Apa Itu Blue Screen Dan Cara Mengatasi Blue Screen

by on 2011/02/17. Updated 2013/04/21 · 200 comments

Apa Itu Blue Screen-BSOD?

Arti, maksud atau pengertian  Blue Screen Of Death – BSOD ( Layar Biru Kematian )  atau kadang disebut “layar biru” – Blue Screen adalah istilah populer untuk layar yang ditampilkan Microsoft Windows ketika mengalami kesalahan sistem ( atau disebut stop error oleh Microsoft ). BSOD milik Windows NT, 2000, XP, atau Vista biasanya lebih serius daripada Windows sebelumnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya BSOD ini. Diantaranya driver peralatan yang tidak bagus, kesalahan memori, registry yang rusak atau penggunaan file DLL yang tidak cocok. Berbagai bentuk BSOD terdapat pada seluruh sistem operasi Windows sejak Windows 3.1. BSOD merupakan pengganti black screen of death ( layar hitam kematian ) yang muncul pada OS/2 dan MS-DOS.Dalam versi awal dari Windows Vista juga terdapat red screen of death atau layar merah kematian, yang digunakan pada kesalahan boot loader.

Cara Mengatasi Blue Screen

Mencari kesalahan ataupun kerusakan dengan error BSOD ini cukup menyusahkan, meskipun kita sudah dapat melacak kira-kira kesalahan/kerusakan yang menimbulkan-muncul layar biru-BSOD pada monitor ini, lebih didominasi adanya Kerusakan Hardware ataupun Crash Driver lama dan baru.

Bagaimana cara mengatasi blue screen berdasarkan klasifikasi dan penyelesaiannya, ikuti penjelasan berikut :

Silahkan download dahulu video cara mengatasi blue screen,  sebagai referensi tambahan :


video part1video part2video part3

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Error ini yang paling sering muncul pada saat terjadi Blue Screen.
Pesan kesalahan ini biasanya disebabkan kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.
Penyebabnya:
– Driver yang bentrok atau tidak cocok
– Permasalahan pada Video Card, hal ini mencakup video card yang di-overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
– Permasalahan pada Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card.

NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pesan error ini setidaknya sudah sedikit memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau file system-nya tetapi bukan di harddisk-nya.
Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.

UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Bila Anda mendapatkan pesan error seperti ini, dapat disebabkan karena :

Overclock Hardware yang berlebihan
– Komponen komputer yang terlalu panas
– BIOS yang korup
– Memory dan CPU yang cacat

DATA_BUS_ERROR
Pesan error ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memori atau slot memory di motherboard rusak.

PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)

INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan error ini disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi
driver.

BAD_POOL_CALLER
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

PEN_LIST_CORRUPT
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kerusakan RAM

MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Pesan error ini disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.

DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL
Adanya permasalahan pada  SCSIPORT driver yang tidak menggunakan map buffer  saat transfer I/O.

DIVIDE_BY_ZERO_ERROR
Kesalahan ini disebabkan oleh sebuah aplikasi mencoba untuk membagi dengan nol ( DEVIDE BY ZERO ) . Jika Anda menerima kesalahan ini dan tidak tahu mana aplikasi menyebabkannya, Anda dapat mencoba memeriksa dump memori.

Sumber : Wikipedia, imam77.co.cc , Microsoft

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 192 comments… read them below or add one }

Harkat July 25, 2013 at 12:15 AM

Permisi Bro,mau tanya,pc saya gak bisa tampil wallpapernya cuma layar biru tapi ada shortcut lengkap,dan semua system normal,trimakasih.

Reply

Ade Setijo K July 25, 2013 at 7:37 PM

Bluescreen dalam artikel ini bukan kasus-mu yang dimaksud. Kamu pake windosw apa ya, XP atau 7. kalo Win7 biasanya Karena nggak support ajha dengan core windowsnya (loader jg bisa pengaruh)…intinya g bisa ganti wallpaper! Coba googling dengan keyword “cara mengganti wallpaper windows 7″. gitu.

Reply

Yudhi July 30, 2013 at 12:03 AM

Mas mau tanya, setelah saya install windows 7 di laptop sy axioo pico pjm intel atom,ram 1gb, install udh selesai tapi muncul layar biru dengan keterangan “The BIOS in this system is not fully ACPI compliant. Please contact your technical information:

*** STOP: (0x000000A5 (0×00000011, 0×00000003, 0×000000000, 0×000000000)”
mohon bantuannya. Trims

Reply

Ade Setijo K August 1, 2013 at 12:16 PM

Ada tuh jawabannya di komen2 sblmx…

Reply

bizarxd August 1, 2013 at 6:24 AM

kang komputer saya kena blue screen. anehnya setelah diinstal ulang pun gak lama BSOD lagi, setelah saya restar gak mau masuk windows beberapa menit, pada proses masuk windowsnya pun selalu bootingnya lama.
apakah masalah dengan software atau harwarenya kan :)
mohon pencerahannya kang :)

Reply

Ade Setijo K August 1, 2013 at 12:00 PM

Kalo boot suka lama n akhirx sering BSOD, biasanya HDD-nya yg beramasalah.

Reply

idhie August 23, 2013 at 10:03 AM

Selamat pagi gun,,
mau tanya notebook ane axiio pico w210cu, masalahnya power on tapi tidak menampilakan gambar di layar,.. hardware apa dulu yg saya ceck gun,, tolong pencerahannya
Trims, Idhie

Reply

Ade Setijo K August 23, 2013 at 10:27 AM

Gak perlu di-URUT caranya, kerjakan ajha gini:
1. Bisa dihubungkan dengan monitor (LCD/CRT) di port VGA untuk cek LCD Notebook kamu yang rusak atau memang hardware yang lain…Tekan tombol Fn + Fx (yg ada gambarnya monitor di keyboard…tiap laptop berbeda >>> untuk switch tampilan monitor internal dan eksternal)…kalo di ekternal bisa ada tampilan berarti LCD Notebook kamu bermasalah.
2. Ganti memori….pinjem ke teman (sesuaikan jenis memorinya)…atau coba ke toko komputer langganan…untuk memastikan memorinya yg rusak).
3. “Power”….kadang beberapa netbook jika baterai PACK-nya drop nggak mau tampil meski indikator power nyala,…coba “sambil dicharge”…laptop dinyalakan. Mudah2an nggak ngganto baterai…hehehhe
4.Untuk yang harus re-assembly ….serahkan ke ahlinya saja.

Reply

ratih kumala September 1, 2013 at 11:24 AM

Mas saya mau tanya , tadi pagi laptop pas mau dinyalahin lngsng muncul blue screen setiap nge-reboot selalu muncul blue screen sebelumnya aku ganti hdd karna hddnya ga compatible katanya. Nah tadi malem pas main masih biasa2 aja dan ga instal apa2 kira2 hddnya yg bermasalah atau ada driver yg bikin error ?

Tulisan di blue screennya
Please check your bios
Stop 0xc0000008E ( 0xc00000005 )
Sebenernya masih panjang cuma langsung ngereboot sendiri jadi susah hafalinnya heheh

Mohon bantuannya mas laptopku jdul IBM thinkpad hddnya juga langka nih :'(

Reply

Ade Setijo K September 1, 2013 at 8:53 PM

kalo lgsg restart biasanya mslh Memori…bisa jg HDDx, tapi muncul stlh loading windows…

Reply

Nurul Azizah September 24, 2013 at 9:14 AM

Mas, mohon bantuannya. Laptop saya sering juga mengalami blue screen seperti ini. kalau dicoba restart lagi nanti muncul lagi. kalaupun berhasil, nanti sering muncul notification windows explorer is stopped working atau aplikasi lain juga sering ada notifikasinya seperti itu, lalu beberapa saat kemudian muncul blue screen lagi. proses booting juga jadi lama. kira-kira kenapa ya? terus kalau memperbaiki kasus yang seperti itu kira-kira biayanya berapa?

Reply

Ade Setijo K September 24, 2013 at 6:19 PM

Coba install ulang tuh windows…kalo “saat proses install ulang” ada masalah, berarti HDD-mu atau Memori-mu yg perlu dicurigai, itu saja analisaku…cz gak tau sih jenis Bluescreenx yg gimana…

Reply

kurnia October 1, 2013 at 7:44 PM

mas mau tanya kalo bluescreen kayak gini knp ya?

http://imageshack.us/photo/my-images/28/3i7f.jpg/

makasi mas

Reply

nyoman October 11, 2013 at 5:50 PM

Laptop saya Toshiba Satelit L745
Masalah pada laptop saya sering bluescree dan dilayar ada tulisan startup repair padahal sudah di instal ulang win 7 berkali – kali tapi hasil nya tetap sama kembali menampilkan bluescreen dan layar hitam. Tolong solusinya ya kang Trima kasih

Reply

Ade Setijo K October 18, 2013 at 7:50 AM

BSOD/layar hitamnya muncul saat proses install windows atau setelah total selesai install…atau saat restart?

Reply

fadjar October 11, 2013 at 7:40 PM

gan, ini tiap gw colok modem (Tel-Flash) kok BSOD ya?
di colok sebelum dan sesudah masuk windows sama aja tetap BSOD.
kasus ini muncul malah di komputer baru (2 hari), saya colok modem di komputer lain (lama) ga terjadi apa-apa. Mohon bantuan nya ya. thx.

Reply

Ade Setijo K October 18, 2013 at 7:48 AM

kadang korosi, kendor colokan port-nya, atau chip kontroller usb bermasalah….solusi awal : coba cari pengaturan USB di BIOS. Jika setting/opsi di sana ada yang aneh/ganjil, silahkan diubah standard, lihat yang perubahan yang terjadi.

Reply

aroel December 4, 2013 at 6:08 AM

om
saya sudah kapok cari driver wirelees untuk axioo pico pjm m1110
untuk windows 7
sudah 2 minggu setelah intal ulang sampe sekarang tidak bisa memakai wifi
aneh nya di device maneger tidak terdeksi adapterwireles nya
kira2 apa masalah nya om……..
atau ada driver khusus untuk pico m110?
mohon bantuan nya om ya ………

Reply

Ade Setijo K December 5, 2013 at 7:59 AM

Coba download DRP (driver pack solution yg terbaru) dan atau cari cara penggunaanya di artikel2 saya sebelumnya >> Tentang DRP.

Reply

Billy December 24, 2013 at 11:18 PM

gan mw tanya nih… compie ane sering blue screen saat ane pasang ram 2keping (4Gb), tapi begitu saya lepas salah satu (jadi 2Gb) lancar2 aja, PC ram sama pc 800 ddr2 cuma beda merk. Setelah saya install ulang masih tetep aja sering blue screen, mohon pencerahannya gan…

terima kasih sebelumnya…

Reply

Ade Setijo K December 26, 2013 at 9:46 AM

Nggak sinkron ajha di speed-nya…kadang meski PC (tingkat kecepatan) sama, beda merk juga beda…ngetes-nya sama program tertentu. Tapi windows lebih pintar, saat install saja sudah bisa njawab Masalah khan?…mending cari ram dengan merk dan kapasitas yang sama. Kalo sudah sama merk n kaps-nya tapi dilepas satu trus lancar, berarti tuh salah satu ram dah ada penurunan kinerja/performance. Gmn cukup jelas khan?

Reply

Billy December 26, 2013 at 11:16 AM

terima kasih pencerahannya gan….

Reply

Irfan December 28, 2013 at 3:28 PM

Gan mau tanya ane buka video ko bluescreen terus ya?
padahal sebelum nya ngga gitu gan

Tolong di bantu

Reply

Ade Setijo K December 30, 2013 at 10:32 PM

Bluescreen-nya jenis/kode yang mana, “buat maen game bisa nggak Ir”…spesifikasi komputermu apa?…Biasanya/umumnya BSOD seperti itu karena video memori yang nggak kuat (vga)…

Reply

Ryan Pratama January 5, 2014 at 2:36 PM

kalo
kernel_mode_exception_not_handled

itu kenapa ya? setiap 2 jam sekali saya ketemu bluescreen itu…

Reply

Ade Setijo K January 12, 2014 at 9:28 AM

Saya pernah ngalamin gini, ada track di Harddisk yang sudah error/rusak/BAD (dimana ketempatan system/data). Lalu saat system atau data itu dipanggil, Head Harddisk bingung bacanya…keluarlah BSOD!

Reply

hotman January 14, 2014 at 9:36 AM

kang , laptop gua pas booting pasti bsod yang driver irql_not_less_or_equal . Awalnya karna kena virus win32 /sality trus gua scan , nah dari situ gk bisa idup lagi , pasth bsod . Solusi dong kang

Reply

Ade Setijo K January 14, 2014 at 12:33 PM

Kemungkinan besar virus merusak driver-driver yang ada di system driver OS, biar seger lagi solusi-nya : install ulang OS-nya ajha deh!

Reply

hotman January 17, 2014 at 11:44 PM

kang mau nanya lagi , kan udah gua install ulang dan berhasil tapi setelah gua idupin lagi , secara teknis laptop nya idup , bahkan ada suara klo masuk dekstop windowsnya . Kursornya ada , bisa digerakin , tapi layarnya cuma item doang , gk ada apa apa . Itu knp ya kang , klo ada solusinya mohon dibantu . Terima kasih .

Reply

ega January 22, 2014 at 8:42 PM

mas kalo komputer saya bluescreen pas dipasang vga , tapi kalo dilepas lancar lancar aja , mohon solusinya ?

Reply

Ade Setijo K January 25, 2014 at 8:16 AM

Berarti VGA card kamu nggak support…bisa juga setting display di BIOS Mainboard, bisa karena IRQ mengalami crash dengan peripheral lain, atau VGA dah setengah mati. Coba cari VGA card laen yang lebih support.

Reply

dani February 20, 2014 at 4:15 PM

saya mau tanya nih, laptop saya kena blue screen stelah booting windows, setelah mencoba cara safe mode tetep ga bisa gimana ya? mohon bantuannya.. tulisan saat blue screenya: 0x0000007b (0xf99B064, 0XC00000034, 0X000000000, 0X000000000)

Reply

Ade Setijo K February 25, 2014 at 8:37 AM

Coba diinstall ulang OS-nya dulu, jika saat proses installasi masih muncul bluescreen, berarti memorinya yang bermasalah, perlu diganti.

Reply

Muhammad Mahdi March 3, 2014 at 6:15 AM

saya mau tanya, kenapa setiap saya mencolokkan flashdisk Kingstone 32GB ke laptop saya, selalu muncul BSOD, tetapi kalau flashdisk yang lain tidak, mohon pencerahan, Terimakasih

Reply

Ade Setijo K March 10, 2014 at 6:51 PM

Sudah dicoba dicolokkan ke Komputer /laptop yang lain? Kalo masih troble (meski nggak kluar BSOD) , berarti ya UFD-nya!

Reply

connectify 9 hotspot crack December 9, 2014 at 8:29 PM

Wonderful beat ! I wish to apprentice even as you amend your
site, how can i subscribe for a weblog web site?

The account helped me a appropriate deal. I were tiny bit familiar of
this your broadcast provided bright transparent idea

Reply

tara December 30, 2014 at 11:47 PM

mas, laptop saya toshiba satelite L745 beberapa hari yg lalu dump crash pisycal memory dan blue screen, jadi saya bawa ke teknisi harus ganti HDD..
Setelah ganti HDD ternyata masih juga seperti itu mas,tetapi tidak sering bluescreen nya hanya sekali mas..
apakah itu HDD nya lagi yg bermasalah mas?
atau windows nya?
tetapi windows nya sudah 2x saya instal setelah ganti HDD mas..
saya menggunakan win 7 64 bit..
mohon solusi nya mas..
trimakasih

Reply

Ade Setijo K January 13, 2015 at 2:18 PM

Saya pernah ngalamin yang serupa beberapa kali, bisa juga karena memory atau CD/DVD Installer korup atau optik CD/DVD driverx sulit/gagal baca data selanjutnya…

Reply

Leave a Comment

{ 8 trackbacks }

Previous post:

Next post: