal Aplikasi Pada Telepon Seluler-Ponsel Android

Sumber Dan Related Link :

4 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 26 comments… read them below or add one }

Almaidatul Fitriyah November 3, 2011 at 12:02 PM

Wah terima kasih atas artikelnya, system operasi android yang berbasisi kernel dari linux ini memang sangat digemari selain karena hysteria munculnya system operasi open source dalam pengembangan teknologi telekomunikasi juga karena google inc yang kerap mengkampanyekan system operasi ini, seperti kita tahu google inc sebagai perusahaan yang banyak dikernal lewat search engine nya. Dukungan banyaknya perusahaan telekomunikasi sehingga konsumen diberi banyak pilihan untuk memilih devicenya, seperti kita tahu sifat device adalah personal yang mana kita suka yang mana kita beli ;-). Saya juga memakai handheld android 2.3 saat ini yang mana menurut saya banyak hal yang bisa dilakukan dengan device ini 😉 karena dukungan aplikasi yang beragam.

Reply

mazdodot November 4, 2011 at 1:53 AM

betul…Android semakin gokil,gila n melejit trus…apalagi setelah berduka-nya Ipad atas meninggalnya Steve Job.

Reply

Manuel Siron January 21, 2012 at 5:16 PM

This is the type of material that really should gain worldwide recognition pertaining to its workmanship.

Reply

mazdodot January 21, 2012 at 6:01 PM

The source of this article android most I got from wikipedia, what is not convincing enough? Thank you for your comment Manuel…

Reply

Jung Cellini February 2, 2012 at 4:09 PM

I’ve definitely picked up something new from proper here.

Reply

mazdodot February 3, 2012 at 7:18 AM

Pleaz and thank you…

Reply

Sherika Offenberger March 5, 2012 at 3:45 PM

Hi. Nice, interesting post, and a little out of the box. I learned something new today!

Reply

mazdodot March 5, 2012 at 10:54 PM

Proudly, hear from you Sherika…thank you.

Reply

Douglas Mursko March 7, 2012 at 10:36 PM

Thank You Guys, your publish assisted me to get some excellent stuff which is truly brilliant.

Reply

Elmira Baydal March 17, 2012 at 10:36 PM

It will be great value to your readers because you make it easy for them

Reply

mazdodot March 18, 2012 at 1:53 PM

It is true, that’s my goal from the beginning… Thank you.

Reply

Polly Tellefson March 22, 2012 at 12:47 AM

Hii, your review is very important for me, Now I have more knowledge about this. I will come back again and again to your site.

Reply

mazdodot March 22, 2012 at 2:10 AM

That’s Right??! Thank You.

Reply

Cameron Judge March 28, 2012 at 12:55 AM

Your site is one to keep in touch with for sure! My readers will likely get a lot from this as well!

Reply

Anne Lahm April 9, 2012 at 12:56 AM

I like the valuable information you provide in your articles. I will bookmark

Reply

Reuben Relic April 10, 2012 at 9:25 AM

I like the valuable information you provide in your articles. I will bookmark

Reply

Chery Reynvaan April 17, 2012 at 8:36 AM

quite intriguing i’ll book marked the next occasion for now preserve up the very good function.

Reply

mazdodot April 17, 2012 at 4:18 PM

Conversion is my mission fren…Thank You.

Reply

Charlie Macchione April 17, 2012 at 8:25 PM

I really like what you’ve done with the thmeme but I was asking myself if you are the one that created it or you just bought it and customized it?

Reply

Reatha Truesdell April 21, 2012 at 3:08 PM

Thank you for your time & function. As being a Beginner, I am constantly searching on the internet for posts that may be relating to assist with me.

Reply

Virgilio Yenz May 10, 2012 at 12:43 AM

Hey there i found your web internet site right now and that i have read the proper data correct right here

Reply

mazdodot May 10, 2012 at 7:52 AM

I hope so from the beginning, thanks for visiting

Reply

Sarita Leibold May 11, 2012 at 9:50 PM

Even though you are any of the lucky enough choices, it comes evidently, while capture the fancy with the certain coveted by ly folks other valuable you you meet may possibly possibly well have hard times this certain difficulty. pre owned awnings

Reply

KURAYAW August 31, 2012 at 7:05 PM

lengkap infony, thank’s..

Reply

adi October 12, 2012 at 10:16 PM

Malam gan.
ane punya smartfren androtab skyworth s7
ane pengen ngerooting ni android gimana caranya ya
ane udah pake unlockroot tapi tetap ga bisa
mohan infonya dari agan master
thak’s

Reply

Ade Setijo K October 13, 2012 at 8:02 AM

Coba cari artikel-ku tentang Rooting dan cara install Custom Rom Toshiba Folio, atau Googling ajha, sudah banyak tuh yang ngebahas Di…ketik ajha “rooting smartfren androtab skyworth s7″.

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: