Apa Itu Flashing Handphone

by on 2010/11/08. Updated 2013/05/20 · 105 comments

Flash Eeprom HandphoneIstilah Flash Memori

Memori kilat – flash memori adalah sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman. Istilah awamnya, dia adalah suatu bentuk dari chip memori yang dapat ditulis, tidak seperti chip memori akses acak/RAM, memori ini dapat menyimpan datanya tanpa membutuhkan penyediaan listrik. Memori ini biasanya digunakan dalam kartu memori, kandar kilat USB (USB flash drive), pemutar MP3, kamera digital, dan telepon genggam.

Istilah Flashing Handphone :



1.Firmware : Software / perangkat lunak yang dibuat oleh vendor (perusahaan pembuat ponsel) untuk mengoperasikan fitur-fitur ponsel, yang terdiri dari beberapa bagian yang lebih kecil.

2. Flashing : Proses memasukkan firmware ke ponsel.

3. Patching : Proses memodifikasi sebagian dari firmware dengan mengganti byte-byte data yang sudah ada dengan nilai yang baru, dengan tujuan memanipulasi sistem ponsel untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Misal: fitur baru, menon-aktifkan suatu fitur yang dianggap mengganggu, dan lain sebagainya.

4. FS (File System) : Bagian dari firmware yang berfungsi untuk menyimpan file-file settingan / konfigurasi agar ponsel dapat digunakan sebagaimana mestinya, yansekaligus berfungsi sebagai tempat internal memory / phone memory ponsel.

5. MAIN / FLASH : Bagian utama firmware yang berfungsi sebagai Operating System (OS) ponsel yang mengoperasikan fungsi-fungsi ponsel itu sendiri.

6. Backup : Membuat salinan /copy-an dari data-data /file-file penting, sebelum melakukan modifikasi terhadap ponsel, agar jika hasilnya tidak

sesuai keinginan / tidak memuaskan, maka file-file yang sudahdibackup tadi dapat dikembalikan / di-restore lagi ke ponsel.

7. Restore : Mengembalikan file-file / data-data yang sudah di-backup dengan tujuan mengembalikan keadaan seperti sebelumnya.

8. Upload : Mengcopy file dari komputer ke FS (File System) ponsel.

9. Download : Mengcopy file dari FS (File System) ponsel ke komputer untuk dimodifikasi atau di-backup.

10. Finalize / Finalizing : Tahap terakhir dalam proses full flashing, yaitu proses mengcopy file-file konfigurasi / settingan ponsel yang paling utama, beserta file-file sertifikat Java ke FS (File System) ponsel, agar ponsel dapat digunakan kembali setelah mengalami full flashing.

11. Full flashing : Proses flashing yang dilakukan pada bagian MAIN dan FS ponsel.

12. Partial flashing : Proses flashing yang dilakukan hanya pada bagian MAIN saja,atau hanya pada bagian FS saja.

13. Cross flash : Flashing suatu tipe ponsel dengan menggunakan firmware tipe ponsel lain yang memiliki spesifikasi sama dengan ponsel

tersebut.

Misal : Cross flash hp sony ericsson K750i dengan firmware W800i.

14. Update firmware : Proses meng-update firmware ponsel dengan firmware yang versinya lebih baru / aktual, dengan tujuan menghilangkan bugs-bugs pada versi firmware sebelumnya, sehingga sistem bahkan aplikasi lebih stabil.

15. Bugs : Masalah-masalah yang tidak seharusnya terjadi, yang dikarenakan oleh kesalahan firmware ponsel. Sehingga semua ponsel dengan tipe yang sama yang menggunakan versi firmware yang sama, akan mengalami masalah yang sama.

Misal: baterai yang tidak dapat di-charge sampai 100% penuh.

16. Customize / Customizing : Modding yang dilakukan pada FS (File System) ponsel dengan tujuan mengkostumisasi tampilan ponsel. Biasanya dilakukan untuk mengganti tampilan icon-icon menu ponsel yang standar dengan tampilan baru yang lebih menarik.

Sumber :  acphoenix.wordpress.com | Istilah-Istilah Flashing Handphone dan wikipedia

5 / 5 stars     
Silahkan dibaca juga Artikel yang masih berhubungan :

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 101 comments… read them below or add one }

RHENY February 26, 2014 at 8:23 PM

ass,mas.
mw tanya nih,knpa memori di hp q suka pnuh.
trus klw mw stel musik,memori selalu gk ckup,npa ya
mas???
hp q mito 960

Reply

Ade Setijo K March 10, 2014 at 6:48 PM

Suka Penuh, berarti kadang2 ya?….Coba dipikir-pikir dulu, sebelumnya melakukan aktifitas apa…usahakan transfer file via bluetooth storage yang dipakai Memori Card jangan Memori telpon. Coba selalu cek kapasitas memori telpon…(saya nggak hapal memori telpon bawaan MITO 960 berapa).

Reply

agungz March 3, 2014 at 3:38 AM

mlm mas ade,sy mau tanya hp saya nokia 6120c tidak bisa dicharge,.pdhl charge ke hp lain bisa…memory ke detect tp g bs nmbah dftar putar lagu,buat internet an bisa tp gmbr kotak2 kalau berat sedikit sering restart,udh sy hard reset n soft reset msh tetep aja..firmware v.03.70,RM-243(b14.01),apa minta di flash, baru bs nge charge lg mas?mohon pencerahannya..terimakasih

Reply

Ade Setijo K March 10, 2014 at 6:50 PM

Kalo lihat kasusumu coba di-Full Flash saja.

Reply

johan March 10, 2014 at 11:23 AM

Gan,ane punya nokia 6303i classic,tp klo buat poto2 kok buram bgtu ya..kyk berkabut,mhn pencerahannya..Trmksh.

Reply

Ade Setijo K March 10, 2014 at 7:03 PM

Sekedar berbagi tip foto pake HP…usahakan saat moto cahaya sekitar terang, jadi sensor kamera lebih gegas n lebih padat hasil fotonya…dan tangan gak boleh goyang…beli tripod untuk HP-mu…banyak tersedia kok.

Reply

Danu Winanto June 3, 2014 at 7:28 PM

Mas mau tanya kenapa memori eksternal hape setelah dimasukkan lagu mp3 ketika di play di hape lagu mp3 jadi campur waktu itu di kasih mp3 ungu di play ada mp3 wali, satu nama mp3 ungu isinya jadi dua problemnya karena apa?
Hape merek LG KP 220 memori eksternal merek Samsung ukuran 2 Giga
Kenapa hape selalu memanggil sendiri nomor darurat atau SOS secara otomatis masalahnya kenapa Mas?

Reply

Leave a Comment

{ 4 trackbacks }

Previous post:

Next post: