Apa Itu Flashing Handphone

by on 2010/11/08. Updated 2013/05/20 · 113 comments

Flash Eeprom HandphoneIstilah Flash Memori

Memori kilat – flash memori adalah sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman. Istilah awamnya, dia adalah suatu bentuk dari chip memori yang dapat ditulis, tidak seperti chip memori akses acak/RAM, memori ini dapat menyimpan datanya tanpa membutuhkan penyediaan listrik. Memori ini biasanya digunakan dalam kartu memori, kandar kilat USB (USB flash drive), pemutar MP3, kamera digital, dan telepon genggam.

Istilah Flashing Handphone :



1.Firmware : Software / perangkat lunak yang dibuat oleh vendor (perusahaan pembuat ponsel) untuk mengoperasikan fitur-fitur ponsel, yang terdiri dari beberapa bagian yang lebih kecil.

2. Flashing : Proses memasukkan firmware ke ponsel.

3. Patching : Proses memodifikasi sebagian dari firmware dengan mengganti byte-byte data yang sudah ada dengan nilai yang baru, dengan tujuan memanipulasi sistem ponsel untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Misal: fitur baru, menon-aktifkan suatu fitur yang dianggap mengganggu, dan lain sebagainya.

4. FS (File System) : Bagian dari firmware yang berfungsi untuk menyimpan file-file settingan / konfigurasi agar ponsel dapat digunakan sebagaimana mestinya, yansekaligus berfungsi sebagai tempat internal memory / phone memory ponsel.

5. MAIN / FLASH : Bagian utama firmware yang berfungsi sebagai Operating System (OS) ponsel yang mengoperasikan fungsi-fungsi ponsel itu sendiri.

6. Backup : Membuat salinan /copy-an dari data-data /file-file penting, sebelum melakukan modifikasi terhadap ponsel, agar jika hasilnya tidak

sesuai keinginan / tidak memuaskan, maka file-file yang sudahdibackup tadi dapat dikembalikan / di-restore lagi ke ponsel.

7. Restore : Mengembalikan file-file / data-data yang sudah di-backup dengan tujuan mengembalikan keadaan seperti sebelumnya.

8. Upload : Mengcopy file dari komputer ke FS (File System) ponsel.

9. Download : Mengcopy file dari FS (File System) ponsel ke komputer untuk dimodifikasi atau di-backup.

10. Finalize / Finalizing : Tahap terakhir dalam proses full flashing, yaitu proses mengcopy file-file konfigurasi / settingan ponsel yang paling utama, beserta file-file sertifikat Java ke FS (File System) ponsel, agar ponsel dapat digunakan kembali setelah mengalami full flashing.

11. Full flashing : Proses flashing yang dilakukan pada bagian MAIN dan FS ponsel.

12. Partial flashing : Proses flashing yang dilakukan hanya pada bagian MAIN saja,atau hanya pada bagian FS saja.

13. Cross flash : Flashing suatu tipe ponsel dengan menggunakan firmware tipe ponsel lain yang memiliki spesifikasi sama dengan ponsel

tersebut.

Misal : Cross flash hp sony ericsson K750i dengan firmware W800i.

14. Update firmware : Proses meng-update firmware ponsel dengan firmware yang versinya lebih baru / aktual, dengan tujuan menghilangkan bugs-bugs pada versi firmware sebelumnya, sehingga sistem bahkan aplikasi lebih stabil.

15. Bugs : Masalah-masalah yang tidak seharusnya terjadi, yang dikarenakan oleh kesalahan firmware ponsel. Sehingga semua ponsel dengan tipe yang sama yang menggunakan versi firmware yang sama, akan mengalami masalah yang sama.

Misal: baterai yang tidak dapat di-charge sampai 100% penuh.

16. Customize / Customizing : Modding yang dilakukan pada FS (File System) ponsel dengan tujuan mengkostumisasi tampilan ponsel. Biasanya dilakukan untuk mengganti tampilan icon-icon menu ponsel yang standar dengan tampilan baru yang lebih menarik.

Sumber :  acphoenix.wordpress.com | Istilah-Istilah Flashing Handphone dan wikipedia

5 / 5 stars     
Silahkan dibaca juga Artikel yang masih berhubungan :

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 113 comments… read them below or add one }

ayick13 February 11, 2013 at 5:04 AM

bagus, mas. oh ya, sekalian mau nanya, apakah flasing itu akan mengganti semua data-data yang ada di handphone? mulai dari C:\ D:\ Y:\ Z:\

saya pengguna Nokia e63. dan saya mengalami kesalahan. waktu itu saya mau hack nokia e63 saya. lalu, setelah hack. saya salah dalam menaruh Install server. yang seharusnya saya tarus directory C:\ tapi saya menaruhnya di directory Y:\

problemnya, waktu hack saya masih menggunakan Xplore. lantas, setelah hack. Xplorea dan aplikasi hack itu saya hapus. kemudian saya restart. nah, disinilah problem itu berawal. karena saya salah menaruh Installserver-nya maka, saat Install aplikasi yang berekstensi sis atau sisx, selalu mendapati pesan File Corupt!

saat hendak menghapus file install server yang ada di directory Y:\ saya tidak bisa akses, karena belum Install Xplore atau aplikasi file manager lainnya.

untuk suhu dan para master lainnya, saya mohon bantuannya.?

Reply

Ade Setijo K February 11, 2013 at 12:16 PM

Dengan kasus hp kamu yang sudah seperti itu, biasanya aku langsung Full Flash! Bisa seger kembali,ok!?

Reply

Danu Winanto February 11, 2013 at 7:27 PM

Download di LG Mobile Phone Support / LG Indonesia softwarenya eror semua Mas, waktu install ke PC, internet pakai modem smartfren ac 682 untuk download softwarenya, mungkin ada link-link terpercaya yang lain selain dari situs LG

Reply

etha kerap February 15, 2013 at 3:15 AM

hp saya vigo 350 blank layar hitam panggilan masuk tidak terlihat terpaksa cabut battrei jadi lg,dibawa ke tempat service ujung-ujungnys pilihan modus jaringannya dah gak ada koneksi inetnyapun jd lelet padahal tulisan H tetap ada,gimana tuh bang apa bisa di flashing lagi,karena kayaknya udah mereka flashing tuh bang…..makasih bang sebelumnya….

Reply

Ade Setijo K February 15, 2013 at 5:49 PM

Kita musti punya strategi juga saat ponsel dibawa ke tempat servis. Kita wajib tahu dan ingat2 apa sih kerusakan yang ada dan apa sih yang masih bisa dilakukan pada ponsel tersebut sebelum diserahkan ke tukang servis hp (gampangnya: yang rusak apa dan yang normal apa)…Misalnya untuk kasusmu, sebelumnya internet lancar, setelah diperbaiki internet lemot…solusinya : konsultasikan lagi dengan teknisi hp yang bersangkutan. Dengan kepala dingin tentunya, ok?

Reply

reza hardani February 16, 2013 at 1:33 AM

maz mau tanya.
Hp q symbian n0kia 6120c.
Sblmy.. Hp q dh di ‘hack.. Tp bru” kmaren hbiz reztat’ ,jd smw file dlam hp hlang smw. .n file di mmc jg hlang.
..truz saya mau ‘HaCK lagi.. Tp q download ‘X-pLOre’it..gk bza di instal n aplikasi lainya jg. Tlizane periksa sertifikat/pembaruan salah.
..tlong bntuanya mass ??
Udah puzing saya..

Reply

Ade Setijo K February 16, 2013 at 7:22 AM

Di HACK? Pakai Hacking It ya…dari kasus yang ada biasanya di Hard Reset-pun kadang juga nggak MAMPU, cara terbaik mengatasi masalah ponsel 6120c yang blank atau aplikasi error gak bisa dibuka biasanya n lebih baik di Full Flash lagi. Cari Firmware (file flash) yang sehat untuk itu. Aku yakin semua akan kembali normal, ok?

Reply

reza hardani February 16, 2013 at 12:11 PM

carinya it dimana mazZ .. ??
Trus cara krjanya..gmn .

Reply

Ade Setijo K February 19, 2013 at 9:30 PM

Cari di google dengan keyword “File Flash Nokia 6120c” atau “Firmware Nokia 6120c”, caranya lihat artikel : Cara Flash Nokia Tanpa Box

Reply

etha kerap February 18, 2013 at 6:05 PM

maaf bang,nanya lagi,hpnya sudah saya bawa lagi ke tempat servicenya dan mereka bilang udah di update tapi bukan os hpnya melainkan versi yang lama katanya dari pusat gak dikasih versi originalnya,gimana ya sebaiknya..? internetnya semakin lemot aja apa bisa di root dan apa internetnya bisa lancar setelah di root…?

Reply

Ade Setijo K February 19, 2013 at 9:38 PM

Ok kalo dalam pikiranmu root atau custom rom adalah solusinya , silahkan kunjungi link berikut untuk memulai mencoba-nya : Upgrade Vigo 350

Reply

febry February 26, 2013 at 5:24 AM

Gan hp saya imo normandy, setelah ada beberapa aplikasi yg terhapus jadi brick dan tidak mau booting. celakanya belum q install cwm. setelah q cari di google ternyata belum ada tutorial flash hp dari pc, minta solusinya… thank banyak,,,,,

Reply

Ade Setijo K February 26, 2013 at 3:37 PM

Halo Feb, kamu googling ajha cari custom rom atau sekalian cari stock rom-nya Android Imo Normandy. Setelah dapet file-nya silahkan lihat artikel-ku terdahulu tentang : cara install custom rom android ,sebagai panduan dan untuk ngatasi Bricking Android…

Reply

resa pranata March 27, 2013 at 5:45 PM

bank mau nanya . hape saya mito 960 . apa hape ini bisa di flash atau di hack seperti mengganti jenis font, mengganti tema, dll..
mohon balasannya, terimakasih .

Reply

Ade Setijo K March 27, 2013 at 9:41 PM

Aku belum pernah coba Mito 960, dulu aku pernah punya HP CHINA T68 Skytel (klo g salah), modelnya kayak Iphone.. Iphone China, hehehe. Tapi bisa diganti2 temanya…Coba googling ajha.

Reply

Sandy March 31, 2013 at 11:00 PM

Asqum, permisi mau nanya, gw punya hp nokia 5530 eror abis kecemplung ke aer, camera eror batre cepet abis trus klo nlpon gak bisa nyambung headeat
Apa klo di full flash bisa normal lagi? Mohon solusi nya.

Reply

Ade Setijo K April 2, 2013 at 7:04 PM

WaSalam,..apapun perangkatnya, kalo habis kecemplung air, apalagi hape, tidak bisa normal lagi 100% (apalagi juga saat kecemplung batrei g langsung dilepas. Biasanya harus di re-asembly (bongkar total casing) untuk pengeringan (re-blow pake blower/ dijemur bwh matahari) komponen yg di dalamnya. Silahkan kalo mau di full flash sebagai solusi alternatif. Selama hardware yakin masih layak, bisa di coba flash software-nya.

Reply

putra July 4, 2013 at 3:27 PM

kalo kecemplung mah udah pasti hardwarenya yang kenapa brow!!

Reply

Usep Irwan April 4, 2013 at 8:06 PM

hp saya beyond b38 suka mati mendadak tpi klo udh dilepas batre dn dipasng lg bisa hidup lg. kejadian tsb trus brulang n memory eksternal jga g bsa kebaca. apakah di flash ulang solusi terbaik? dan apakah bisa normal lgi? mohon pencerahan..
terima kasih

Reply

Ade Setijo K April 5, 2013 at 11:49 AM

Jangan salah, Flashing adalah salah satu cara memperbaiki ponsel dari sisi Software dan bukan solusi terbaik…Memang kasus kadang bisa kadang nggak (temporari) sangat menjengkelkan! Coba saja di Flash Ulang (sudah banyak kok Firmwarex di forum2 hp), jika tidak ada perubahan setelah Flashing, baru kita boleh Vonis Hardware…ok

Reply

fajar April 7, 2013 at 4:37 PM

mas mo nanya..hp sy galaxy pop plus..karna ada suatu hal yg memusingkan maka hp saya factory reset..dan akibatnya hp saya mlh nggak bisa kepakai.yg keluar cuman logo android & muncul proses com.android.phone terhenti..dan nggak mau masuk ke menu utama…gmn tu mas???mohon pencerahanya…???

Reply

dzikrul April 16, 2013 at 4:58 PM

assalamu’alaikum ,bang saya mau nanya ,hp saya e63 ,kemaren saya coba nge hack hp saya ,wktu saya instal aplikasi norton symbian tiba2 hp saya gabisa dipencet sama skali bang ,trus saya cabut batrenya biar mati ,trus saya on.nin lg ,dan cuma nyampe homescren aja bang , abis itu gabisa dipencet sama skali ,minta solusinya bang ?trims

Reply

Ade Setijo K April 17, 2013 at 7:41 PM

Langsung saja ya dari lihat kasusmu, Coba hidupkan hp tanpa memori card. Jika cara ini nggak berhasil,
kamu dapat format melalui Hard Reset Cara Hard Reset Nokia E63 (Perhatian Hard Reset akan menghapus semua data dan setting Hp kamu!): 1. Lepas Memory Card 2.Lepas batrei kira2 10-15 detik, lalu pasang kembali 3. Tekan tombol * + 3 + panggil/yes/hijau-Green , lalu Power On.

Reply

heru May 3, 2013 at 9:43 PM

gan mau tanya .picopad axioo 7ggc kn suda root2tan dr pabrikny.mslhny sy tidak tau klo root trsbt ud dr pabrikan,trus sy root pake superoneclick malah jd g karu2an.cara mengembalikan setelan asal pabrik gmn gan.uda saya unroot trus coba sy root lg msi gt.

Reply

Ade Setijo K May 4, 2013 at 9:49 AM

Gak karuan gmn, tapi kalo masih bisa masuk Desktop/GUI Android silahkan ikuti cara berikut
( Axioo Pico-mu Android versi 4 khan ):
1. Masuk menu Setting
2. Backup and reset
3. Factory data reset
4. Reset device
5. Tunggu proses selesai
6. Setidaknya sekarang Perangkat Android kamu sudah kembali ke Setting asli-nya.
7. Dan setelah Android kamu Reboots, kamu akan mendapatkan versi awal dari Android yang di tanam di perangkat kamu
(yang sebelumnya di root oleh pabrik atau developer tertentu).

Semoga berhasil…

Reply

jethendra May 26, 2013 at 7:11 PM

mas mau tanya dong klu di layar hp tertulis pengisi daya tidak di dukung solusinya apa y thanks

Reply

Ade Setijo K May 28, 2013 at 9:41 AM

Kalo kamu yakin baterai hp selama ini tidak bermasalah, berarti masalah bisa disebabkan “charger” yang tidak kompetibel/tidak cocok (bisa karena rusak > tegangan output drop saat charging)…coba ganti charger hp-nya.

Reply

Yuda June 15, 2013 at 6:50 AM

Flash itu sama ky install ulang ya mas?

Reply

Ade Setijo K June 15, 2013 at 10:44 AM

Betul…setidaknya seperti itu, cara kerja-nya.

Reply

Diandra June 15, 2013 at 11:48 PM

Assalamu’alaikum. Saya mau nanya kalo aplikasi bawaan dari handphone X2-01 hilang bagaimana cara mengembalikannya? Seperti aplikasi Komunitas, Life Tool, Email, dan Ovi store? Tolong dibales ya. Terimakasih. Wassalamualaikum

Reply

Ade Setijo K June 17, 2013 at 8:40 AM

Bisa kok langsung lewat ponsel kamu , caranya hidupkan koneksi internet, melalui Opera atau Browser lainnya yang ada di App ponsel kamu, ketik di Address Bar “store.ovi.com”, cari dan download Aplikasi yang kamu inginkan, kemudian Install. Atau juga bisa lewat Komputer atau Laptop/Netbook kamu, dengan masuk ke alamat yang sama dgn di atas…File aplikasi hasil download (perhatikan jenis/eksitensi file-nya) bisa di transfer ke Handphone via Bluetooth ataupun Card Reader (memori card). Kalo ada masalah saat instalasi aplikasi/semua tidak mau Install mending bawa saja ke Servis Center untuk di Flash Ulang ataupun Hard Reset.

Reply

tofan July 8, 2013 at 8:59 AM

mas klo kontak favorit bawaan hp hilang, bs dikembalikan ngga dg cra di flash..

Reply

Ade Setijo K July 11, 2013 at 12:08 PM

Kalo list/daftar kontak gak bisa, tapi menunya bisa…

Reply

arya October 6, 2013 at 6:15 AM

bagaiman cara mengembalikan foto yang trhapus di memory internal hp Nokia E63 mas….?

Reply

Ade Setijo K October 7, 2013 at 7:09 AM

Coba gunakan Software samacam “7-Data Recovery Suite Free Edition“…mudah2an berhasil.

Reply

silda dewi November 3, 2013 at 10:27 PM

mas, nokia e63 sya mndadak mati, trus ga bsa nyala lg. gmn cara’y spya bsa nyala n berfungsi sperti biasa lg yah, tlong info’y mas.

Reply

Ade Setijo K November 7, 2013 at 8:09 AM

Biasanya karena koneksi baterai ke hp kendor, bisa…komponen/hardware bermasalah bisa juga…atau software hp error atau korup karena virus…Langkah awal coba lepas baterai 20 detik n pasang kembali, kalo masih gak nyala, coba dicharge (atau kalo bisa pinjem charge n baterai teman, sbg perbandingan)…kalo dengan cara tersebut gak berhasil, bawa ajha ke counter service hp, minta di flash!

Reply

ena November 5, 2013 at 4:59 PM

sob knapa kok hp nokia e63 saya gg bisa instal file sis/sisx lagi.,yang file signed juga kaga bisa di instal.,
malah file corupted terus

udah di hard reset juga tetep aja nggak bisa sob.,
itu kenapa yah.,??

Reply

Ade Setijo K November 7, 2013 at 8:00 AM

ada file sistem yg bermasalah, coba di flash (full flash) saja…biar seger dulu, lalu coba inject aplikasi lagi…

Reply

ena November 10, 2013 at 11:17 AM

cara full flash nya gimana .?

Reply

daniel December 3, 2013 at 4:30 PM

Gan… isi udisk abnomal memulai kembali..menunggu
Gimana solusinya ya gan.. (GSTAR)

Reply

candra December 28, 2013 at 8:38 AM

gan hp saya 6300 kalo buat buka kamera tulisannya kamera siap…kalo diflash bsa bner lg gag gan?

Reply

Ade Setijo K December 30, 2013 at 10:29 PM

Tetep ajha, kalo nggak hardware ya software. Biasanya coba di flash dulu (software), kalo masih tetep gitu ya harus mbongkar, alias Hardware-nya yang bermasalah (bisa modul kamera atau memori penyimpanan-nya).

Reply

liza January 14, 2014 at 8:49 AM

mas mau tanyak ni
xperia j saya screen sebelah kanan kurang sensitif
dan kontak2 kadang bisa tertekan sendiri
apa dengan di flash full bisa nornal ya
sy udah coba dengan aplikasi apk andro yang ad dforum2 tentang kalibrasi screen
tapi ngulah lagi setelah 2 hari kemudian
dan apabila d flashing ada ngaruh ke hardware gak mas??
mohon bantuan ya mas masi pemula ini
udah googling belom nemu juga gmna cranya..
trimakasi mas sebelumny

Reply

Ade Setijo K January 14, 2014 at 12:40 PM

XPERIA J ini pake Android OS, v4.0.4 (Ice Cream Sandwich), silahkan dicoba upgrade ke v4.1.2 (Jelly Bean) atau di atas-nya, ada kok di forum-forum tuh Custom Rom-nya, googling ajha , ketik Custom Rom Xperia J…Untuk flashing sementara tidak saya rekomendasi, lebih baik nyoba diganti CR nya saja atau lebih aman di Reset Factory Default. Untuk pembelajaran lengkap tentang android silahkan masuk di artikel saya yang ber kategori ANDROID.

Reply

Harry February 6, 2014 at 7:52 PM

mas kalo cara full flash nya nokia e63 yg paling aman kaya gimana yah..
..trus klo full flash sendiri gampang ga..
Skian mas, trmkasih..

Reply

Ade Setijo K February 10, 2014 at 2:49 AM

Kenapa HP harus di Flash, harus ada alasannya Har!?

Reply

Danu Winanto February 9, 2014 at 7:53 PM

Malam Mas, mau tanya cara memperbaiki memory card ato memory eksternal pada handphone yang tidak terbaca bagaimana aku pakai memory card merek VISIPRO, memorynya dulu pernah nggak bisa kebaca terus ta oles sama sedikit air bisa terbaca tapi cuma sementara sekarang udah total nggak kebaca semua, emannya disitu banyak file multimedia ta simpan disana tolong beri tahu solusinya

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: