Apa itu Plugin WordPress dan Widget WordPress?

by on 2011/03/12. Updated 2012/08/14 · 6 comments

Gambar Logo Plugin WordPress

Isi Artikel :

 Plugin WordPress – Widget WordPress – WordPress Plugin-Widget  Collection

Plugin WordPress

Plug-in atau plugin adalah sebuah program komputer yang menambah fungsionalitas sebuah program utama. Program utama biasanya memberikan semacam antarmuka (interface) agar plug-in dapat berinteraksi dengan program utama. Sebagai contoh, plug-in biasanya digunakan pada web browser untuk memutar video, memindai virus, dan menampilkan jenis file baru. Contoh plug-in yang dikenal adalah plug-in untuk Adobe Flash Player dan Quick Time. Add-on ( Pengaya ) juga sering dianggap sebagai istilah umum yang meliputi snap-ins, plug-ins, extensions, dan themes.

Dari definisi tersebut bisa diartikan bahwa, Plugin WordPress adalah sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar.

Widget WordPress

Widget adalah aplikasi kecil yang dapat diinstal dan dieksekusi dalam halaman web oleh pengguna akhir serta memungkinkan pengguna untuk mengubah konten pribadi ke dalam aplikasi web dinamis yang bisa dibagi pada website dimana kode dapat diinstal. Widget biasanya dibuat dalam DHTML, JavaScript, atau Adobe Flash. Widget dapat dipandang sebagai aplikasi download yang terlihat dan bertindak seperti aplikasi tradisional tetapi diimplementasikan dengan menggunakan teknologi web termasuk JavaScript, Flash, HTML ,CSS. Serta penggunaannya tergantung pada web API.

Maka, Widget WordPress adalah aplikasi yang berdiri sendiri yang dapat tertanam ke situs pihak ketiga ( dalam hal ini bisa wordpress.com atau wordpress.org-selfhosting ) oleh pengguna apapun pada halaman di mana mereka memiliki hak-hak kepengarangan.

Dari definisi tentang plugin wordpress dan widget terlihat kesamaan di antara keduanya yaitu dari segi fungsionalitas,tapi pada instalasinya widget wordpress ditampilkan di sidebar panel wordpress dan biasanya tanpa harus merubah kode-script. Sedangkan plugin wordpress lebih banyak bekerja di belakang sistem ( background ).

WordPress Plugin-Widget  Collection

Berikut saya berikan beberapa koleksi link yang bisa menuju langsung ke beberapa blog-situs yang menjelaskan kegunaan Plugin-Widget WordPress yang banyak dan sering dipakai oleh blogger – blogger wordpress :


Silahkan selektif, dan gunakan plugin dan widget tersebut sesuai dengan kebutuhan, karena beberapa memang ada yang tidak support dengan theme ataupun versi dari wordpress yang anda install. Jadikanlah plugin dan widget yang pada akhirnya ditujukan untuk mempercantik blog wordpress dan optimasi wordpress blog-situs anda, dan bukan untuk menambah ERROR!

Semoga berguna…

Sumber : Wikipedia PluginWidget | WordPress PluginWidget | Internal Hyperlink

4 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 4 comments… read them below or add one }

Pankaj Saraf September 21, 2011 at 6:25 PM

Hey this is really very good post. I liked it.

Reply

Graig Hattabaugh May 6, 2012 at 9:56 AM

There is noticeably a bundle to realize about this. I think you made some nice points in features also.

Reply

symbian plus October 20, 2013 at 6:05 PM

nice info brader ..
mampir juga di symbian plus ya ..
:)

Reply

Reinhard Jonathan Silalahi February 16, 2014 at 2:49 PM

Thx, atas informasinya ya gan,, !!

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: