Cara Menembak Keyword Artikel Blog-Situs Web

by on 2011/06/13. Updated 2012/05/06 · 33 comments

Menembak KeywordDari definisi Wikipedia tentang Arti Keyword di Internet :

“Kata kunci atau Keyword adalah sebuah kata atau frasa ,bahkan bisa gabungan kata  dengan keistimewaan , yang berarti bisa kata apapun yang digunakan sebagai kunci dan kode yang bertujuan untuk menemukan halaman web yang sesuai. Suatu kata kunci merupakan sebuah kata atau konsep. Sebutan kata kunci atau keyword di Internet bisa diartikan sebuah kata atau frasa ( gabungan kata ) yang digunakan untuk menemukan halaman web yang sesuai dan berguna.”

Keyword sendiri adalah fenomena yang tidak akan pernah habis dan berhenti. Masing-masing blog-situs web sering berlomba-lomba memperoleh posisi di TOP 10 SERP Google, Yahoo Search , Bing atau search engine lain. Semua tujuan awal sebenarnya cuma satu, agar situs cepat dikenal orang!

Dengan semakin banyaknya situs web atau blog, penggunaan SEO-On Page semakin banyak digandrungi para Web Master. Pemakaian keyword dalam sebuah artikel menjadi semakin diperhitungkan sebagai salah satu alternatif-jurus jitu menaikkan traffic pengunjung situs web, dan bukan lagi hanya untuk sekedar dikenal orang.

Tapi parahnya adalah beberapa situs web dan blog ( terutama yang monetize )  sering kali menjejali artikel-artikel mereka dengan keyword-keyword yang bisa bikin muntah, apalagi keyword-nya disisipi Ads! Keyword terlalu banyak,tidak fokus, yang akhirnya korelasi antara judul artikel dan konten artikel “nggak sinkron dan tidak relevan”. Pengunjung situs kadang dibuat  bingung, tidak bisa membedakan kata penting ( keyword ) atau bukan. Jangan disalahkan kalo kadang para blogwalker menjuluki “sampah keyword”…dan sering ‘Yang mana atuh artikel-nya?’.

Trik atau cara menembak keyword dalam artikel ada dua opsi  :


  • Keyword Judul Artikel : Cari di situs berita, kira-kira kabar yang jadi tren saat ini, jadikan bahasan tersebut menjadi sebuah judul artikel. Buat sebuah artikel dengan judul tersebut. Tidak masalah jika yang anda tulis tidak tren lagi dan meskipun judul anda sama , anda harus berani untuk “Fighting Keyword”.
  • Keyword dalam Artikel : Jika anda sudah menulis artikel , teliti lagi kata apa saja yang menurut penting,aneh , unik, istimewa. Beri kata-kata tersebut garis bawah, huruf-nya dibuat tebal atau miring. Sehingga pengunjung situs tahu bahwa kata tersebut penting dan wajib untuk diperhatikan lebih bahkan di-klik! Biar lebih SEO berikan kata-kata tersebut link yang menuju artikel lain dalam situs atau blog anda ( bisa link ke situs lain ).

Itulah cara menembak keyword pada artikel secara umum, dan lebih detailnya saya berikan satu contoh ( dari artikel blog saya ) :


Cara Membuat RSS Feed Bergambar Untuk Situs Web-Website

Ide dasar dari judul artikel diatas adalah membuat rss feed bergambar ( keyword ini saya pakai  karena saat itu memang belum ada yang membahas-nya dalam sebuah artikel ). Mungkin saking kuatnya keyword ini selang beberapa jam slesai saya buat artikel lengkapnya, sudah muncul di yang waktu itu masih 489.000-an hasil pencarian ( google.co.id ). Coba anda ketik ‘Membuat RSS Feed Bergambar’ atau ‘Cara Membuat RSS Feed’ di kolom search Google dan silahkan lihat hasil-nya.

Google SERP Membuat RSS Feed Bergambar

Sedangkan kata ‘Cara’ dan ‘Untuk Situs Web-Website’ sebenarnya merupakan pelengkap dari judul artikel tersebut, tapi jangan diabaikan begitu saja fungsinya karena kata-kata tersebut juga merupakan keyword ( jika ingin membuat judul artikel coba gunakan kata-kata ‘How to’ , ‘Cara’ , ‘Bagaimana’ atau ‘Bagaimana Cara’ sebagai awalan ).

Demikian cara memilih keyword untuk judul, sedangkan untuk keyword untuk isi atau konten artikel silahkan anda teliti kata-kata dalam artikel ini…mudah-mudahan anda bisa memahami.

Semoga Berguna.

4.5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 27 comments… read them below or add one }

Ana Sumber June 21, 2011 at 4:18 PM

Sangat Membangun… Saya akan coba menggunakan teknik ini… Wish me a good luck ya,,,

Reply

mazdodot June 22, 2011 at 12:28 PM

Silahkan dicoba, jika ada kesulitan akan saya bantu…thxs komentar-nya.

Reply

Kang Sawul June 26, 2011 at 4:40 AM

wah… saya baru tau nih…
makasih mas 😀

Reply

Bikin Blog Gratis July 30, 2011 at 9:07 PM

Bagaimna cara mngkatkan alexa rank..? mKsih

Reply

mazdodot July 31, 2011 at 8:51 AM
hamsteronline August 4, 2011 at 4:07 AM

wah bagus sekali artikelnya…patut untuk dicoba ne gan…terimakasih…

Reply

Mengenal Tentang Busana Batik August 11, 2011 at 6:54 PM

ummm,,, makasiy yah tipsnya, keep to share maz

Reply

autorefill September 19, 2011 at 11:40 AM

thx infonya lanjut sukses ok

Reply

subekhi December 9, 2011 at 8:16 PM

Artikel-artikel seperti ini yang saya cari selama ini trims ya
dapat menambah pengalaman saya nih…..

Reply

kholil December 10, 2011 at 2:39 PM

mantab gan, BW ketempat ane ya! hehehehehehe

Reply

Arin Gendut February 6, 2012 at 12:14 AM

infonya bagus bos, langsung praktek di TKP

Reply

mazdodot February 6, 2012 at 7:34 AM

Kalo sudah ketemu TO saja pren, biar cepet klar!

Reply

rhyantmuaniezt March 6, 2012 at 11:56 PM

Tank Banget Gan…., Artikelnya Sangat Membantu….,Penuh Trik Dan Tips…..,Support U…!!!
Yang Pengen Q Tanyakan…, Website Q lagi bermasalah dengan keyword di mesin pencari 1 bulan terakhir ini, masa sampai page 10 ngga ketemu ( googling ),padahal sebelumnya paling jauh page 4. Mohon sedikit solusinya. bila berkenan kirim kemail…
Thx….n’ Lam Kenal….

Reply

mazdodot March 7, 2012 at 12:18 AM

Ok Ryan, sebenarnya kalo lebih teliti tuh aku sudah buatkan tips trik 7 Cara Ampuh Mengatasi Artikel yang Hilang di Search Engine …di Recent Post (mudah2an belum terdesak artikel baru-ku yang lain).

Reply

rhyantmuaniezt March 7, 2012 at 11:59 AM

Ok…thx yach…, sebenarnya q njumpain dotcomcell.com juga pd saat q googling keyword trik atasi keyword yang hilang di search enggine, eh ketemunya 7 Cara Ampuh Mengatasi Artikel yang Hilang di search Engine,udah tak baca mas….cuman yang msh q bingung,bukan keyword to artikel….,tapi untuk home….,emang sama azaa ych? thx sebelomnya….

Reply

mazdodot March 7, 2012 at 2:31 PM

untuk kasus ini (mencari artikel hilang) sama saja penyelesainnya…tadi habis nyoba ngunjungi situs kamu…biyuh-biyuh sayang, namanya skrip kok sak abrek-abrek …dapat skrip dari mana saja tuh?…tracker Google analystic ajha dipasang 2 ekor, atas bawah…belum skrip-skrip yang lain,bikin loading lama juga…coba perbaiki dulu skrip2nya itu. Atau kamu ini sewa Webmaster untuk buat situs? atau bikin sendiri?…kalo sewa webmaster, sana! marahi dulu dia…hahaha. by mazdodot@gmail.com

Reply

kucing March 27, 2012 at 3:50 AM

Makasih mas atas infonya sangat membantu

Reply

sarbad April 1, 2012 at 2:12 AM

Mantap gan artikelnya, sangat membantu saya sebagai newbie ^_^

Reply

Awangame May 17, 2012 at 12:24 PM

ow ternyata caranya seperti itu ya

Reply

mazdodot May 17, 2012 at 1:58 PM

Betul wang, mudah ya…yang sulit saat memilih jenis keyword, memang perlu waktu!

Reply

Blog Padang June 21, 2012 at 3:00 PM

makasih banyak mas buat informasinya ini, sangat berguna dan bermanfaat buat saya. mampir ya mas

Reply

Jefry November 15, 2012 at 8:37 AM

Jadi tidak sembarang juga dalam menentukan keyword untuk artikel2 di blog kita
terima kasih atas ilmunya, sangat membantu saya

Reply

irma February 17, 2013 at 3:33 AM

makasih infonya mas

Reply

bocah petualang April 23, 2013 at 2:42 PM

Kalau saya sih menyesuaikan dengan judul artikel saja

Reply

Ade Setijo K April 23, 2013 at 7:37 PM

Boleh…tetep nggak salah kok.

Reply

Rosita November 14, 2014 at 8:02 AM

izin praktek mas saya sudah coba gonta ganti keyword secara berkala tapi belum maksimal hasinya supaya Blog Jualan saya http://www.rositashop.com bisa Bagus ratingnya. Makasih

Reply

sahil February 2, 2015 at 8:07 AM

Makasih mas infonya..bolehkah saya diberi penjelasaan onpage?

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: