Adobe Flash : vektor-animasi-swf

by on 2010/11/10. Updated 2012/08/17 · 16 comments

LOGO ADOBE FLASH Adobe Flash yang dulu-nya Macromedia Flash adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web atau Browser yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.

Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama ‘Macromedia’ adalah adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.

Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya

Movie-movie Flash memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang dapat disesuaikan dengan keingginan. Aplikasi Flash merupakan sebuah standar aplikasi industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan perluasan kemampuan integrasi yang lebih baik. Banyak fiture-fiture baru dalam Flash yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture baru ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat secara cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut. Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara cepat aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan script tingkat lanjut. Di dalam aplikasinya juga tersedia sebuah alat untuk men-debug script. Dengan menggunakan Code hint untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan dan pengembangan isi ActionScript secara otomatis.

Sumber : Wikipedia

Untuk pengenalan dasar tentang penggunaan Software Adobe Flash, anda bisa download Video Tutorial-nya berikut :

Download Video Tutorial Gratis Adobe Flash

Daftar isi Download di ziddu.com :
Mengenal Tampilan Adobe Flash-Part1
Mengenal Tampilan Adobe Flash-Part2
Cara Import Audio Di Adobe Flash-Part1
Cara Import Audio Di Adobe Flash-Part2
Cara Import Audio Di Adobe Flash-Part3
Cara Import Audio Di Adobe Flash-Part4
Membuat Animasi Menggunakan Adobe Flash-Part1
Membuat Animasi Menggunakan Adobe Flash-Part2
Membuat Animasi Menggunakan Adobe Flash-Part3
Mengenal Dan Menggunakan Action Script Di Adobe Flash-Part1
Mengenal Dan Menggunakan Action Script Di Adobe Flash-Part2
Mengenal Dan Menggunakan Action Script Di Adobe Flash-Part3
Cara Menyimpan Dan Meng-export File Flash Di Adobe-Part1
Cara Menyimpan Dan Meng-export File Flash Di Adobe-Part2
Cara Menyimpan Dan Meng-export File Flash Di Adobe-Part3

LOGO ASA STUDIOTertarik Untuk belajar dan pengenalan lebih lanjut tentang Artikel Software Adobe Flash ini, silahkan kunjungi PUSAT TUTORIAL GRATIS tentang DESIGN-DESAIN GRAFIS yang menyajikan Artikel Lengkap berupa Video Tutorial Gratis Adobe After Effects,3ds Max,Adobe Photoshop,Cakewalk Sonar,Adobe Dreamweaver yang dikemas lewat Video Paket Lanjut Dan Paket Dasar dalam pembelajarannya.

5 / 5 stars     

Artikel ini ditulis oleh Mazdodot

Yang telah menulis 105 Artikel dalam Blog Kumpulan Artikel.

Nama aslinya Ade Setijo K, pemilik resmi situs dotcomcell.com, melalui blog ini mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang Desain Web, Handphone, Komputer, Android, Multimedia, Tips Trik, Wordpress...read more >>

{ 8 comments… read them below or add one }

Zoe February 24, 2011 at 9:09 AM

om paswordnya apa udah coba download malah minta paswoed buat winrarnya????

Reply

mazdodot February 25, 2011 at 10:20 AM

passwordnya asastudio.org saat file-nya kita extract ,n kalo masih minta password atau semacemnya mungkin?? software Winrar kamu yang trial…

Reply

ahmad hidayat May 15, 2011 at 12:49 PM

thanks bray…

Reply

liya December 20, 2011 at 11:29 AM

matur nuwun nggeh ……
^_^

Reply

Zutonx Blog December 22, 2011 at 8:41 AM

Thx…Ijin download…

Reply

suhendar January 10, 2012 at 3:06 PM

thanks gan artikelnya..

Reply

Syndicate OS March 4, 2012 at 9:12 PM

makasih banget masbro, akhirnya tugas ane ketemu juga :D

Reply

party poker rakeback March 28, 2012 at 7:54 PM

This excellent invariably is without question extraordinary if you the best way blog owners which can include your lifestyle can discover enough time not to mention commitment to keep up regarding creating marvelous blog entries. Your site isfantastic as well as something having to do with this should try to go through blogging sites. I merely thought i would thanks for your time.

Reply

Leave a Comment

{ 8 trackbacks }

Previous post:

Next post: