Apa Itu After Effects?

by on 2010/11/10. Updated 2012/08/17

LOGO AFTER EFFECTS

Sekilas After Effects

After effects pada awalnya merupakan sebuah software produk dari Macromedia yang sekarang sudah menjadi salah satu produk Adobe dan merupakan sebuah perangkat lunak (software) grafik gerak digital dan  composite yang penggunaan utamanya adalah untuk film dan pasca produksi video.

Deskripsi After Effects

After Effects adalah sebuah software yang sangat profesional untuk kebutuhan Motion Graphic Design. Dengan perpaduan dari bermacam – macam Software Design yang telah ada, After Effects menjadi salah satu software Design yang handal. Standart Effects yang mencapai sekitar 50 macam lebih, yang sangat bisa untuk merubah dan menganimasikan obyek. Disamping itu, membuat animasi dengan After Effects, juga bisa dilakukan dengan hanya mengetikkan beberapa kode script yang biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis.

After Effects lebih lengkap fasilitasnya bila kita bandingkan dengan software Video Editing lain. Pada After Effects, terdapat beberapa fasilitas yang dimiliki oleh beberapa software lain. Misalnya; Di After Effects terdapat tool untuk membuat Shape ( seperti yang terdapat pada Adobe Photoshop ). Pada After Effects terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Flash ( cara menganimasikannya juga hampir sama ). Terdapat juga Expression yang hampir mirip dengan Action Script pada Flash, dan masih banyak lagi yang lain.

After Effects dan beberapa sistem editing non-linear (NLEs) adalah layer-berorientasi, yang berarti bahwa setiap individu objek media (klip video, klip audio, gambar diam, dll) menempati jalur (track)-nya sendiri. Sebaliknya, NLEs lain menggunakan sistem di mana individu dapat menempati objek media jalur yang sama selama mereka tidak tumpang tindih pada waktunya. Sistem Track-Berorientasi ini lebih cocok untuk mengedit dan dapat menyimpan file proyek jauh lebih ringkas.

After Effects terintegrasi dengan software-sofware Adobe yang lain seperti Adobe Illustrator, Photoshop, Premiere Pro, Encore, Flash, dan sofware 3D dari pihak ketiga seperti Cinema 4D.

Sejarah After Effects
After Effects awalnya diciptakan oleh Company of Science and Art di Providence, RI,  ( CoSA) USA. Versi 1.0 dirilis pada Januari 1993. Versi 2.1 memperkenalkan  PowerPC Acceleration pada tahun 1994. CoSA bersama dengan After Effects kemudian diakuisisi oleh perusahaan Aldus pada bulan Juli 1993; perusahaan ini kemudian diakuisisi oleh Adobe pada tahun 1994, dan dengan itu Page Maker dan After Effects. Rilis pertama oleh Adobe untuk After Effects adalah versi 3.0.

Dukungan Plug-In After Effects

Plug-in
After Effects telah luas dalam mendukung Plug-In, dan berbagai plug-in pihak ketiga yang tersedia. Berbagai plug-in gaya ada, seperti sistem partikel untuk efek realistis untuk hujan,salju,kebakaran,dll.
Dengan atau tanpa pihak plug-in ketiga , After Effects dapat me-render (kalkulasi matematis) efek 3D. Beberapa dari plug-3D menggunakan layer dasar 2D dari After Effects. Illustrator grafis juga dapat dipanggil (di-load : red) dan dirender dalam 3D menggunakan plug-in seperti Zaxwerks Invigorator 3D Pro. Beberapa Vendor plug-in terkenal :  Automatic Duck, BorisFX, Conoa, Cycore Effects, DigiEffects, Digital Anarchy, Digital Film Tools, Digital Trove, The Foundry, FXhome, GenArts, GridIron Software, Noise Industries, RE:Vision Effects, Red Giant Software, Synthetic Aperture, Trapcode, Video Copilot, and Zaxwerks. Selain efek 3D, ada plug-in untuk membuat tampilan video seperti film atau kartun, simulasi kebakaran, asap, atau air, sistem partikel, gerak lambat; grafik animasi membuat, grafik, dan lain visualisasi data; menghitung gerakan 3D kamera dalam shot video 2D; meliuk menghilangkan, kebisingan, atau tali-temali baris; jadwal menerjemahkan dari FCP atau Avid; menambahkan koreksi warna high-end dan perbaikan alur kerja dan efek visual lainnya.

Sumber : Wikipedia ; adobe.com ; ari.bisniskuonline.com

Untuk pengenalan dasar tentang Adobe After Effects,  anda bisa download video tutorial di link berikut :


DOWNLOAD GRATIS  VIDEO TUTORIAL ADOBE AFTER EFFECTS – BAHASA INDONESIA ( DASAR ) :
 
Daftar Isi Download di ziddu.com
Download Video Tutorial Gratis Adobe After Effects Part1
Download Video Tutorial Gratis Adobe After Effects Part2
Download Video Tutorial Gratis Adobe After Effects Part3
Download Video Tutorial Gratis Adobe After Effects Part4
Download Video Tutorial Gratis Adobe After Effects Part5
Download Video Tutorial Gratis Adobe After Effects Part6
Download Video Tutorial Gratis Adobe After Effects Part7
Download Video Tutorial Gratis Adobe After Effects Part8
Download Video Tutorial Gratis Adobe After Effects Part9
Download Video Tutorial Gratis Adobe After Effects Part10
Download Video Tutorial Gratis Adobe After Effects Part11
Download Video Tutorial Gratis Adobe After Effects Part12
Download Video Tutorial Gratis Adobe After Effects Part13

password : asastudio.org

LOGO ASA STUDIOTertarik Untuk belajar dan pengenalan lebih jauh tentang Artikel Software Adobe After Effects ini , silahkan kunjungi PUSAT TUTORIAL VIDEO GRATIS tentang DESIGN-DESAIN GRAFIS yang menyajikan Artikel Lengkap berupa Video Tutorial Gratis Adobe After Effects,3ds Max,Adobe Photoshop,Cakewalk Sonar,Adobe Dreamweaver yang dikemas lewat Video Paket Lanjut Dan Paket Dasar dalam pembelajarannya.

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

Previous post:

Next post: