Jaringan Komputer – Computer Network

by on 2010/11/11. Updated 2012/05/07 · 17 comments

Pengertian Jaringan Komputer (Inggris: Computer Network) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah :

  • Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
  • Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
  • Akses informasi: contohnya web browsing

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. Macam dan Jenis Jaringan Komputer dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

Klasifikasi



Berdasarkan Skala :

  • Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
  • Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
  • Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.

Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:

  • Client-server

Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.

  • Peer-to-peer

Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.

Berdasarkan Topologi Jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:

  • Topologi bus
  • Topologi bintang/Star
  • Topologi cincin/Ring
  • Topologi mesh
  • Topologi pohon/Tree
  • Topologi linier
Ingin lebih lengkap mengenai gambar serta keuntungan dan kerugian  silahkan lihat di Topologi Jaringan Komputer.

Berdasarkan Kriteria-nya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu :

  1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data :


  • Jaringan terpusat : Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server
  • Jaringan terdistribusi : Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

2.   Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi :

  • Jaringan LAN : merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.
  • Jaringan MAN : Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.
  • Jaringan WAN : Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

3.   Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data :

  • Jaringan Client-Server : Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.
  • Jaringan Peer-to-peer : Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

4.   Berdasarkan media transmisi data :

  • Jaringan Berkabel (Wired Network) : Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
  • Jaringan Nirkabel(WI-FI) : Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Sumber :  Wikipedia

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 11 comments… read them below or add one }

PT. KARYA PRIMA SUKSES March 6, 2012 at 1:28 PM

lengkap artikelnya 😀
jadi inget pas UTS

Reply

mazdodot March 6, 2012 at 8:36 PM

hahaha…Begitu Ya.

Reply

Nila March 12, 2012 at 12:17 PM

itu gambar handheld device alat untuk apa ya gan? :)

Reply

moncrot March 12, 2012 at 3:38 PM

wah….jadi keinget pelajaran TIK waktu msh scul dolo….hehe.

Reply

mazdodot March 12, 2012 at 7:57 PM

waah, sempat sekolah juga tho?…hehehe

Reply

Jameela March 16, 2012 at 2:19 PM

Nice Inpoh mas Dodot. Ikut nyimak ya :)

Reply

small business ideas March 31, 2012 at 4:41 AM

I Dont know if you will find the humor in this but I was searching for information on a research paper about TD Ameritrade and somehow from clicking through several links I stumbled here! The fact that I am commenting goes to show I will do anything to procrastinate!

Reply

lv 0326 April 6, 2012 at 3:13 AM

great post…

Reply

computer and network May 24, 2012 at 7:36 AM

gan tuker link balik ke ane ya gan

Reply

http://thetvtopc.com/ May 30, 2012 at 5:57 AM

I real glad to get this web site on bing, just what I
was looking for likewise saved to bookmarks .

Reply

wedding dresses August 11, 2012 at 8:17 PM

i like the news.

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: