Pengertian Video Editing

by on 2010/11/09. Updated 2012/08/26 · 20 comments

Gambar Video EditingProses editing adalah salah satu elemen penting di dalam sinematografi dan tidak dapat dipisahkan dari dunia broadcasting. Namun apa sebenarnya video editing itu ? Video editing adalah suatu proses memilih atau menyunting gambar dari hasil shooting dengan cara memotong gambar ke gambar (cut to cut) atau dengan menggabungkan gambar-gambar dengan menyisipkan sebuah transisi.

Pada proses editing, gambar tidak cukup hanya digabung-gabungkan begitu saja. Banyak sekali variabel yang harus diketahui dalam proses editing, misalnya : camera angle, cameraworks, jenis shoot, motivasi, informasi, komposisi, sound, dan continuity. Istilah-istilah tersebut merupakan “Grammar of The Edit” yang harus dipegang dan diketahui oleh seorang editor.

Grammar of The Edit

* Motivasi
Pada film, gambar-gambar seperti jalanan kota, gunung, laut, awan, dan sebagainya sering kali ditampilkan sebelum gambar utama (subjek/objek). Tujuan dimunculkan gambar-gambar tersebut adalah sebagai penggiring dan penjelas dari gambar selanjutnya. Selain gambar, motivasi dapat juga dimunculkan dalam bentuk audio, misalnya : suara telepon, air, ketukan pintu, langkah kaki, dan sebagainya. Motivasi dapat juga berupa perpaduan gambar dan audio.

* Informasi
Pengertian informasi pada editing sebenarnya mengacu pada arti sebuah gambar. Gambar-gambar yang dipilih oleh seorang editor harus memberikan suatu maksud atau menginformasikan sesuatu.

* Komposisi
Salah satu aspek penting bagi editor adalah pemahaman tentang komposisi gambar yang bagus. Bagus di sini artinya memenuhi standar yang sudah disepakati atau sesuai dengan Cameraworks.

* Continuity
Continuity adalah suatu keadaan di mana terdapat kesinambungan antara gambar satu dengan gambar sebelumnya. Sedangkan fungsi dari continuity adalah untuk menghindari adanya jumping (adegan yang terasa meloncat), baik itu pada gambar atau audio.

* Tittling
Semua huruf yang diperlukan untuk menambah informasi gambar. Misalnya : judul utama, nama pemeran, dan tim kreatif.

* Sound
Sound dalam editing dibagi menurut fungsinya, sebagai berikut :
1. Original Sound
Semua audio/suara asli subjek/objek yang diambil bersama dengan pengambilan gambar/visual.
2. Atmosfer
Semua suara latar/background yang ada di sekitar subjek/objek.
3. Sound Effect
Semua suara yang dihasilkan/ditambahkan ketika saat editing, bisa dari original sound maupun atmosfer.
4. Music Illustration
Semua jenis bunyi-bunyian/nada, baik itu secara akustik maupun electric yang dihasilkan untuk memberi ilustrasi/kesan kepada emosi/mood penonton.

Sumber : kuncoroaji.wordpress.com

Untuk lebih mendalami pemahaman tentang video editing silahkan anda coba kunjungi link berikut, dimana terdapat Tutorial Gratis langsung download beberapa Software pendukung Video Editing :


Download Gratis Tutorial Pendukung Video Editing

 

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 17 comments… read them below or add one }

Anak Buah BOSS February 16, 2011 at 5:17 PM

Piye kabare Maz Dodotz? Tambah woakeh materi webe,…Sip…sip…sip…
Thanks,..Untuk semua ilmu kompinya koz bermanfaat n uda bisa jadi profesi dan bisa jadi jalan buat cari rejeki….Thanks banget BOSS!!! Sukses Buat DOTCOMCELL…

Reply

monz November 29, 2011 at 6:15 PM

mas mu tanya nih, pengertian dari mobiclip itu apa ya?

Reply

mazdodot November 30, 2011 at 12:14 AM

Nih cuplikan wiki : Mobiclip adalah sebuah teknologi video codec yang digunakan untuk format video berkualitas tinggi dengan konsumsi daya rendah, biasanya untuk Game Nintendo, PSP dalam perkembangannya dimanfaatkan untuk streaming video Ponsel dan gadget yang lain.

Reply

monz December 1, 2011 at 1:49 PM

ok trimaksih mas.. salam sukses

Reply

toge December 2, 2011 at 12:25 PM

software video apa yang bisa bikin video jadi jpeg?
kan dari cut to cut, berarti video itu bisa kita paparin jadi gambar.
saya pngn ambil dari gambar itu kemudian dijadikan .gif

reply secepatnya ato email jawabannya.

Reply

mazdodot December 3, 2011 at 8:00 AM

saat playback tuh video, tekan pause pada player, tekan tombol ‘Print Screen’ di keyboard, pastekan di Start > Program > Accesories > Paint, simpan pake BMP dulu biar komplit tuh warna, hajar pake photoshop kalo mo konvert ke JPG ato GIF…gampil khan. Kalo yang dimaksud menjadikan semua frame bergerak menjadi single frame image (mungkin semacam Batch konverter)…weleh 1 detik ajha 25 gambar….kalo pilem durasi 5 menit ajha…itung sendiri ya…coba dulu wae mas, biar ada pengalaman!

Reply

Yoga Riyan S August 14, 2012 at 2:27 PM

Mas,nanya soal video shooting..?artinya

Reply

Ade Setijo K August 14, 2012 at 2:51 PM

Intinya tentang teknik pengambilan video, termasuk pengenalan jenis kamera-kamera yang digunakan.

Reply

tek March 24, 2013 at 3:02 AM

mas.mau tanya… software video editing yang bagus ..apa ya?

Reply

Ade Setijo K March 24, 2013 at 9:52 PM

Magix Movie Edit Pro, menurut saya, karena input output file video yang di dukung banyak, dan Interface lumayan familiar.

Reply

tata September 12, 2013 at 11:26 PM

mau tanya bnayk nih,, maaf yaa . tugas sekolah :)
pengertian show transition, capture analog sama edit digital capture.

makasih

Reply

Ade Setijo K September 14, 2013 at 9:27 AM

Singkat ajha ya…
Show Transition : memberi efek khusus antara frame pertama dan kedua dan seterusnya dalam sebuah Timeline (area kerja) video.
Capture Analog : Mangambil frame video secara analog…Biasanya lebih di fokuskan pada perangkat capturing (handycam/camera, storage, dan interfacenya) yang masih menggunakan sistem Analog…blm digital.
Edit Digital Capture : yach seperti di artikel ini pemahamannya…yang jelas olah digital hasil kamu record/capture video (pakai software editing video yang jelas!).

Reply

Rizmah September 18, 2013 at 7:51 PM

Maaf, mau tanya.
frame gabs itu apa?
Makasih :)

Reply

Ade Setijo K September 20, 2013 at 1:58 AM

Secara harafiah, Frame Gabs dapat diartikan jarak antara frame dan frame dalam timeline project video.

Reply

yudhi ragel January 25, 2014 at 12:36 AM

Mas mau tanya artikel yang diatas itu kan masnya dapat dari blognya kuncoro aji nah saya buka blognya orang itu, artikel itu kok gak ada ya mas?

Reply

Ade Setijo K January 25, 2014 at 8:11 AM

Hei yudhi, tuh artikel mungkin di Blog Mas Aji dah dihapus…nggak usah bingung ah, pakai ajha artikel ini sebagai gantinya…no problem.

Reply

yudhi ragel January 25, 2014 at 9:43 PM

Oke mas makasih ya mas atas izinnya. Salam kreatif.

Reply

Leave a Comment

{ 3 trackbacks }

Previous post:

Next post: